Cara Mengobati Scabies pada Kucing yang Mudah dan Efektif

Cara mengobati scabies pada kucing- penyakit scabies merupakan penyakit yang cukup serius dan kerap dialami oleh hewan sejenis kucing, anjing, kelinci bahkan manusia. Lalu, Apa sih penyakit scabies itu?

Scabies sendiri adalah penyakit kulit akibat kutu bernama tungau scabies atau sarcopte. Tapi selain karena kutu, scabies juga bisa disebabkan karena tertular. Prosesnya menyerang kulit kucing melalui kontak fisik langsung dengan kucing lain yang sedang terkena scabies.

Bisa juga melalui kandang dan mainan kucing. Apabila benda benda tersebut terdapat virus atau tungau scabies, lalu si kucing menyentuhnya, maka bukan tidak mungkin kucing kesayangan anda akan terkena penyakit kulit ini.

Tanda Tanda Kucing Scabies atau Gejala Scabies pada Kucing


Cara mengobati scabies pada kucing

Gejala scabies pada kucing umumnya ditandai dengan kerontokan bulunya saat digaruk, telinga sering digaruk dan biasanya kerak berwarna putih pada pinggir daun telinga.

Baca juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

Bila sobat mendapati seperti itu sebaiknya langsung dicek ke dokter hewan agar ditangani secepat mungkin sebelum penyakitnya menyebar ke hidung, perut, leher dan telapak kaki.

Dan sebaliknya jika tidak segera ditangani, scabies akan berkembang cepat menular ke kucing lainnya atau menyebar ke anggota tubuh lainnya.

Bagaimana cara mengobati penyakit scabies pada kucing?

Cara Mengobati Scabies Pada Kucing


Cara mengobati scabies pada kucing

Sebagaimana yang hobinatang.com tulis di atas, sebelum mengobati scabies kucing, sebaiknya kenali dulu tanda tandanya lalu dicek ke dokter. Karena tidak semua yang gatal gatal itu karena terkena scabies. Bisa juga akibat jamur. Memang sedikit sulit membedakan penyakit jamur dengan scabies.

Makanya bawa ke dokter hewan agar dicek melalui mikroskop, apakah scabies atau jamur. Jika tidak mau membawa ke dokter hewan, sebaiknya lakukan langkah langkah yang akan saya tulis.

Apa saja pertolongan pertama jika melihat tanda tanda scabies?

1. Mencuci Segera Benda Benda Berkaitan Dengan Kucing


Cara pertama yang harus kalian lakukan ialah mencuci semua benda benda berkaitan dengan kucing. Misalnya mainan, alat mandi, tempat makan dan minum  serta yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya mencegah scabies menular pada kucing lainnya.

2. Mengkarantina Kucing yang Terkena Scabies


Cara mengobati scabies pada kucing

Jangan biarkan kucing yang terkena penyakit scabies berada di satu kandang bersama kucing yang sehat. Karena bisa menular secara cepat dan dapat memperparah keadaan. Pisahkan dengan kucing lainnya. Berikan tempat khusus yang aman dan bersih.

3. Mengolesi Salep Sesuai Petunjuk Dokter


salep khusus mengobati scabies pada kucing
Salep scabies pada kucing

Inilah step ketiga untuk mengatasi scabies pada kucing. Salep digunakan untuk membunuh virus scabies kucing. Tapi usahakan kucing Anda dalam keadaan tidak hamil.

Mintalah resep pada dokter hewan mengenai salep yang akan anda pakai. Biasanya salep tersebut berbahan gamexane, petrolatum dan lain sebagainya. Anda bisa menanyakan pada dokter hewan nama nama salep yang cocok untuk kucing anda.

Baca juga: 7 Penyakit Kucing yang Bisa Menular Pada Manusia

4. Memberikan Shampo Anti Tungau dan Kutu


sampo khusus mengobati scabies pada kucing

Memberi shampo yang khusus membasmi tungau scabies juga sangat kami sarankan. Meskipun hanya 50% kemungkinan tungau akan hilang. Namun tetap saja cara ini sangat membantu mengobati kucing yang terkena penyakit scabies. Karena shampo anti tungau ini mengandung zat sulfur dan sebasol.

Gunakan sekali dalam seminggu selama 10-15 menit. Kalau bisa secara berturut turut. Setelah itu dalam waktu kurang lebih 2 bulan, tungau akan hilang dan si kucing pun bebas dari scabies. Shampo anti tungau bisa anda dapatkan di petshop terdekat.

5. Memakai Minyak VCO


Cara mengobati scabies pada kucing

Minyak VCO sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat sebagai alternatif mengobati penyakit kulit, perawatan kulit dan kesehatan kulit hewan. Bahkan minyak VCO biasa dipakai manusia untuk mengobati kulit mereka.

Jadi, sobat juga bisa memakainya untuk pengobatan scabies atau penyakit kulit pada kucing kesayangan Anda. Di samping itu minyak tersebut aman untuk kondisi kucing apapun termasuk saat kucing sedang hamil dan kucing masih kecil.

Cara memakainya sangat mudah, cukup oleskan ke bagian tubuh yang terkena scabies secara rutin maka lama kelamaan scabies akan hilang dan kucing akan sembuh.

6. Disuntik


Apabila anda khawatir kalau mengobati scabies kucing secara alami seperti di atas tidak bisa menyembuhkan scabies. Maka bawalah ke dokter hewan untuk dilakukan penyuntikan scabies. Lakukan seminggu sekali, setiap kali suntik anda perlu mengeluarkan biaya sekitar 50.000-100.000. Tergantung jenis kucing dan seberapa parah penyakitnya.

7. Merawat Kucing Agar Tidak Terkena Scabies


Cara mengobati scabies pada kucing

Apabila sudah berupaya sekeras mungkin untuk mengobati penyakit scabies. Maka yang paling penting adalah mencegahnya supaya tidak terjadi hal yang serupa. Rawatlah kucing anda dengan baik. Mandikan secara rutin menggunakan shampo anti kutu dan anti jamur.

Bersihkan juga tempat-tempat yang rawan dihinggapi scabies. Contohnya kandang yang lembab dan kotor. Tempat makan dan minum. Lalu mainan juga harus dibersihkan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Baik itu saja tutorial tentang bagaimana cara mengobati scabies pada kucing yang baik dan benar. Semoga dapat menambah wawasan serta membantu permasalahan kucing Anda.

0 Komentar Cara Mengobati Scabies pada Kucing yang Mudah dan Efektif

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top