HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

7 Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia

Penyakit kucing yang menular pada manusia- dibalik kelucuan kucing ternyata mereka juga bisa menularkan penyakitnya kepada kita. Padahal umumnya penyakit kucing hanya menular pada sesama kucing. Namun kenyataannya tidak, kucing yang terkena penyakit tertentu berpotensi menularkan pada makhluk lain seperti manusia.

Dan tentu tidak semua penyakit kucing bisa menular. Hanya beberapa jenis penyakit saja yang dapat menular ke manusia. Makanya jarang juga manusia yang tertular oleh penyakit kencing. Hehe tapi meski demikian kalian harus tetap waspada, terlebih bagi pecinta kucing dan pembudidayanya.

Nah buat jaga jaga dan wawasan, beruk kami tulis daftar lengkap jenis jenis penyakit kucing yang bisa menular ke manusia.

Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia


Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia

Setidaknya hobinatang.com akan menuliskan 7 jenis penyakit kucing yang dapat menular pada manusia, langsung saja simak ulasan kami berikut ini:

1. Jenis Penyakit Toksoplasmosis


Penyakit pertama adalah toxoplasmosis atau biasa disebut tokso. Penyebab utamanya ialah karena adanya parasit satu sel yang bernama toxoplasma gondi. Umumnya gejala kucing yang terinfeksi penyakit ini ditandai oleh nafsu makan berkurang dan terkena diare.

Sifat dari parasit ini dapat menular kepada manusia. Adapun cara penularannya yaitu melalui kontak langsung dengan daging yang dikonsumsi kucing serta minumannya. Dampak dari virus ini adalah menyebabkan keguguran dan kemandulan pada wanita. Jadi sobat perlu hati-hati dan waspada. Jaga selalu kebersihan kucing dan kandangnya.

2. Penyakit Cacingan Pada Kucing


Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia Cacingan

Sebagian masyarakat menganggap bahwa cacingan merupakan penyakit biasa, padahal salah besar. Justru cacingan adalah penyakit yang sangat berbahaya dan harus segera mendapat penanganan secara intens.

Parasit ini berbentuk sangat kecil (0.001 mm), sehingga bukan tidak mungkin apabila penyakkit cacingan pada kucing dapat dengan mudah menular pada makhluk lainnya seperti manusia.

Gejala bagi yang terinfeksi cacingan adalah diare, dehidarsi, anemia, badan kurus dan lemas. Jika penyakit tersebut sudah menyebar ke seluruh tubuh, maka akan terjadi kejang kejang pada anggota gerak, perut besar dan keras akibat gas yang mengembung di dalam perut. Bila tidak segera diobati akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Untuk mencegah supaya kucing kita tidak terkena cacing adalah dengan memperhatikan jenis makanannya. Carilah jenis pakan yang steril dan bersih. Jaga pula kebersihan kandang dan tempat makannya.

Baca: Daftar Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

3. Kutu Scabies


Penyakit Kucing Yang Dapat Menular Pada Manusia

Scabies atau penyakit kulit juga dapat dengan mudah menular pada manusia dan hewan lainnya. Penyebab dari scabies adalah parasit yang bernama tungau. Biasanya kucing yang terkena scabies akan merasakan gatal gatal pada area telinga, hidung, leher dan kaki. Kemudian tidak lama lagi kulitnya akan berwarna merah akibat bekas garukan.

Apabila dibiarkan saja maka besar kemungkinan akan menyebar luas ke seluruh tubuh. Dan jika manusia menyentuhnya bisa tertular kutu tersebut. Jadi, sobat harus segera mengobatinya sebelum terlambat. Baca: Cara Mengatasi Scabies pada Kucing yang Mudah dan Efektif

4. Ringworm atau Jamur


Jamuran Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia

Jenis penyakit kucing yang dapat menular ke manusia berikutnya adalah jamuran. Jamuran kerap dialami oleh hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Sifatnya hampir mirip dengan scabies.

Hanya saja gejala dari kucing yang terkena jamur adalah muncul bercak merah berbentuk lingkaran pada kulit, lalu gatal gatal disertai kerak dan mengalami kebotakan di area bercak merah tersebut.

Jika kucing anda sudah terkena jamur sebaiknya harus cepat-cepat diobati supaya tidak bertambah parah dan menular kepada manusia. Sebab penyakit ini dapat dengan mudah menular manusia melalui peralatan yang digunakan kucing misal tempat makan, minum, kandang dan lain sebagainya atau bisa juga melalui kontak langsung dengan kucing yang terkena ringworm atau jamur.

Untuk menanganinya anda bisa memakai shampo anti jamur. Atau baca: [Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing] Dan apabila anda yang tertular, maka sembuhkanlah dengan salep dari dokter.

