HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri Beserta Solusinya

Belum lama ini salah satu teman di grup Facebook komunitas sugar glider Indonesia ada yang mengalami kejadian di mana Induk sugar glider memakan anaknya sendiri. Terdengar sangat mengerikan karena ibunya menjadi kanibal buat anaknya yang baru dilahirkannya. Akan tetapi sebenarnya kasus seperti ini memang kerap dialami oleh peternak sugar glider.

Di kalangan pecinta sugar glider, kasus kayak gini dinamakan "rejeck (ditolak)". Artinya, sang induk mereject/menolak mengurus anaknya sehingga kadang dimakan atau dicampakkan anaknya sampai mati. Lalu yang jadi pertanyaan, apa sih penyebab sugar glider mau memakan anaknya? Kenapa si induk rela makan anaknya?

Baca juga: Perbedaan Sugar Glider Joey dan Dewasa

Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya


Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya

Banyak faktor yang membuat sugar glider mau memakan anaknya pasca melahirkan. Di sini hobinatang.com akan menyebutkan sekitar empat penyebab mengapa sugar glider menjadi kanibal dan tega mereject joey (anak sugar glider) yang masih kecil merah.

1.  Induk Sugar Glider Stres Berat


Sebagaimana yang sudah pernah saya bahas diartikel, ciri-ciri dan cara mengatasi sugar glider stres. Bahwa di antara tanda-tandanya adalah pemakan anaknya sendiri. Mungkin karena depresinya sudah terlalu parah sampai-sampai menjadikannya sebagai kanibal. Untuk penyebab stress sendiri juga banyak, bisa dikarenakan perawatan yang kurang baik, tempat yang terlalu ramai, atau karena penyakit yang terus menjangkitnya terlalu lama.

2.  Sugar Glider Melahirkan di Usia Dini


Sebenarnya poin ini juga bisa dikatakan stres juga. Sebab sugar glider yang dikawinkan pada usia terlalu muda, di mana mentalnya belum matang sehingga mentalnya belum siap untuk mengurus anak-anaknya sendiri. Hingga akhirnya si induk stress lalu memakan anaknya sendiri.  Untuk mengetahui usia induk SG yang baik untuk dikawinkan, silahkan baca: Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Baik untuk Pemula

3.  Anak Sugar Glider (joey) Sering Dipegang oleh Ownernya


Sugar glider ini sifatnya mirip kelinci, terutama dalam masalah merawat anak-anaknya. Kalau kelinci dia tidak mau menyusui anaknya apabila tercium bau tangan manusia. Hal ini sama seperti sugar glider, induk sugar glider tidak ingin merawat anaknya dan mengeluarkan anaknya dari kantong apabila anaknya tersebut terkenaa bau manusia. Jadi sebaiknya teman-teman jangan memegang Joey sebelum mereka bisa makan sendiri.

Namun biasanya jika hanya bau tangan, anaknya tidak sampai dimakan. Hanya ditolak dan dikeluarkan dari kantongnya.

4. Anak Sugar Glider Cacat atau Sakit


Tidak perlu jauh-jauh, kadang manusia saja yang diberi pikiran masih ada yang rela membuang anaknya sendiri karena fisik dari anaknya tersebut ada yang cacat. Maka saya katakan, manusia tersebut layak disebut sebagai binatang. Sebab sifat ini menyerupai sebagian koloni sugar glider.

Apabila induk sugar glider mendapati anak yang dilahirkan tidak sehat, sakit atau cacat. Maka biasanya induk langsung memakan joey sesaat setelah anaknya keluar dari kantung. Namun sepertinya yang seperti ini jarang terjadi.

Baik mungkin itu saja yang bisa saya informasikan terkait penyebab sugar glider memakan anaknya sendiri disertai solusi solusinya. Semoga Allah tulisan kami diatas bermanfaat buat kalian pecinta sugar glider di Indonesia. Jangan lupa baca juga artikel lainnya tentang perawatan sugar glider di situs ini.

0 Komentar Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri Beserta Solusinya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top