Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam dengan Cepat

Salah satu permasalahan sepele yang sering dialami oleh pemula adalah kayu aquascape tidak mau tenggelam. Meski sepele namun permasalahan ini cukup meresahkan pikiran, karena pada dasarnya yang membuat aquascape terlihat cantik adalah kayunya yang tenggelam. Kalau ngambang tidak bisa ditanami tumbuhan karpet semacam moss dan jenis tanaman aquascape lainnya.

Baca juga: 15 Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Didapat di Sekitar Kita

Maka dari itu kalian harus mengatasinya. Kebetulan pada kesempatan kali ini hobinatang.com akan mengulas tentang cara membuat kayu aquascape tenggelam dengan cepat. Tentu saja tips-tips yang akan kami tulis ini berdasarkan pengalaman jadi bukan teori semata.

Oh ya, bagi kalian yang ingin mengetahui jenis kayu aquascape yang mudah tenggelam silahkan baca tulisan kami sebelumnya berjudul, jenis kayu aquascape yang sering digunakan aquascaper.  Baiklah apa saja langkah-langkahnya supaya kayu tidak mengambang?

Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam


Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam dengan Cepat

Mengatasi kayu aquascape yang tidak mau tenggelam sangat lah mudah. Ada beberapa metode yang perlu kalian lakukan, nanti tinggal pilih cara mana yang paling simpel dan mudah:

1. Merebus Kayu Aquascape agar Tenggelam


Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam dengan Cepat

Merebus kayu Aquascape merupakan metode yang paling ampuh supaya cepat tenggelam. Disamping itu merebus kayu juga dapat menghilangkan kandungan zat kambium atau tanin yang ada pada kayu. Apabila tanin tersebut tidak dihilangkan maka akan menimbulkan lendir putih di dalam air. Kayu aquascape yang berlendir dapat membahayakan ekosistem di sekitarnya.

2. Merendam ke dalam Air Setelah Direbus



Setelah direbus jangan langsung dimasukkan ke dalam aquascape, tapi silakan direndam dahulu di dalam air dan ditumpuk dengan yang berat-berat seperti batu (dahulu saya menggunakan piring hehe). Direndam selama 2 sampai 3 minggu. Memang lama tapi kalian harus sabar supaya tenggelam. Dan cepat lamanya tergantung pada jenis kayu yang Anda beli atau Anda dapat.

Jika memakai kayu jati prosesnya bisa lebih lama. Karena kayu jatuh mudah mengambang dan susah tenggelam.

3. Mengikat Kayu agar Tidak Mengembang



Tanpa merebus pun sebenarnya bisa, yaitu dengan cara mengikat kayu agar tidak mengambang dalam waktu yang cukup lama. Sekitar 2-3 minggu. Diikatnya dengan batu, karang atau dengan hardscape lainnya yang memiliki berat. Tidak lama kemudian pasti kayunya akan tenggelam.

Nah itulah langkah-langkah agar kayu aquascape tidak mengambang dan cepat tenggelam. Semoga pembahasan yang singkat ini mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca.

0 Komentar Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam dengan Cepat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top