HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

11+ Jenis Ikan Oscar Paling Bagus dan Harganya

Jenis ikan oscar- Ratusan juta lebih spesies ikan hias tersebar di seluruh dunia. Ada yang habitatnya di air tawar sehingga disebut juga ikan hias air tawar. Ada pula yang habitatnya di laut sehingga disebut ikan hias air laut. Dari sekian banyak jenis ikan hias, hampir setiap jenisnya memiliki ciri khas dan keindahan masing masing.

Salah satunya adalah ikan Oscar. Ikan oscar merupakan ikan hias dari keluarga Cichlid. Habitat aslinya di perairan Amazon Amerika Selatan. Namun, saat ini oscar sudah banyak ditemukan di Indonesia. Sebab para penghobi ikan hias banyak yang memeliharanya. Khususnya penghobi ikan predator.

Spesies ini memang tergolong predator, sama seperti ikan arwana, alligator atau jenis ikan predator lainnya. Suka memakan sesama jenis ikan yang lebih kecil. Bila dipelihara di akuarium dia akan mengejar ngejar ikan kecil untuk disantap. Bak super hero mengejar penjahat. hehe Itulah sebabnya mengapa banyak penggemar ikan hias predator.

Di samping sifatnya yang agresif untuk memangsa pakannya. Ikan Oscar juga terkenal indah unik dan cantik. Corak warnanya belang belang kayak batik. Meskipun saat masih kecil belum terlihat, tapi saat sudah dewasa bisa memanjakan pandangan pemiliknya.

Bagi teman teman yang tertarik memelihara ikan predator jenis Oscar, sebaiknya kenali dulu jenis jenisnya. Supaya bisa menjadi referensi sebelum membeli ikan oscar. Berikut jenis jenis ikan oscar yang paling bagus, paling banyak dipelihara di Indonesia beserta harganya terbaru.

Jenis Ikan Oscar dan Harganya


Jenis Ikan Oscar dan Harganya

Cara mudah mengenali macam macam ikan oscar bisa liat warnanya. Karena pembagian jenis ikan ini dikelompokkan berdasarkan warna. Kalau warnanya seperti macan, berarti jenis oscar tiger. Atau kalau warnanya merah berarti oscar red. Berikut ini jenis jenisnya secara lengkap dan harganya:

Note: Harga di sini hanyalah gambaran saja. Bukan patokan baku harga pasar di daerah Anda. Sebab kadang setiap daerah berbeda harga, tergantung juga pada kualitas ikan.

1. Ikan Oscar Tiger


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Tiger

Masyarakat menyebut ikan oscar tiger sebagai oscar yang asli. Sebab jenis ini merupakan spesies asli yang belum pernah dikawin silangkan. Dia memiliki kemampuan berkembang biak dengan baik dan alami. Sehingga sifatnya juga masih alami, yaitu agresif dan suka menyendiri daripada bergerombol.

Ciri ciri fisik ikan oscar tiger sendiri adalah warna dasarnya abu abu, hitam atau coklat. Dengan kombinasi orange dan kemerahan. Sebagian besar sirip ikan oscar tiger berwarna gelap atau hitam. Harganya juga tidak terlalu mahal. Untuk anakan sekitar Rp. 30.000 - Rp. 40.000 an. Sedangkan Oscar dewasa bisa mencapai Rp. 90.000 - Rp. 110.000. Panjangnya 30-35 cm.

Dewasa lebih mahal karena warna belang belangnya sudah mencolok. Jadi terlihat agak elegan dan nampak cantik di akuarium.

2. Golden Oscar atau Ikan Oscar Gold


Jenis Ikan Oscar dan Harganya Golden Oscar

Jenis ikan oscar yang kedua adalah golden oscar atau oscar gold. Gold berasal dari bahasa Inggris yang artinya emas. So, sesuai namanya, ikan oscar gold memiliki corak warna keemasan. Cukup bagus dan menarik bukan?

Ciri ciri ikan oscar gold yaitu sirip dan perut berwarna hitam gelap. Lalu kepalanya berwarna abu abu. Tubuhnya berwarna kuning keemasan dengan bintik bintik hitam. Kemudian ujung sirip punggung berwarna putih atau bening. Jika teman teman tertarik memelihara ikan Oscar jenis gold.

