HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina Paling Mudah

Cara membedakan ikan oscar jantan dan betina- Dalam dunia sepakbola, Oscar adalah sebuah nama dari mantan pemain Chelsea. Adapun dalam dunia ikan, Oscar merupakan salah satu jenis ikan predator yang habitat aslinya di sungai Amazon dan sekitarnya. Nama latin dari ikan ini ialah astronotus ocellatus.

Saat ini sudah banyak yang memelihara dan membudidayakan ikan Oscar, namun rata rata alasan mereka menyukai ikan oscar bukan karena postur tubuhnya, melainkan karena warnanya yang cantik dan bervarian.

Baca juga: 17 Jenis Ikan Predator Air Tawar dan Harganya

Ya, memang postur tubuh dari ikan hias ini terlihat biasa-biasa saja. Malah ia mirip seperti mujair. Akan tetapi soal warna dialah jagonya. Gabungan antara bercak bercak kuning dan hitam tampak indah bila diletakkan di akuarium. Itulah mengapa banyak yang menyukainya.

Lalu bagaimana cara membedakan ikan oscar jantan dan betina?

Apabila pergi ke toko ikan dan melihat sekilas kumpulan ikan oskar di dalam akuarium memang tampak mirip semunya, nyaris kita tidak bisa mengetahui perbedaan antara ikan oscar jantan dan betina. Namun sebenarnya ada perbedaan yang menonjol di antara keduanya.

Cuman karena kita yang masih pemula jadinya gak tau mana yang jantan dan mana yang betina. Dan buat yang sudah terbiasa alias master, tentu sangat mudah dalam membedakannya. Bahkan hanya melihat siripnya saja mungkin mereka sudah mengetahui perbedaannya. Waw

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan membahas tentang perbedaan ikan oscar jantan dengan betina. Supaya teman-teman yang masih pemula dan ingin memelihara ikan Oscar serta membudidayakannya, tidak kebingungan lagi dalam membedakannya.

Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina


Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Di antara kesulitan yang dialami pecinta ikan hias oscar adalah membedakan jenis kelaminnya. Apakah kelamin ikan Oscar yang saya beli jantan atau betina. Karena seperti yang saya katakan di atas kalau keduanya bisa dibilang hampir sama bentuk dan rupanya.

Bahkan yang mampu melihat perbedaan jenis kelamin ikan oscar mayoritas adalah para master atau breeder. Namun tidak ada salahnya bila anda mencobanya sendiri di rumah dengan mengikuti panduan kami berikut ini:

1. Alat Kelamin Ikan Oscar


Perbedaan yang paling menonjol antara Oscar jantan sama betina adalah alat kelaminnya beda. Jika anda kesulitan membedakannya, maka gunakan cara yang pertama ini. Namun cara ini terbilang cukup ektrim. Sebab, anda harus mengangkat ikan dari air lalu mengeluarkannya dari akuarium. Setelah itu amati bagian bawah ikan.

  • Ciri-ciri kelamin ikan oskar jantan ialah memiliki dua lubang yang bentuknya hampir sama dan menonjol ke belakang. Satu lubang anus dan satu lagi lubang seksual.
  • Adapun ciri-ciri kelamin ikan oscar betina juga memiliki dua lubang, namun satu besar dan satu lagi kecil serta lubangnya menonjol ke depan. 

Perlu anda ketahui, tempat lubang kelamin ikan sangat tersembunyi sehingga sedikit sulit diamati. Untuk memudahkannya, silakan beri makan dulu si ikan sampai kenyang. Bila sudah kenyang, biasanya perutnya akan menggembung dan kelaminnya pun akan terlihat menonjol.

2. Melalui Cairan Kelamin


Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Untuk mengetahui perbedaan ikan jantan dan betina kalian bisa menggunakan cara ini. Walaupun terlihat lebih ekstrim dari yang pertama tapi saya rasa kalian bisa mencobanya. Pertama ikan harus sudah masuk usia matang atau siap kawin.

Terus keluarkan ikannya dari aquarium. Kemudian kerut dari atas menuju ke arah anus. Jika yang keluar cairan berwarna putih (seperma) maka biasanya berjenis kelamin jantan. Tapi jika yang keluar warna kuning atau tidak ada yang keluar biasanya berjenis kelamin betina.

3. Bentuk Fisik Ikan Oscar Betina dan Jantan juga Beda


Perbedaan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Pada dasarnya ikan oscar termasuk jenis ikan monoforik, yang artinya jantan maupun betina mempunyai kesamaan bentuk, Dan sangat sulit dibedakan. Akan tetapi tetap saja ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Seperti bentuk fisik ikan oscar jantan umumnya lebih panjang, sedangkan ikan oscar betina sedikit bulat.

4. Sirip Ikan Oscar


Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dengan Betina

Perbedaan keempat antara betina dan jantan adalah dari segi siripnya. Rata-rata sirip ikan oscar jantan lebih luas panjang daripada sirip ikan oscar betina. Oscar betina memiliki sirip lebih pendek dan membulat.

5. Pergerakan Ikan Oscar Di Akuarium


Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Jika poin pertama sampai keempat membedakan dari segi fisik. Maka yang terakhir adalah dari segi karakternya. Anda bisa memperhatikan dan mengamati setiap gerakan ikan oscar saat di akuarium.

Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina
Ikan Oscar Albino

Misalnya anda punya dua ekor ikan oscar, masukkan ke air dan jika betina ia akan berenang ke dasar air untuk bertelur lalu si ikan oscar jantan akan mengikuti dari belakang untuk membuahi telur tersebut. Namun bila keduanya tidak berdekat dekatan atau tidak ada yang berenang di dasar air, kemungkinan mereka semua jantan.

Demikianlah 5 cara untuk melihat perbedaan ikan oscar jantan dan betina. Semoga apa yang kami tulis bermanfaat bagi para pecinta ikan hias dan yang ingin membudidayakannya. Selamat mencoba.

0 Komentar Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina Paling Mudah

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top