8 Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya

Makanan ikan oscar cepat besar- salah satu jenis ikan predator yang memiliki daya tarik tinggi bagi pecinta ikan di Indonesia adalah ikan oscar. Ciri-ciri tubuh yang indah serta bentuknya yang menawan menjadi faktor utama mengapa ikan ini banyak diminati masyarakat.

Simak juga: 17 Jenis Ikan Predator Paling Populer

Disamping itu ikan oscar juga terkenal ganas saat memakan mangsanya. Hal itulah yang membuat para pecinta ikan predator menempatkan ikan oscar di posisi teratas untuk dipelihara di rumah. Sehingga jika kalian memelihara ikan oscar, akan mendapat dua keuntungan, bisa menikmati keindahan warna dan mendapat kepuasan saat melihat ikan oskar sedang makan.

Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya
Ikan Oscar

Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya
Ikan Oscar Albino

Namun dari itu semua, yang menjadi ciri khas tersendiri bagi oscar adalah corak warnanya yang menyerupai batik. Akan tetapi sayangnya corak warna tersebut belum terlalu mencolok apabila si ikan oscar sendiri masih kecil.

Dulu saya pernah memelihara ikan oscar, alasannya karena dulu melihat ada teman facebook di grup yang mengunggah foto ikan oscar yang bagus dan rupawan. Dalam hati saya, "Wah bagus banget nih ikan". Ketika itu saya memang masih sangat nube alias pemula.

Tanpa pikir panjang saya pun langsung pergi ke toko ikan hias dan mencari ikan oscar. Setelah ketemu ikannya, saya pun heran. "Loh, kok ini warnanya gak mencolok?". Walah walah, ternyata ikan Oscar yang masih kecil warnanya belum bagus. Ya udah saya pun merawatnya dengan baik, hingga akhirnya dia tumbuh cepat besar.

Nah di sini hobinatang.com akan share ke teman teman terkait jenis jenis makanan ikan Oscar agar cepat besar dan memiliki warna yang bagus. Simak baik-baik ya.

Makanan Ikan Oscar Cepat Besar


Makanan Ikan Oscar Cepat Besar

Supaya mempercepat pertumbuhan ikan oscar Anda bisa memberikan asupan makanan yang kandungannya sesuai dengan pertumbuhannya. Berdasarkan jenis pakan, ikan oscar tergolong karnivora. Jadi makanannya berupa daging-dagingan atau ikan-ikanan yang ukurannya lebih kecil darinya.

Berikut makanan untuk ikan oscar yang bagus buat pertumbuhan dan warna sisiknya.

1. Cacing Sutra Sebagai Pakan Ikan Oscar


Cacing Makanan Ikan Oscar Cepat Besar

Cacing sutra sudah menjadi makanan andalan buat semua jenis ikan hias yang masih anakan. Sebab memang terbukti bisa membuat ikan cepat besar. Di dalamnya terkandung lemak dan protein yang tinggi, sekitar 13% lemak dan 50% protein. Sehingga sangat baik buat pertumbuhan anak ikan oscar.

Baca juga: Makanan Ikan Louhan Biar Cepat Jenong

Selain disebut cacing sutra, sebagian orang juga menyebutnya sebagai cacing rambut, karena posternya sangat tipis dan lembut namun panjang. Untuk memperolehnya kalian bisa membeli pada penjual di toko ikan hias, atau mencarinya sendiri di alam liar. Namun wajib dibersihkan agar bakteri hilang. Kalau mau irit, budidaya sendiri saja. hehe

Baca: Cara Budidaya Cacing Sutra Mudah untuk Pemula

2. Ulat Jerman Pakan Ikan Oscar


Ulat jerman memang biasa digunakan sebagai pakan burung peliharaan. Tetapi tidak salah apabila ulat jerman juga dijadikan sebagai pakan ikan oscar. Bahkan jenis pakan ini sangat membantu pertumbuhan ikan kesayangan anda. Di dalamnya mengandung lemak dan protein yang bagus.

3. Udang Bagus Buat Warna Ikan Oscar


Makanan Ikan Oscar agar Cepat Besar

Jika kalian ingin mencerahkan warna sisik ikan oscar, saya sarankan untuk memberi pakan sejenis udang. Sebab udang mengandung zat karoten yang sangat tinggi seperti wortel, zat tersebut bisa merangsang corak warna ikan oscar. Tapi perlu hati hati, buanglah sungutnya biar tidak membahayakan anakan oscar.

4. Pakan Ikan Oscar Jangkrik


pakan Ikan Oscar Cepat Besar

Makanan ikan oscar keempat yang baik buat pertumbuhannya adalah jangkrik. Gunakan jangkrik yang masih segar atau hidup, supaya dia tertarik untuk memakannya. Selain itu, makanan ini terkenal cocok buat ikan anda yang sedang mogok makan. Makanya sebagian orang memakai pakan jangkrik sebagai alternatif alami untuk meningkatkan nafsu makan ikan oscar.

Baca: Cara Ternak Jangkrik Untuk Pemula Yang Sederhana dan Menguntungkan

5. Anakan Ikan Mas atau Ikan Kecil


Makanan Ikan Oscar Cepat Besar

Terkadang ikan oscar juga merasa tidak bergairah dan kurang nafsu makan. Nah, untuk meningkatkan nafsu makannya anda bisa menaruh anakan ikan mas di kolam atau akuriumnya. Di sini nanti sobat akan melihat serunya ikan oscar mengejar-ngejar dan menerkam mangsanya. Namun jika yang kalian berikan ikan mati, biasanya dia kurang suka memakannya. So, gunakan yang masih hidup.

6. Katak Kecil


Makanan Ikan Oscar Cepat Besar

Saya jadi teringat, dulu ikan saya selalu dikasih makan katak. Khususnya ketika musim hujan tiba. Memang sejak itu pertumbuhan ikan saya semakin cepat, mungkin karena kandungan proteinnya yang bagus. Bahkan bisa jadi di alam liar, katak menjadi salah satu makanan pokok ikan oscar.

7. Kutu Air untuk Burayak Ikan Oscar


Makanan Ikan Oscar Supaya Cepat Besar

Biasanya sih kutu air atau water flea dipakai buat pakan ikan cupang dan makanan ikan guppy. Namun kalian juga bisa memberi kutu air pada burayak (anakan ikan yang baru lahir) ikan oscar. Ukurannya memang kecil, tapi untuk masalah gizi dia sama bagusnya dengan cacing.

Khasiatnya buat pertumbuhan tulang ikan. Adapun kandungan proteinnya ialah 20-50%, dan karbohidrat sekitar 0,6-0,9%. Sedangkan untuk lemak hanya 0,5-0,7%.

8. Kelabang


Makanan Ikan Oscar Cepat Besar

Terakhir adalah kelabang. Selain susah dicari, pakan ikan oscar yang satu ini juga cukup berbahaya buat manusia. Namun walaupun begitu, anda perlu tahu bahwa kelabang juga memiliki manfaat yang sama dengan udang. Yakni mampu membuat warna tubuh ikan oscar semakin cerah dan menawan.

Bila sobat ingin mencobanya silakan cari kelabang di tempat yang kering dan tingkat kelembabannya sangat tinggi. Contohnya di sela sela bebatuan.

Demikianlah ulasan kami terkait macam macam makanan ikan Oscar cepat besar. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi teman teman di rumah.

0 Komentar 8 Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top