Penyebab dan cara mengatasi bulu kelinci rontok- Walaupun binatang kelinci tergolong hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, namun itu semua akan sia-sia apabila bulu kelinci Anda sendiri mengalami kerontokan. Terkhusus buat kelinci hias, tentu akan terlihat sangat jelek. Sebab yang menarik dari kelinci hias adalah kecantikan dan kehalusan bulunya. Bukan karena dagingnya sebagaimana kelinci pedaging.

Simak juga: Perbedaan Kelinci Hias dan Pedaging

Sehingga sebagai pemilik kelinci harus benar benar paham mengenai cara merawat kelinci yang baik dan benar. Mulai dari pemberian pakan, perawatan kandang dan perawatan bulu kelinci. Yang pasti sobat harus pandai menjaga bulu kelinci agar tetap sehat. Apalagi bulu kelinci sangat sensitif rentan terserang bakteri.

Namun jika sobat sudah mengalami masalah kerontokan pada bulu kelinci, maka jangan panik dan cemas. Sebab tidak semua kerontokan bulu diakibatkan karena penyakit, terkadang kelinci juga berganti bulu sesuai hormonnya atau biasa disebut molting. Nah kondisi seperti ini sangat wajar.

Meski demikian kalian harus tetap waspada, bisa jadi ada penyebab lain mengapa bulu kelinci anda rontok parah. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan mengulas masalah penyebab dan cara mengatasi bulu rontok pada kelinci. Berikut ulasannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok

Ciri khas bulu kelinci rontok ialah apabila anda menyentuh tubuhnya maka bulu bulunya pada menempel di tangan anda. Lalu tanda bulu kelinci rontok lainnya adalah di bagian tubuhnya berbentuk seperti pulau alias sedikit botak.

Di saat seperti ini, kalian harus mencari sebabnya terlebih dahulu baru kemudian dapat mengambil kesimpulan kenapa bulu kelinci kita rontok. Kalau sudah disimpulkan, untuk mengobatinya bisa lebih mudah.

1. Molting Pada Bulu Kelinci

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok

Seperti yang saya tulis di atas,  Penyebab umum rontoknya bulu Kelinci adalah karena molting. Yakni adanya pergantian bulu kelinci dengan yang baru. Kalau molting, tidak perlu dikhawatirkan. Sebab sangat wajar.

Cara mengetahui kalau bulu kelinci sedang ganti, cobalah anda meraba bagian kulit yang bulunya sedang rontok apabila di sana terdapat bulu bulu kecil seperti baru mau tumbuh maka itulah yang disebut molting.

Umumnya kelinci akan mengalami molting sebanyak 1-2 kali setiap tahun dalam rentang waktu yang berbeda beda. Bisa lebih cepat atau lebih lama. Untuk kelinci anggora (berbulu panjang) sendiri umumnya mengalami molting sedikit lebih lama dibandingkan jenis lainnya.

Makanya sobat harus membantunya agar molting berjalan lebih cepat. Caranya anda harus rajin menyisir bulu kelinci Anggora dan memberikan asupan multivitamin untuk kelinci kesayangan anda.

2. Bulu Kelinci Rontok Karena Sedang Beradaptasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok

Bulu rontok karena adaptasi biasanya dialami oleh kelinci yang berbulu panjang. Mengetahui iklim di Indonesia yang tidak stabil kadang panas kadang dingin. Maka kelinci yang berbulu panjang akan memberikan reaksi yang berbeda. Apalagi kelinci tersebut berasal dari daerah yang dingin lalu dibawa ke daerah yang cuacanya panas. Makanya harus beradaptasi terhadap lingkungan barunya dengan merontokkan bulu bulunya.

Mungkin alasannya supaya tidak kepanasan. Jika melihat hal itu dan kelinci dalam keadaan sehat sobat tidak perlu khawatir karena itu akan berlangsung sebentar saja. Cukup berikan asupan vitamin dan minum yang banyak agar tidak dehidrasi.

