Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Ikan hias neon tetra- Memelihara ikan hias merupakan hobi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis ikan hias yang dapat anda pelihara di dalam aquarium. Mulai dari ikan hias air tawar sampai ikan hias air laut, sedangkan untuk ikan hias air tawar terbagi menjadi dua, ada yang hobi memelihara ikan predator air tawar, ada pula yang hobi memelihara ikan hias berukuran kecil tipe pendamai.

Untuk ikan neon sendiri tergolong ikan hias yang berukuran kecil. Spesies neon tetra lebih banyak dipelihara di dalam akuarium mini. Jadi sangat cocok dijadikan hewan peliharaan aquascape. Lalu seperti apa ikan neon tetra itu?

Ikan Hias Neon Tetra


Jika berbicara tentang ikan neon tetra tentu kita perlu membahas banyak hal, mulai dari pengenalan habitat dan asal-usulnya, mengenal ciri-ciri dan karakternya, mengetahui perawatannya, mengetahui jenis makananannya hingga mengilmui bagaimana cara membudidayakan ikan neon tetra itu sendiri.

Baiklah simak poin demi poin di bawah ini, jangan ada yang dilewati ya (senyum).

1. Sejarah ikan neon tetra dan habitatnya


ikan hias neon tetra

Mengutip dari Wikipedia dan beberapa sumber, ikan neon tetra adalah ikan air tawar yang berukuran kecil maksimal 3 cm dan memiliki warna yang kontras, saat malam hari warna ikan tersebut akan semakin terang (mungkin gara gara ini, dia disebut ikan neon ya gusy?).

Ikan neon tetra masih satu keluarga dengan ikan cardinal tetra, green tetra, black tetra dan lain sebagainya, karena mereka semua dari famili Characidae ordo Characiformes.

Habitat asli neon Tetra adalah perairan Black Water dan Clear Water yang berada di Orinoco dan sungai Amazon bagian Amerika Selatan dan Brazil. Awal mula ikan neon tetra ditemukan  di tepi Amazon bagian barat dan utara, atau lebih tepatnya di wilayah Kolombia, Peru dan Brazil Barat. Lalu dikembangbiakkan dan diperjualbelikan di berbagai negara, sampai akhirnya ikan tersebut menjadi populer dan mendunia.

2. Ciri ciri ikan neon tetra yang cantik dan eksotis


ikan hias neon tetra

Tidak diragukan lagi ikan neon tetra memiliki keindahan yang luar biasa pada tubuh dan warnanya. Lihat saja pada gambar di atas, dari ekor sampai kepala memiliki 3 warna yang terang, terdapat garis merah pada bagian ekor sampai sirip tengah, lalu di punggungnya dihiasi warna biru secara horizontal, dan di bagian perut terdapat warna perak yang menjadikannya kemilau.

Biasanya pada malam hari warna biru dan merah akan semakin cerah tapi bila sedang itirahat warna terang tersebut menjadi abu-abu atau hitam. Tapi tenang saja warna cerahnya akan kembali saat dia aktif kembali di pagi hari.

Ikan neon tetra memiliki karakter agresif dan mempunyai sifat schooling, arti schooling yaitu hidup berkelompok bersama teman-temannya. Jadi apabila kalian ingin memelihara neon tetra sebaiknya membeli 6 jenis atau lebih, supaya mereka betah di dalam akuarium sekaligus menambah kecantikan akuarium anda.

3. Jenis pakan ikan neon tetra


ikan hias neon tetra

Neon tetra adalah ikan hias omnivora, biasanya para hobiis memberi makanan buatan pabrik seperti pelet-pelet kecil. Namun di alam liar sendiri neon tetra terbiasa memakan pakan alami seperti cacing sutra, artemia atau daphnia. Jadi silahkan kalian boleh memberi cacing beku dan kering bloodworms.

4. Perawatan ikan hias air tawar neon tetra


ikan hias neon tetra

Ikan neon tetra merupakan salah satu ikan hias yang mudah dirawat bahkan untuk pemula sekalipun. Yang penting akuarium anda dilengkapi filter sebagai mesin filterisasi agar kebersihan air tetap terjaga, selain itu suhu temperatur air harus stabil berkisar 25 - 27 derajat Celcius.

Namun syarat di atas tidak mutlak sepenuhnya, banyak kawan-kawan yang memelihara ikan neon tanpa filter hanya memakai aerator atau bahkan tidak sama sekali, di dalam aquarium cuman ada air dan hiasan, namun biasanya yang seperti itu ikan mudah mati, tidak bertahan lama.

Selain kalian harus menjaga kondisi air supaya tetap bersih, kalian juga harus memberi makan dengan baik. Lebih bagus sedikit tapi sering daripada diberi pakan banyak tapi tidak habis. Ketahuilah ikan itu bersifat "kenyang tinggal". Saat dia sudah kenyang dia akan berhenti sehingga makanan sisa-sisa yang tidak habis bisa mengotori akuarium Anda akhirnya menimbulkan penyakit berbahaya bagi si ikan.

Anda juga tidak boleh mencampurkan ikan neon tetra dengan ikan yang lebih galak apalagi ikan jenis ikan predator, ikan neon tetra adalah ikan yang pendamai, sebaiknya anda campurkan dengan ikan yang seukuran atau yang tidak galak seperti, ikan gupy, ikan molly, platy atau jenis ikan lainnya yang bersifat pendamai.

