Jenis ikan molly– Ada banyak sekali jenis ikan hias yang dapat dipelihara, mulai dari yang hidup di air tawar maupun di air laut, dari yang berukuran besar sampai berukuran kecil. Semuanya bisa kalian pelihara di rumah sesuai selera masing-masing. Adapun untuk ikan molly sendiri merupakan salah satu daftar ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan berukuran mungil.

Ikan dengan nama latin Poecilia sp ini hanya memiliki ukuran maksimal 12 cm. Meskipun berukuran kecil, ikan molly memiliki bentuk fisik yang unik serta warna yang indah. Warnanya sangat beragam, semua tergantung pada jenisnya masing-masing. Ada yang bintik-bintik, ada yang merah dan ada pula yang hitam. Sehingga sangat cocok untuk dipelihara di dalam akuarium mini bersamaan ikan ikan kecil lainnya.

Di samping itu kalian juga tidak perlu risau mencampurkan ikan molly bersama ikan kecil lainnya, sebab sifatnya pendamai. Tidak suka mengganggu ikan yang lebih lemah. Yang penting jangan dicampur dengan ikan predator, nanti dalam waktu satu menit ikan anda akan habis semua. hehe

Baca juga: Daftar Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Lainnya

Lalu apa saja sih jenis ikan molly yang paling bagus?

Jenis Ikan Molly dari yang Termahal sampai Termurah

Jenis Ikan Molly Paling Populer Lengkap Beserta Gambarnya

Ikan dengan tubuh unik ini memiliki banyak jenis. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang melakukan perkawinan silang dan mutasi genetik. Hal itu membuat adanya jenis jenis baru dari ikan Molly.

Saya pribadi memiliki banyak ikan molly, dulunya cuman 2. Tapi karena ikan ini mudah berkembang biak, sehingga tidak lama kemudian mereka berana k pinak dan tambah banyak. Apakah kerepotan mempunyai banyak ikan molly?

Tidak, ikan molly salah satu ikan yang mudah dipelihara. Cukup dikasih makan pelet sama cacing doang. Baiklah langsung saja berikut hobinatang.com sudah merangkum semua jenis ikan molly agar bisa dijadikan referensi oleh siapa saja yang ingin memelihara ikan hias molly di rumahnya:

1.  Ikan Molly Wild Green Sailfin

Jenis Ikan Molly

Jenis ikan molly pertama adalah wild green dengan nama latin Poecilia Petenensis. Masuk ke dalam kelompok sailfin molly yang artinya, molly bersirip panjang. Spesies ini banyak dijumpai di kawasan Afrika Tengah tepatnya di Danau Peten Guatemala. Memiliki ukuran tubuh yang paling besar di antara molly molly lainnya, yaitu 15 cm. Sesuai namanya, molly wild green mempunyai warna dasar abu abu kehijauan dengan sirip punggung lebar dan ujungnya berwarna orange.

2. Jenis Ikan Molly Yucatan Molly

Jenis Ikan Molly

Jenis ikan molly berikutnya ialah Yucatan Molly. Nama latinnya Poecilia Velifera. Juga tergolong saillfin molly. Hanya mempunyai ukuran maksimal 12 cm berasal dari San Antonio Texas. Warna yang kerap dijumai ialah merah dan ada sedikit putih di bagian perutnya. Ikan ini terlihat cantik karena bersirip lebar.

3. Molly Poecilia Latipinna

Jenis Ikan Molly

Masih ke dalam kelompok saillfin molly (sirip panjang). Ikan molly dengan nama latin Poecilia Latipinna merupakan jenis yang terbilang unik. Memiliki pola bintik bintik pada tubuhnya dengan sirip punggung yang agak lebar. Habitat Poecilia Latipinna berada di sungai San Antonio Texas. Hanya memiliki besar maksimal 12 cm dan umur rata rata cuman 3 tahun. Biasanya molly betina lebih besar dibanding yang jantan.

4. Ikan Hias Molly Marbel

Jenis Ikan Molly

Ikan molly keempat ini merupakan hasil perkawinan silang yang kemudian menghasilkan jenis bernama molly marbel. Nama tersebut mengikuti warna fisiknya yang cantik, yaitu didominasi warna putih dan disertai bercak bercak hitam di dalamnya. Molly marbel banyak dijual di toko ikan dan sudah sangat populer di kalangan hobiis.

5. Jenis Ikan Molly Balon

Jenis Ikan Molly Balon

Sebagian teman teman pasti sudah tidak asing lagi dengan gambar di atas. Yup, jenis tersebut termasuk yang paling populer. Harganya pun sangat murah, cuman 5-6 ribu rupiah dapat 2/3 ekor. Namanya adalah molly baloon. Memiliki perut besar dan buncit seperti balon. Warnanya bervariasi, ada yang belang belang, merah, kuning atau jingga.

6. Ikan Black Molly

Jenis Ikan Molly

Sama seperti molly balon. Jenis black molly juga cukup terkenal dan menjadi primadona bagi pencinta ikan di Indonesia. Disebut black molly karena dia memiliki warna hitam pekat. Harganya juga ekonomis, keluarkan saja uang 10 ribu pasti sudah dapat banyak. Jangan khawatir soal harga, sebab semua jenis ikan molly harganya relatif murah. Paling paling yang termahal tidak sampai ratusan ribu rupiah. Apalagi jutaan. hehe

7. Molly Golden Black

Jenis Ikan Molly

Molly Golden Black memiliki ciri ciri tubuh yang khas. Yaitu berwarna keemasan di bagian kepala sampai perut. Lalu sebagiannya lagi berwarna hitam. Perpaduan warna seperti inilah yang menjadikannya nampak cantik dan indah. Kalian bisa membelinya di toko ikan hias terdekat. Harganya tidak jauh beda dengan jenis lainnya.

8. Jenis Ikan Hias Molly Lyretail

Jenis Ikan Molly

Ikan molly Lyretail mempunyai bentuk fisik seperti black molly. Hanya saja memiliki ciri khas pada ekornya dan warnanya beragama. Ekornya seperti ada pita di bagian ujung atas dan bawah. Dan rata rata berwarna belang belang dikombinasikan dengan warna cantik. Ada juga yang Dalmatian Lyretail (mirip marbel) seperti gambar di atas. Jadi sangat cocok dipelihara di akuarium mini di rumah anda.

Baca juga: 13 Jenis Ikan Hias untuk Aquarium Mini Beserta Gambarnya

Jenis Ikan Molly

Jenis Ikan Molly
Jenis Ikan Molly

Jenis Ikan Molly

Selain kedelapan jenis molly di atas, masih banyak lagi jenis jenis lainnya. Sebab sering banyaknya perkawinan silang, maka akan timbul jenis jenis baru lainnya. Ada juga Lyretail black molly, Platinum. Lalu ada dalmantion molly yang mirip marbel molly namun dia berwarna silver dengan bercak-bercak hitam.

Terus ada juga common molly dan lain lain. Intinya secara global hanya dikelompokkan menjadi dua: Sailfin molly (Sirip Panjang) dan Short-fin molly (Sirip Pendek) [Sekian terimakasih, admin hobinatang.com]

Tags:

2 responses to “8+ Jenis Ikan Molly Paling Populer Lengkap Beserta Gambarnya”

  1. Ternak ikan hias Avatar
    Ternak ikan hias

    keren bos gambar ikannya, ikan favorit aye nih molly, karena bentuknya lucu dan mudah di kembangbiakan bos.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ok bos, sama sama! Mantap dah

Leave a Comment