HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Memandikan Kucing Anggora di Rumah Dengan Baik

Cara memandikan kucing anggora- bukan rahasia umum lagi jika kucing sangat takut dengan air. Tak terkecuali kucing anggora. Selain karena tidak mau kedinginan, dia juga tidak menyukai sesuatu yang basah dan lembab. Hal itulah yang menyebabkan si empus tidak suka dimandikan.



Meski demikian sebenarnya kucing memiliki fitrah sejak bayi untuk membersihkan dirinya sendiri dengan cara self grooming. Yaitu menjilati bulunya sendiri menggunakan lidah kasarnya. Akan tetapi cara ini bisa dibilang kurang efektif. Mengapa?

Cara Memandikan Kucing Anggora di Rumah Dengan Baik

Karena self grooming tidak dapat mampu mengangkat kotoran yang membandel. Terlebih lagi bulu anggora sangat tebal seperti Persia. Sehingga membutuhkan bantuan owner untuk menghilangkan kotoran tersebut.

Makanya banyak yang menyarankan untuk memandikan kucing anggora dimulai sejak ia masih kecil sekitar 2 bulan sampai 3 bulan. Supaya ia terbiasa kelak dewasa nanti. Kalau sudah terlambat kucing dewasa sangat susah untuk dimandikan. Ia akan kabur atau lari jika terkena air.

Apalagi memandikan kucing anggora yang galak, tentu tambah susah lagi. Dan jika dipaksa, nanti dia malah bisa stres. Serba salah bukan. hehe Nah, sebaiknya anda memulainya secara bertahap dan perlahan lahan. Baca: Batas Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan

Ok, langsung saja di sini hobinatang.com akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara memandikan kucing Anggora yang baik dan benar. Bagi sobat yang pertama memelihara kucing anggora sebaiknya perhatikan dengan baik agar tidak salah langkah.

Cara Memandikan Kucing Anggora Dengan Benar


Dalam memandikan kucing ras anggora membutuhkan ketelatenan, keberanian dan kesabaran. Hal ini demi menjaga kebersihan dan kesehatan bulu kucing anggora yang panjang dan lebat. Caranya pun tidak jauh beda dengan memandikan kucing Persia atau kucing kampung. Perhatikan langkah langkah berikut ini:

1. Memilih Waktu yang Tepat untuk Memandikan Kucing Anggora


Cara memandikan kucing anggora

Sebelum memandikan kucing kesayangan anda, carilah waktu yang tepat terlebih dahulu. Waktu yang cocok ialah tidak terlalu pagi dan tidak terlalu sore. Misalnya antara pukul 08.00 - 10.00 pagi dan pukul 16.00 - 17.00 sore. Karena jika terlalu pagi dan sore, maka suhu udara sangat dingin. Kasihan kucing anda.

Di samping itu pastikan kucing anda dalam keadaan sehat dan tidak sakit (ini sangat penting). Lalu perut dalam keadaan ideal, yakni tidak terlalu lapar dan kenyang.

2. Meminta Bantuan Teman


Anda boleh saja memandikan sendiri tanpa bantuan siapa pun. Namun bagi pemula disarankan minta bantuan teman atau saudara. Fungsinya agar dia memegangi kucing saat mau lari. Terlebih lagi jika kucingnya galak suka mencakar.

3. Siapkan Peralatan Mandi Kucing Anggora


Cara Memandikan Kucing Anggora
Peralatan mandi kucing Anggora

Sebelum membawa kucing ke tempat pemandian, siapkan dulu alat alat mandinya. Yaitu mencakup:

  • Ember gayung beserta airnya. Gunakanlah air yang hangat.
  • Shampo khusus kucing untuk membersihkan kotoran kotoran yang menempel pada bulu. (Jangan memakai sampo manusia)
  • Kapas buat nyumbat telinga 
  • Handuk kasar dan handuk lembut.
  • Hair Dryer untuk mengeringkan bulu setelah mandi. Tapi lebih bagus pake blower.
  • Cattonsbud, sangat penting berguna untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Seperti telinga dll.
  • Sisir untuk merapikan bulu setelah mandi. Biar tidak menggumpal.
  • Bedak dan baby oil. Sebisa mungkin pake bedak khusus kucing, kalau tidak bedak bayi.