3. Stres Pada Kelinci Sehingga Bulunya Rontok

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok

Tak hanya kelinci saja, semua hewan peliharaan jika baru saja diadopsi sering mengalami stres karena belum mengenal lingkungan barunya. Terlebih lagi jika si pemilik memperlakukannya dengan tidak baik. Ada banyak reaksi yang diperlihatkan kelinci saat ia sedang stres. Seperti berantem dengan kelinci lainnya, mogok makan, berdiam diri dan bulunya rontok.

Untuk penyebab stres sendiri juga berbeda beda, bisa karena tidak dipedulikan oleh owner, jarang diberi makan, tempat tinggal baru, ketakutan, suara bising dan sebagainya. Nah andai saja sobat melihat bulu kelinci yang baru dipelihara rontok, segera carikan solusinya. Seperti merubah kebiasaan buruknya, yang sebelumnya jarang dikasih makan maka segera beri makan secara rutin agar tidak stres, dibelai dengan lembut penuh kasih sayang serta diberi vitamin penambah nafsu makan.

4. Kelinci Kekurangan Vitamin

Penyebab bulu kelinci rontok berikutnya adalah karena kurang vitamin. Pemberian pakan yang kaya akan protein dan vitamin sangat penting bagi tumbuh kembangnya si kelinci. Terutama protein yang banyak. Sebab protein mampu menguatkan bulu kelinci sehingga tidak mudah rontok. Bila anda jarang memberikan makanan yang mengandung banyak protein maka bukan tidak mungkin apabila bulunya mudah rontok dan bahkan rusak.

Untuk mengatasinya cukup mudah, berikan makanan berupa pelet impor atau pelet lokal yang dicampur dengan biji bunga matahari alias kuaci. Karena di dalam pelet dan kuaci banyak sekali kandungan proteinnya.

5. Penyakit Kulit

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok
Kelinci Penyakit Kulit

Poin selanjutnya ialah kelinci anda sedang sakit. Penyakitnya biasa disebut dengan fur mites. Yang mana biang keroknya adalah tungau. Virus tungau memang musuh semua hewan yang berbulu. Karena keberadaannya membuat bulu mereka rontok, petak dan infeksi. Ciri cirinya adalah bulu kelinci bagian leher terlihat petak dan kemerahan serta sering digaruk garuk. Bila sobat tidak segera mengatasinya, virus tersebut akan menyebar dengan cepat.

Baca juga: 13 Jenis Penyakit Kelinci yang Berbahaya dan Obatnya

Mengobatinya dengan cara memberi obat anti tungau atau shampo antibiotik untuknya. Sebenarnya tak hanya tungau yang menjadi parasit bagi tubuh kelinci, karena bisa jadi karena adanya jamur yang disebabkan kandang lembab, tidak bersih. Selain itu, kudis juga kerap menimpa kelinci.

6. Kelinci Membuat Sarang

Induk kelinci yang sedang hamil dan mendekati persalinan biasanya akan membuat sarang sebagai persiapan untuk menyambut datangnya buah hati. Pembuatan sarang tersebut, mereka akan merontokkan bulunya sebagai alas tambahan untuk sarangnya.

Baca: Cara Ternak Kelinci Yang Baik dan Benar untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Itulah 6 penyebab bulu kelinci rontok dan cara mengatasinya. Silakan sobat memeriksa dan meneliti kembali apa penyebab bulu kelinci kesayangan anda rontok. Baik, kami cukupkan sampai di sini saja. semoga bermanfaat. Silakan dishare.

2 responses to “6 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok”

  1. Nur Patmawati Avatar
    Nur Patmawati

    Saya kurang bisa membedakan antara molting atau tidak. Ada cara yg lebih spesifik utk membedakannya?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tidak ada bulu kecil yang tumbuh. Dan tidak ada tanda tanda luka/jamuran

Leave a Comment