Baca: Daftar Ikan Hias yang Bisa Dicampur dengan Ikan Lainnya di Dalam Akuarium

Ukuran akuarium bebas, tapi usahakan minimal berukuran 40 x 30 x 25. Untuk aquascape anda juga perlu menyediakan komponen utama seperti tanaman, hardscape berupa kayu, batu atau karang.

5. Harga ikan neon tetra terbaru


ikan hias neon tetra

Ikan mungil yang cantik ini biasa dijual di pasaran seharga Rp1.000 sampai Rp2.000, kalian cukup membawa uang Rp10.000 atau Rp20.000 sudah mendapat beberapa ekor ikan neon tetra. Saat ini ikan neon sudah banyak dijual di toko online maupun offline, namun berhubung ikan ini sudah sangat pasaran sebaiknya anda beli offline saja. Pasti banyak dijual di toko ikan.

6. Peluang bisnis ikan neon Tetra



Berhubung ikan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, maka hal ini menjadi peluang besar bagi anda pelaku bisnis ikan hias. Apalagi ikan neon tetra tergolong mudah dibudidayakan, tidak membutuhkan lahan dengan skala besar, kalian cukup menyediakan area di sekitar rumah anda.

Bagi saya yang sudah berpengalaman budidaya ikan, tetra itu ikan yang mudah dipijahkan, di sisi lain perawatan hingga pengembangbiakan juga mudah, yang penting anda mau disiplin dan banyak mencari informasi baik di sosial media maupun di internet. Atau bisa langsung tanya kepada yang sudah berpengalaman.

7. Cara budidaya ikan neon tetra


ikan hias neon tetra

Inilah yang banyak ditunggu-tunggu. Bagaimana sih budidaya ikan neon tetra untuk pemula?

Untuk membudidayakan neon tetra yang pertama Anda harus memilih indukan jantan dan betina yang bagus dan berkualitas. Sang induk betina harus unggul. Berikut ciri-ciri indukan ikan tetra yang berkualitas:

  • Ikan Tetra jantan memiliki tubuh ramping sedangkan indukan betina terlihat agak gemuk perutnya.
  • Kedua induk dalam kondisi sehat tidak ada penyakit fisik sedikitpun. Misalnya jamuran atau cacat fisik.
  • Garis yang di tengah tubuh ikan neon terlihat lurus, sedangkan untuk betina biasanya terlihat bengkok.
  • Ikan neon jantan bergerak agresif namun untuk ikan betina biasanya agak lamban.
  • Terakhir, ikan neon jantan memiliki tubuh yang panjang sedangkan yang betina cenderung pendek dan bulat serta memiliki perut yang gemuk.

Setelah anda mengetahui ciri-ciri induk yang berkualitas, selanjutnya persiapkan tempat pemijahan anda. Apa saja langkah-langkahnya?

  • Air yang digunakan harus bersih steril.
  • Gunakan air hujan langsung yang ditampung menggunakan ember.
  • Kemudian rendam airnya selama 1-2 minggu.
  • Air memiliki tingkat keasaman atau PH air minimal 6,4 dan suhunya diatur sekitar 25 derajat Celcius.
  • Tempat yang digunakan harus bersih kalau misalnya memakai akuarium, maka dicuci dulu.
  • Setelah air hujan ditampung selama 2 pekan, maka tinggal masukkan ke dalam tempat pemijahan yang sudah disiapkan tadi.
  • Kemudian ditetesi dengan rendaman kayu asam supaya kumannya hilang.
  • Setelah ditetesi, maka direndam lagi lalu didiamkan selama 2 sampai 3 hari.
  • Terakhir masukkan daun-daunan atau tanaman yg mengambang, berguna untuk meletakkan telur telur neon tetra tersebut.

Jika sudah siap, mari kita melangkah ke proses perkawinan atau pembenihan ikan neon tetra:

  • Cara pertama Anda harus memasukkan induk tetra jantan dan betina ke dalam wadah pemijahan, namun sebelumnya harus dipisahkan.
  • Jika sudah dimasukkan ikannya, tutuplah tempat itu tapi diberi lubang cahaya sedikit agar kalian bisa melihat gerak-gerik ikan.
  • Apabila kamu melihat ikan jantan dan betina lagi kejaran kejaran, itu tandanya mereka sedang berusaha kawin.
  • Paling tidak lama lagi (sekitar 3 hari) telur-telur akan menempel pada daun daun atau akar tanaman.
  • Setelah itu ambil induknya agar tidak memakan telurnya, lalu ditutup dengan kain hitam supaya tidak ada cahaya masuk.
  • Selang 3 hari biasanya telurnya tersebut akan menetas. Horeee
  • Anaknya yang sudah menetas diberi pakan infusoria, yaitu bakteri pembusukan pada daun kubis dan kol.
  • Selama waktu 2 sampai 3 minggu kalian sudah boleh membuka tutupnya.
  • Pemijahan sebaiknya dilakukan di kondisi yang lembab dan dingin, supaya dalam proses pembenihannya tidak terganggu dan ikan akan tumbuh dengan baik

Selanjutnya adalah tinggal pemasaran ikan neon tetra, silakan pakai strategi pemasaran yang bagus. Anda bisa menawarkan ke pedagang ikan di sekitar Anda. Baca juga: 13 Ikan Hias untuk Akuarium Mini beserta Gambarnya

Baik terima kasih itulah penjelasan lengkap tentang ikan neon Tetra dari mulai mengenal habitat sampai cara budidayanya, dari kami cukup sekian semoga bermanfaat

0 Komentar Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top