HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Perhitungan Waktu Lama Kucing Mengandung Beserta Perawatannya

Berapa lama kucing mengandung- Hai sob, apakah kalian sedang menunggu kelahiran anak kucing? Menunggu kelahiran si kucing merupakan sebuah momen yang menegangkan sekaligus ada perasaan harap-harap cemas. Sebab kita akan kehadiran kucing kecil yang imut (kitten). hihi Tapi tahukah kalian, berapa lama masa-masa kucing hamil?

Baiklah admin di sini akan menjawab pertanyaan di atas sesuai data yang kami dapat dari beberapa master kucing dan dari pengalaman saya pribadi. Untuk mengetahui Berapa lama kucing mengandung sampai melahirkan, sobat perhatikan penjelasan di bawah ini:

Perhitungan Waktu Lama Kucing Mengandung Anaknya


Berapa Lama Kucing Mengandung Anaknya

Syarat utama untuk mengetahui berapa lama kucing mengandung yaitu harus memahami dulu masa perkawinan kucing jantan dan betina alias masa-masa birahi (masa dimana kucing jantan dan betina minta kawin). Dan di setiap negara mempunyai siklus reproduksi kucing yang berbeda, hal itu karena kondisi cuaca/musim di setiap negara tidak sama, misalnya ada yang mempunyai 4 musim, ada yang 2 musim atau yang lainnya. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Kapan kucing mulai kawin dan hamil?

Di Indonesia sendiri lebih mudah diketahui karena termasuk negara tropis. Biasanya kucing jantan dan betina mulai birahi (minta kawin) setiap di musim panas/kemarau, yang mana lebih banyak sinar matahari dibandingkan hujan. Makanya tak heran apabila di musim panas banyak kucing yang hamil baik kucing kampung, kucing ras seperti persia anggora atau yang lainnya.

Nah jika sobat sudah mengetahui waktu perkawinan kucing, maka selanjutnya sobat harus tahu ciri-ciri kucing yang sudah hamil. Loh mangapa? Hal itu karena kalian tidak akan bisa menghitung Berapa lama kucing hamil jika kalian tidak tahu masa awal perkawinan kucing dan ciri-ciri kucing sedang hamil. Ooh gitu, lalu Apa saja tanda-tanda kucing hamil?

Ciri Ciri Kucing Hamil


Berapa Lama Kucing Mengandung Anaknya

Tanda-tanda kucing hamil seperti manusia, yaitu:

  • Sebagian kucing hamil sering muntah-muntah.
  • Berhentinya siklus birahi (pingin kawin) secara tiba-tiba.
  • Kucing betina bertambah nafsu makannya.
  • Bila dilihat dari segi fisik biasanya puting susu mulai membesar dan berwarna pink. Tapi tanda yang satu ini bisa dilihat kalau kehamilan sudah mencapai 3 minggu.
  • Bulu-bulu di sekitar puting mulai rontok.
  • Di umur kehamilan 3 minggu umumnya perut mulai membesar dan jika diraba di dalamnya sudah terasa benjolan bayinya.

Nah kurang lebih seperti itulah tanda-tanda kehamilan kucing anda. Buat kalian yang memelihara kucing mahal disarankan untuk melakukan USG di dokter hewan terdekat agar bisa melihat Apakah calon kitten yang di dalam perut dalam keadaan sehat atau tidak.

Masa Kehamilan Kucing Sampai Melahirkan Anaknya


Apabila sobat sudah memahami masa awal perkawinan dan ciri-ciri kehamilan. Maka biasanya hari perkiraan lahir terjadi pada 60-70 hari setelah terjadi perkawinan. Dan jika sudah memasuki hari ke 59 maka kalian harus sudah mempersiapkan kelahirannya, apalagi jenis kucing Persia dan Anggora yang masih membutuhkan bantuan pemiliknya. Kebanyakan kucing ras memang masih bergantung pada pemiliknya saat melahirkan bayinya. So siapkan saja tissu, gunting, benang jahit, alkohol dan air hangat.

Berapa lama kucing hamil sampai melahirkan anaknya

Alat di atas digunakan kalau sudah melahirkan. Setelah lahir biarkan dulu induk menjilati anaknya kemudian ikat pusar induknya menggunakan benang jahit yang sudah dicuci dengan air hangat dan alkohol. Setelah itu keringkan anak kucing dengan tisu lalu letakkan di bawah lampu supaya hangat.

Baca juga: cara merawat anak kucing baru lahir

Cara Merawat Kucing Sedang Hamil


Berapa Lama Kucing Mengandung Anaknya

Mengetahui perawatan kucing yang sedang hamil juga sangat penting. Karena akan menentukan  kesehatan bayinya.

  • Jangan sekali-kali memberi obat cacing dan juga vaksin karena akan memicu keguguran bayi kucing.
  • Jika ingin menjaga kesehatannya dengan vaksin sebaiknya dilakukan sebelum masa perkawinan.
  • Berikan vitamin atau suplemen tambahan seperti extra Bloom White agar kucing yang hamil tetap sehat dan menjaga nafsu makannya.

Baca: daftar makanan kucing yang sehat

Akhirnya usai sudah penjelasan tentang Berapa lama kucing mengandung sampai melahirkan anaknya yang dilengkapi dengan penjelasan penjelasan perawatan kucing hamil dan lain sebagainya. Sekian semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkannya jangan lupa dibagikan kepada sesama komunitas pecinta kucing. [DMCA protected, sertakan link artikel jika hendak mengcopy paste artikel ini]

0 Komentar Perhitungan Waktu Lama Kucing Mengandung Beserta Perawatannya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top