HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Resiko dan Bahaya Memelihara Iguana (Wajib Diketahui Pemula)

Iguana merupakan binatang reptil yang saat ini banyak digemari oleh sebagian pecinta hewan peliharaan, bahkan di beberapa wilayah ada komunitas khusus pecinta hewan iguana. Meski demikian bukan berarti memelihara hewan iguana selalu aman tanpa resiko, malah justru sebaliknya.

Sebagai binatang reptil, iguana memiliki resiko dan bahaya saat dipelihara, namun sejatinya bukan hanya reptil saja, melainkan hampir semua hewan peliharaan pasti ada resikonya, cuman tingkatannya berbeda-beda, ada yang mempunyai resiko ringan, ada pula yang berat.

Iguana sendiri tergolong hewan yang memiliki resiko berat dan ringan. Anda akan merasakan resiko yang berat apabila tidak bisa memperlakukan dengan baik saat memelihara iguana, sebaliknya resiko tersebut bisa dihilangkan atau diminimalisirkan apabila anda memahami karakter dan cara pemeliharaannya yang baik.

Makanya saya sangat tidak setuju apabila ada teman-teman pemula yang mengatakan kalau iguana adalah hewan yang menakutkan saat dipelihara.  Memang banyak kasus owner yang digigit sampai berdarah bahkan sampai dioperasi, tapi apakah itu murni kesalahan iguana? Tidak, tapi kesalahan owner yang kurang perhatian terhadap kondisi iguana yang sedang birahi misalnya.

Baiklah langsung saja saya akan menyebutkan resiko-resiko yang akan diterima suatu saat apabila memelihara iguana. Namun resiko yang akan kami sebutkan di bawah ini tidak pasti menimpa diri Anda apabila anda sendiri pintar memahami situasi dan pintar merawat.

Resiko Memelihara Iguana


Jangan nekat merawat iguana jika anda sendiri tidak ingin menerima resiko-resiko yang ada, dan bagi kalian yang benar-benar ingin memelihara iguana sebaiknya banyak belajar dan mencari informasi terkait cara menjinakkan iguana dan perawatannya. Silhakan bisa baca-baca di situs hobinatang.com ini.

1. Iguana bisa menggigit


resiko dan bahaya memelihara iguana

Resiko pelihara iguana yang paling umum adalah menggigit, efek dari gigitan iguana berbeda-beda, ada yang mengakibatkan luka biasa bahkan ada yang sampai dioperasi. Salah satunya adalah yang menimpa saudara Guntur, beliau memposting keadaan dirinya yang digigit iguana sedangkan jahitan obrasnya melekat di kelingking, walhasil beliau harus dioprasi untuk diambil obrasnya.

Akan tetapi kalian jangan takut, karena  menggigit itu tergantung karakter dari Iguana itu sendiri. Kalau anda pelihara dari bayi dan sudah sangat jinak sampai dewasa, mungkin iguana tidak akan menggigit pemiliknya. Tapi harus tetap fokus dan melihat kondisinya.

Sejinak-jinaknya hewan apabila sedang masa birahi (ingin kawin) maka akan menyerang jika ada orang yang menganggunya, karena si doi lagi sensi jadi baperan. wkwk Intinya fokus dengan tingkah lakunya, apabila kira-kira dia sedang tidak ingin diganggu maka anda jangan menghandle dahulu.

2. Dicakar iguana


Kata para hobis dicakar iguana itu adalah hal yang biasa, kalau kalian tidak siap dicakar iguana, maka jangan coba-coba memelihara hewan ini. Akan tetapi resiko ini bisa kita minimalisirkan dengan rutin memotong kuku iguana. Sehingga cakaran tidak terlalu melukai kulit.

Semua kembali ke diri kita masing-masing apabila anda niat memelihara iguana maka harus menerima resiko yang akan dihadapi nantinya, diperlukan kesabaran dan kasih sayang dalam merawatnya.

3. Iguana terkena penyakit


Resiko dan Bahaya Memelihara Iguana

Semua makhluk hidup dan tubuh pernah merasakan sakit, apalagi yang kita pelihara adalah hewan. Untuk itu kita harus siap menghadapi resiko apabila suatu saat iggy kita terserang penyakit. Jenis penyakit iguana juga bermacam-macam, pembahasan tersebut sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Buat pemula wajib mempelajarinya.

4. Harus sabar dan telaten


Bila anda termasuk orang yang tidak sabaran, disarankan jangan memelihara hewan iguana. Karena perawatan hewan iguana membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi, apalagi jika hewan tersebut belum jinak dan masih galak. Anda harus melatih menjinakkan iguana supaya tidak suka menggigit dan mencakar.

Disamping itu Anda juga harus telaten memberi makan dengan makanan yang sehat sehat, kemudian harus menjemur iguana setiap hari, pokoknya banyak deh. Silahkan baca cara merawat iguana yang pernah saya bahas sebelumnya.

5. Dirawat dari kecil terus ditawar saat dewasa


Resiko dan Bahaya Memelihara Iguana

Sebenarnya poin ini hanyalah hiburan tapi bagi saya ini adalah termasuk resiko hehe. Sebagaimana yang anda ketahui bahwa iguana adalah hewan dengan pertumbuhan yang lambat.  Ketika kita sudah memelihara lama sejak kecil hingga dewasa, tiba-tiba ada yang menawar dengan harga yang murah. Itu membuat diriku galau wkkw Tapi agak sakit hati kalau mereka menawarnya dengan harga murah haha.

Note: sebelumnya ada 3 foto, yaitu gambaran tangan yang digig*t oleh iguana dan berdar*ah. Namun sayangnya oleh google tidak boleh ditampilkan alasannya mengandung keker*asan. Ya sudah sama mimin dihapus saja.

Baik itulah 5 resiko memelihara iguana menurut versi hobinatang.com, bagi teman-teman yang ingin menambahkan silakan tulis di kolom komentar dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh para pembaca situs ini. Terima kasih silakan dibagikan ke teman-teman di seluruh dunia haha

0 Komentar 5 Resiko dan Bahaya Memelihara Iguana (Wajib Diketahui Pemula)

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top