Itulah alat alat yang harus sobat siapkan sebelum memandikan kucing anggora.

4. Memasukkan Kucing Dalam Air


Cara Memandikan Kucing Anggora yang baik dan Benar

Masak air hangat, but jangan terlalu panas ya. Sebelum memasukkan kucing dalam air, berilah kapas dulu pada telinganya agar saat kucing Anggora dimandikan tidak kemasukan air.

Jika sudah semua, maka langkah awal ialah memasukkan kucing ke dalam ember yang sudah terisi air secara perlahan lahan. Lalu basahi tubuhnya sampai rata sambil digosok gosok agar air meresap ke kulit.

5. Memberi Shampo Kucing Anggora


Cara memandikan kucing anggora dengan benar

Setelah semua sudah basah, ambil shampo khusus kucing secukupnya dan oleskan ke seluruh bulu sambil dipijat pijat supaya shampo meresap ke kulit. Diamkan selama kurang lebih 3-5 menit.

Hal itu supaya kutu atau bakteri yang menempel di bulu mati semua karena shampo. Saat memberi shampo jangan sampai terkena anggota tubuh yang sensitif. Misal mata, hidung dan mulut.

6. Membilas Tubuh Kucing Anggora


Cara Memandikan Kucing Anggora di rumah

Berhubung kucing anggora memiliki bulu yang lebat, sebaiknya gunakan selang untuk menyemprot tubuhnya pada saat pembilasan. Hal itu supaya semua kutu, shampo dan kotoran lainnya bersih dengan cepat. Pijat pijat dan sibak bulunya pada saat membilas tubuh si kucing. Bilas sampai benar benar bersih.

7. Keringkan Tubuh Kucing Memakai Handuk dan Hairdryer


Cara Memandikan Kucing Anggora tanpa hairdryer

Setelah dibilas, angkat si kucing dari ember. Kemudian kasih handuk yang halus hingga sampai kering. Untuk pengeringan yang maksimal gunakan hairdryer sambil disisir bulunya. Walaupun sebenarnya memandikan kucing anggora tanpa hairdryer pun bisa. Tapi lebih bagus pakai.

8. Sisir Bulu Kucing Anggora Setelah Dimandikan


Cara memandikan kucing anggora

Ambil sisir yang sudah disiapkan tadi, lalu sisirlah secara perlahan lahan. Menyisir bulu kucing anggora fungsinya untuk merontokkan bulu yang telah mati dan menghilangkan kutu yang masih menempel. Namun pastikan bulu dan kulitnya benar benar kering ya. Jika tidak, maka bisa mengundang jamur akibat kulit masih ada yang basah alias lembab.

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Cepat

9. Beri Bedak dan Wewangian


Selain membuat tubuhnya harum, bedak kucing juga berfungsi untuk membunuh parasit parasit yang tersembunyi pada bulu kucing. Setelah kering dan rapih, semprot wewangian khusus kucing yang kalem. Perhatikan, jangan sampai terkena kontak mata. Setelah itu Anda juga boleh menghiasinya. hehe

10. Memotong Kuku Kucing Anggora Bila Perlu


Cara memandikan kucing anggora

Habis mandi merupakan momen paling baik untuk memotong kuku kucing anggora. Sebab kondisinya lebih segar dan bersih. Sehingga dia lebih nyaman apabila dipotong kukunya. Baca: Cara Memotong Kuku Kucing yang Baik dan Benar

Bagaimana sobat? Saya pikir sangat mudah membersihkan badan kucing anggora, apalagi jika kalian sudah terbiasa. Awal awal memang sulit. Namun lambat laun jika dilakukan secara rutin dan sabar maka akan menjadi mudah. Semoga cara memandikan kucing Anggora di atas dapat menambah wawasan anda. Salam cat lovers.

0 Komentar Cara Memandikan Kucing Anggora di Rumah Dengan Baik

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top