3. Ikan Oscar Paling Bagus Veiltail


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Veiltail

Jenis ikan yang satu ini bentuknya cukup unik sangat sejuk dipandang. Bahkan biasa dimanfaatkan sebagai ikan pameran dan meraup untung dari para pengunjung. Itu semua karena warnanya yang cantik dan bentuknya yang unik.

Dilihat dari gambar, nampak ikan oscar veil tail memiliki sirip yang panjang. Sehingga yang menjadi ciri ciri utama oscar veil tail adalah siripnya yang panjang bak sutra. Tapi perlu kalian ketahui bahwa siripnya sangat rentan terhadap kerusakan. Kalian harus merawatnya dengan baik dan benar. Kalau masalah harga, mungkin berkisar Rp. 100.000 - 200.000 yang dewasa.

4. Ikan Oscar Albino


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Albino

Jenis Oscar keempat adalah Albino. Dinamakan albino karena ikan tersebut memiliki warna putih albino. Terlihat manis dan cantik. Hal itu lah yang membuat para penghobi ikan hias rela mengeluarkan uang jajannya demi membeli ikan oscar jenis albino ini. Untuk ciri ciri ikan oscar albino yang sudah dewasa biasanya:
  • Mata ikan oscar albino berwarna merah terang atau menyala.
  • Bentuk sirip lebih lebar.
  • Menyukai makanan segar dan masih hidup seperti katak, udang dan ikan kecil kecil.
  • Memiliki warna dasar putih dengan corak bintik bintik bludru berwarna emas kemerahan .
Harga anakan ikan oscar albino berkisar Rp. 45.000-55.000. Malah dulu saya membelinya cuma 15 ribu. Tapi masih kecil banget. hehe Dan untuk yang sudah besar sekitar Rp. 100.000-150.000.

5. Ikan Oscar Lemon


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Lemon

Sesuai dengan nama jenisnya, ikan oscar yang satu ini memiliki corak warna yang cerah kuning menyala seperti buah lemon. Itulah mengapa jenis ini dinamai dengan ikan oscar lemon. Ikan oscar lemon biasanya di ujung sirip berwarna putih atau sedikit hitam. Ingat ikan ini alami loh, bukan dicat apalagi dilabur. haha kidding mas gan. Untuk masalah harga pasti tidak jauh beda sama jenis jenis lainnya. Siapin saja uang Rp. 150.000

6. Jenis Ikan Oscar Batik


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Batik

Jenis Oscar batik juga terkenal bagus. Dan saya kira penghobi ikan hias dari pecinta batik akan menyukai jenis ini hee. Ikan yang sangat unik dan bentuknya hampir mirip dengan ikan oscar tiger. Sehingga banyak yang mengira oscar tiger dan batik merupakan satu keturunan. Padahal pernyataan itu salah besar. Karena memang mereka sangat berbeda jauh jika dilihat dengan seksama.

Ciri ciri ikan oscar batik adalah warnanya dominan hitam dengan corak merah bintik bintik seperti pada ikan oscar albino. Harganya tidak jauh berbeda dengan ikan oscar tiger yakni Rp. 20.000-Rp. 30.000 (untuk yang masih kecil) dan Rp. 75.000-Rp. 90.000 (untuk yang dewasa).

7. Jenis Ikan Oscar Red


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Super Red

Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Red

Selanjutnya adalah ikan oscar red atau merah. Ikan hias tersebut termasuk salah satu ikan oscar yang paling bagus di antara ikan oscar lainnya. Untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di toko ikan hias. Saat ini sudah banyak diperjual belikan di Indonesia. Seperti pada umumnya sifat ikan oscar tersebut cenderung galak, agresif dan suka memakan makanan hidup seperti kepiting, udang dan ikan kecil kecil.

Ciri ciri karakter dan fisiknya:
  • Warna dasar merah ke orange-an. Tapi ada juga yang super red. Merah mencolok seperti di gambar atas.
  • Rata rata memiliki warna hitam pada bagian sisi kepala, sirip, dan ekornya.
  • Dalam kurun waktu 10 tahun ukuran ikan oscar red bisa mencapai 50 cm.
  • Sifatnya agresif dan galak.
  • Menyukai makanan hidup dan segar.
Harga ikan oscar red untuk anakan bisa mencapai Rp. 35.000 - Rp. 45.000 dan dewasa Rp. 110.000 - Rp. 125.000.

