Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau (Terbukti)

Agar hamster tidak bau- Salah satu resiko merawat hamster adalah mengeluarkan bau pesing yang berasal dari air kencing atau kotorannya. Biasanya ketika hamster diletakkan di sebuah ruangan, maka ruangan tersebut akan tercium bau kencing hamster yang tak sedap. Apalagi jika kita memelihara banyak hamster. Hemt bau banget sob.

Atas dasar itulah banyak teman-teman di sini yang bertanya, "Bagaimana caranya agar hamster tidak bau? atau "Apa sih penyebab hamster kita bau?". Untuk menjawab pertanyaan di atas, hobinatang.com akan mengulas panjang lebar tentang cara mengatasi agar hamster kita selalu wangi dan tidak bau.

Penyebab Hamster Kita Bau


Sebelum kalian membaca cara agar hamster tidak bau, sebaiknya kita ketahui dulu apa sih penyebab hamster kita bau.

1. Faktor Makanan


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Yang pertama adalah pemberian pakan yang tidak sehat. Hamster sangat menyukai biji bijian seperti kuaci atau biji bunga matahari dan kacang kacangan. Maka kedua makanan tersebut menjadi wajib untuk diberikan pada hamster setiap harinya. Dan jangan terlalu sering memberi pakan hamster yang mengandung kadar air tinggi seperti wortel, kubis dll.

Karena makanan yang mengandung kadar air tinggi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh hamster sehingga ia akan mengeluarkannya dalam bentuk urine yang sangat banyak. Hal itulah yang menyebabkan bulu hamster menjadi pesing dan tak sedap.

Baca: Makanan Hamster yang Pokok dan Dilarang

2. Jarang Mengganti Bedding atau Alas Hamster


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Masalah yang kedua adalah anda jarang mengganti alas kandang hamster atau bedding. Hamster sangat sering buang kotoran atau pipis di kandang dan itu menyebabkan kandangnya bau. Terlebih lagi jika sobat jarang mengganti alas kandangnya. Jika hal itu didiamkan dan tidak segera diganti maka lama kelamaan akan mempengaruhi kelembutan bulu hamster alias bulu nya menjadi kumal dan bau.

Nah dua hal itulah penyebab bau pada kandang dan bulu hamster. Lalu bagaimana solusinya?

Baiklah kami juga akan berbagi tips cara mengatasi bau tak sedap pada hamster dan kandangnya.

Agar Hamster Tidak Bau


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Kerjakan langkah-langkah di bawah ini jika kalian ingin hamsternya bersih dan wangi:

1. Mengganti Bedding


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Biasanya hamster diletakkan di dalam kandang yang diberi alas berupa serbuk kayu, tisu dll. Dan kotoran hamster sendiri juga sangat bau maka gantilah bedding, substrat atau alas kandang hamster sebanyak satu kali dalam seminggu atau bisa juga 4 hari sekali. Tergantung jumlah hamster yang anda pelihara. Bila hamsternya banyak maka sesering mungkin anda harus mengganti beddingnya yang sudah terkena banyak kotoran hamster.

2. Mandikan Hamster


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Hamster tidak mandi dengan air. So, jangan disiram pakai air ya sob. Tapi sesekali mandikan hamster dengan menggunakan pasir wangi atau pasir khusus hamster mandi. Jikalau anda ingin menggunakan air maka secepat mungkin dikeringkan agar tidak mati. Karena hamster tidak menyukai basah atau lembab. Lebih lengkapnya baca: cara memandikan hamster yang baik dan benar

3. Beri Alas Pasir


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Cara ketiga agar hamster tidak bau adalah memberi alas berupa pasir. Mungkin sebagian pemelihara hamster lebih memilih menggunakan serbuk kayu sebagai alas tidurnya. Karena memang hamster juga lebih menyukai alas serbuk kayu agar mereka bisa menyelimuti tubuhnya dengan serbuk kayu.

Namun akan lebih baik lagi jika anda menggunakan pasir hamster sebagai alasnya karena lebih mudah menyerap air kencing si hammy. Semakin banyak pasir yang digunakan maka semakin mengurangi bau kotoran pada kandang hamster.

4. Memasang Ventilasi


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Tips yang keempat ini sangat mudah sob. Berilah ventilasi atau lubang udara pada kandang hamster. Gunanya adalah agar bau kotorannya bisa keluar dari kandang terbawa angin melalui ventilasi. Selain itu letakkan kandang hamster pada tempat yang terbuka agar tidak lembab dan alas kandang juga kering selalu. Hal itu bisa mengurangi bau tak sedap pada kandangnya. Jangan di kasih kipas angin ya sob karena hamster pasti mati.

5. Perhatikan Makanannya


Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau

Ini tips yang terakhir yaitu masalah pakannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa hamster menyukai biji bijian dan kacang kacangan. Jangan terlalu sering atau kebanyakan memberi pakan berupa wortel dan sayur sayuran karena mengandung kadar air yang tinggi sehingga tidak dapat dicerna semua dan hamster pun akan mengeluarkannya berupa urine yang swfvxangat banyak dan berbau.

Baiklah itulah penyebab dan 5 tips agar kandang hamster tidak bau. Semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah bau tak sedap pada hamster dan kandangnya. Sekian terimakasih. Bagikan biar bermanfaat buat yang lainnya.

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Agar Hamster Tidak Bau (Terbukti)

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top