5. Rabies


Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia

Kucing yang terkena rabies juga dapat menularkan penyakitnya kepada hewan yang lain serta pada manusia melalui gigitan. Terlebih lagi jika si kucing sangat suka bermain di luar rumah, maka bukan tidak mungkin bila ia terkena virus rabies.

Bagi siapa saja hendaknya berhati hati, jangan sampai membiarkan kucing kesayangannya berkeliaran bebas dan makan apa adanya di alam liar. Karena dikhawatirkan dia membawa virus rabies dan jika menggigit anda bisa tertular penyakit tersebut.

6. Penyakit Kucing Giardia


Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia

Manusia dapat tertular penyakit giardia melalui kontak langsung dengan kotorannya, misal saat membersihkan kandangnya atau tidak sengaja menginjak kotoran kucing.

Penyebab penyakit giardia adalah virus yang bernama protozoa giardia intestinalis dan menyerang usus. Bila anda terkena kotoran kucing segera cuci tangan atau kaki biar virus tersebut tidak merasuk ke dalam kulit anda. Adapun gejala kucing dan manusia yang terjangkit giardia adalah diare ringan hingga berat. Jadi, sobat harus selalu menjaga kebersihan kandang si kucing.

7. Leptospirosis Penyakit Kucing Menular


Jenis ketujuh yaitu leptospirosis. Kuman dari penyakit leptospirosis biasa menjangkiti area ginjal dan organ reproduksi. Sehingga apabila manusia memiliki luka terbuka lalu luka tersebut terkena air kencing kucing yang sedang mengidap penyakit leptospirosis, maka besar kemungkinan akan tertular penyakit tersebut.

Adapun gejala bagi manusia yang tertular penyakit ini adalah mengalami keguguran bagi wanita, kepala sangat pusing, depresi dan air kencing berwarna merah karena ginjal mengalami pendarahan. Jadi, anda harus berhati hati, sebab sampai sekarang belum terdapat vaksin leptospira untuk manusia.

Baca juga: Dampak Buruk dan Pencegahan Kutu Kucing Pada Manusia

Itulah ketujuh penyakit kucing yang menular pada manusia  dan  perlu diperhatikan serta tidak boleh anda sepelekan. Yang jelas intinya adalah sobat harus mengetahui cara merawat kucing yang baik dan benar. Mulai dari menjaga kebersihan, memandikan, pemberian pakan dan lain lain.

8 Komentar 7 Penyakit Kucing Yang Menular Pada Manusia

  1. Jika seorang wanita mengidap penyakit tokso, apakah dalam kehamilannya penyakit tersebut dapat berpengaruh pada tumbuh kembang janin? Atau mungkin saat janin tersebut sudah lahir menjadi bayi

    ReplyDelete
  2. Jika seorang wanita mengidap penyakit tokso, apakah dalam kehamilannya penyakit tersebut dapat berpengaruh pada tumbuh kembang janin? Atau mungkin saat janin tersebut sudah lahir menjadi bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parasit kucing yang bisa menular ke ibu hamil adalah toksoplasma. Siklus prnularan sudah saya tulis di atas. Umumnya hidup parasit ini didi tedap pada kotoran kucing. Kalau ibu hamil telah terinfeksi parasit tokso pada trimester awal dan akhir dapat membahayakan perkembangan bahkan keselamatan janin dalam kandungan Kak. Bisa berisiko keguguran, hamil anggur mengakibatkan kematian pada bayi atau bahkan bayi lahir namun dengan kondisi kepala yang besar seperti hydrocephalus.

      Delete
  3. Anonymous11 August

    Kucing saya kayak ketombean, tapi agak kecoklatan warnanya. Ini memang ketombe pada kucing atau jamur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat kulit dan bulu nya kak, apakah rontok atau tidak

      Delete
  4. Maaf bu mau tanya..di tangan anak saya ada bentol2 trus ada airnya di dalem..kayanya kena kutj kucing karna ada kucing di dirumah yang kutuan(g tau kucing siapa tau2 bawa anak) kira2 apa obat untuk gatal kutu kucing ya bu?

    ReplyDelete
  5. Maaf bu mau tanya..di tangan anak saya ada bentol2 trus ada airnya di dalem..kayanya kena kutj kucing karna ada kucing di dirumah yang kutuan(g tau kucing siapa tau2 bawa anak) kira2 apa obat untuk gatal kutu kucing ya bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau yang herbal dengan minyak but but, minyak sirih dan zaitun. Kalau pake obat apotik bisa beli salep bioplacenton Bund. Pengalaman cepat sembuh, tetimkterim

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top