8. Ikan Oscar Slayer



Tidak hanya cupang yang mempunyai jenis slayer. Ikan oscar pun juga ada yang berjenis slayer. Dinamakan slayer karena keunikan bentuk ekornya yang panjang dan melebar. Sebenarnya ikan oscar slayer ini ada kelainan genetik, namun karena warna dan bentuknya yang unik membuat para pecinta ikan hias tertarik untuk memeliharanya di rumah.

Harga ikan oscar slayer terbilang sangat mahal. Untuk usia anakan saja berkisar Rp. 50.000 - Rp. 65.000 dan yang sudah dewasa bisa mencapai Rp. 140.000- Rp. 200.000. Data ini saya lihat di OLX.

9. Ikan Oscar Wild Argentina


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Wild Argentina

Jenis ikan oscar yang kesembilan adalah wild argentina. Termasuk salah satu ikan oscar yang terbilang cukup bagus. Dengan warna yang indah yaitu warna dasar kuning kecoklatan, memiliki corak warna hitam pada tubuhnya dan siripnya berwarna kuning. Untuk harga sendiri si admin malah belum tahu. Mungkin sama seperti jenis di atas. Tak melebihi Rp. 300.000.

10. Albino Red Oscar


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Albino Red

Seprti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ikan oscar jenis albino terbilang paling bagus dan harganya juga mahal. Akan tetapi ternyata ikan albino oscar masih memiliki keturunan hasil kawin silang dengan ikan oscar red. Sehingga dinamai dengan ikan oscar albino red. Bagaimana ciri ciri albino red oscar:
  • Mata berwarna merah saat terkena cahaya dari atas.
  • Warna tubuh dominan merah.
  • Setiap ujung sirip ikan berwarna putih.
  • Kepala ikan berwarna putih terdapat corak merah. 
Adapun harga ikan albino red oscar hampir sama dengan ikan oscar jenis albino biasa sekitar Rp. 45.000 hingga Rp. 150.000 per ekor.

11. Ikan Oscar Albino Tiger


Jenis Ikan Oscar dan Harganya, Oscar Albino Tiger

Sama seperti ikan oscar jenis red albino, ia hasil kawin silang antara ikan oscar albino dengan ikan oscar tiger. Ikan tersebut sangat mudah didapatkan di toko ikan hias sekitar anda. Bahkan ia memiliki ciri yang sangat khas dan mudah dikenali. Sebab warna tubuhnya dominan dengan putih dan terdapat bercak bercak merah di sepanjang tubuhnya dan ujung sirip berwarna abu abu kecuali sirip ingsang.

Mau cerita dikit, dulu waktu pertama kali membeli ikan oscar albino tiger, mimin agak kaget. Ternyata saat masih kecil warnanya tak secantik dewasa. Ya sudah akhirnya harus sabar menunggu sampai besar. Saya rutin memberikan makanan ikan Oscar agar cepat besar setiap hari. Dulu beli masih kecil juga 25 ribu.

Nah, bagaimana apakah sobat tertarik untuk membeli jenis jenis ikan oscar yang paling bagus di atas? Silahkan pilih sesuai budget yang ada. Di atas sudah tertulis lengkap dari mulai yang termahal sampai termurah. Walaupun sebenarnya ada jenis lain yang belum kami tulis. Misalnya, ada oscar Lutino Tiger Oscar, Lutino Red Oscar, Lutino Tiger Oscar, Strawberry Oscar, Short Bloddied  atau Baloon Oscar. Lalu ada pula jenis Common Oscar.

Baiklah kami cukup sampai disini penjelasan tentang macam-macam ikan oscar dan harganya. Semoga dapat menambah wawasan anda para pecinta ikan predator di Indonesia. Jika ada kesalahan silahkan kirim kritik di komentar dengan bahasa yang sopan. :)

0 Komentar 11+ Jenis Ikan Oscar Paling Bagus dan Harganya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top