HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara membedakan ikan arwana jantan dan betina- Sejak dahulu sampai sekarang, ikan dari keluarga osteoglossidae ini masih menjadi primadona bagi pecinta ikan hias air tawar. Dengan ciri-ciri tubuh yang memanjang bak samurai pahlawan serta sisiknya yang besar dan rapih membuat ikan arwana terlihat indah dan elegan.

Ditambah lagi dengan beragamnya jenis ikan arwana. Hal itu membuat kita semakin leluasa untuk memilih jenis arwana yang ingin dibeli dan dijadikan sebagai ikan hias aquarium di rumah. Tapi sob, sebelum kalian berniat untuk membeli ikan arwana, sebaiknya ketahui dulu perbedaan antara ikan arwana jantan dan betina. Apalagi bagi kalian yang ingin membudidayakan ikan predator Arwana ini.

Baca juga:

Setiap penampilan ikan arwana jantan dan betina memiliki banyak perbedaan. Baik dari segi warna karakter dan bentuk tubuh. Maka dari itu di sini hobinatang.com akan berbagi tips mengetahui ciri ciri ikan arwana jantan dan betina. Supaya kita bisa tahu perbedaan antara keduanya.

Cara membedakan Arwana Jantan dan Betina


Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina

Bagi anda yang berkeinginan untuk budidaya ikan arwana, maka wajib mengetahui bedanya. Setidaknya ada 5 cara bagaimana kita bisa membedakan Arwana jantan dan betina. Apa saja?

1. Melihat Pada Bentuk Tubuh Arwana Jantan dan Betina


ikan Arwana betina

Cara pertama untuk mengetahui perbedaan Arwana jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk tubuh/badannya. Umumnya bentuk badan ikan arwana jantan panjang dan langsing, sedangkan betina bentuknya lebar dan gemuk (sedikit oval) serta dilengkapi bentuk sirip punggung yang lebar.

Tapi buat pemula mungkin saja akan mengalami kesulitan apabila membedakan bentuk tubuh arwana yang masih kecil atau anakan. Kecuali kalau memang kalian sudah master dalam masalah ini. hehe

2. Melihat Kepala Arwana Jantan dan Betina


Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Dengan Mudah

Selain bentuk badannya, kepala arwana jantan dan betina juga beda. Kepala arwana jantan lebih besar, kekar dan agak bulat sedangkan betina malah lebih langsing. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar Arwana jantan dan betina di atas.

3. Rahang Arwana Jantan dengan Betina Berbeda


Ikan arwana jantan memiliki sedikit kesamaan dengan cupang dari segi mengerami telur pada rahangnya. Karena si jantan harus menjaga telur maka tentu saja rahang jantan Arwana lebih lebar dan dalam dari pada rahang milik betina.

4. Penutup Insang Arwana


Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Dengan Mudah

Tips keempat untuk mengetahui perbedaan Arwana jantan dan betina dengan melihat penutup insangnya (operculum). Berdasarkan gambar di atas (lihat tanda bulat yang bentuk huruf "A") bisa kita simpulkan bahwa penutup insang Arwana jantan bentuknya lebih kecil dibandingkan milik betina.

5. Melihat Gerakan Berenangnya


Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Dengan Mudah

Sebenarnya keempat ciri fisik di atas sudah cukup untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin Arwana jantan dan betina. Tapi bagi kalian yang masih ragu bisa memperhatikan karakter gerak-gerik berenangnya.

Ikan arwana jantan saat berenang terlihat anggun dan gemulai karena bentuk tubuhnya yang panjang dan langsing. Adapun ikan arwana betina jika berenang terlihat kaku karena bentuk tubuhnya pendek dan gemuk. Yang pasti jantan lebih agresif dibandingkan betina.

Cara ini bisa dilihat bila si arwana sudah berumur 5 tahun ke atas. Karena jika masih di bawah usia 5 tahun, ia dalam masa pertumbuhan sehingga susah terdeteksi melalui cara berenangnya.

6. Mengeluarkan Organ Reproduksi Ikan Arwana Jantan dan Betina


Cara yang terakhir inilah yang paling akurat. Namun sedikit berbahaya jika dilakukan sembarangan karena sangat beresiko kematian.

Untuk bisa membedakan jenis kelamin ikan arwana jantan melalui organ reproduksinya yaitu dengan mengurut bagian perut ke arah kloaka secara lembut dan agak ditekan sampai ia mengeluarkan cairan. Jika yang keluar cairan coklat berarti jantan. Tapi jika yang keluar kuning telur maka ia arwana betina.

Baca juga: Cara Mengawinkan Ikan Arwana yang Baik dan Benar

Nah itulah 6 cara mengetahui perbedaan ikan arwana jantan dan betina dengan mudah. Sebenarnya kalian juga bisa melihat dari sisi warna. Untuk jantan umumnya warnanya lebih cerah dan indah sedangkan betina agak pucat sedikit. Baiklah itu saja sedikit sharing dari kami Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin memelihara dan beternak ikan arwana.

0 Komentar 5 Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Dengan Mudah

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top