Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Kucing tidak mau makan whiskas atau dry food? Kenapa dan bagaimana ya solusinya? Kucing yang terbiasa makan makanan basah memang sulit untuk diperalihkan makan whiskas atau makanan kering lainnya, karena soal rasa memang lebih enak makanan basah, lebih segar dan menggoda. Kandungan nutrisinya pun juga beda jauh, dryfood lebih banyak karbohidratnya.

Untuk mengganti makanan basah ke makanan kering tidak langsung jadi dalam sehari. Harus sabar untuk beberapa hari dan telaten. Hobinatang.com memberi solusi dalam menangani permasalahan ini. Coba simak ya..

Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas

Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Baiklah sahabat hobinatang kami akan membahas secara bertahap terkait solusi agar kucing mau makan whiskas atau dry food. Namun mungkin saja solusi dibawah tidak seluruhnya cocok untuk kucing anda. But, bolehlah kalian mencobanya satu persatu terlebih dahulu. 

1. Ganti Makanannya Secara Bertahap


Pergantian di sini ditahapkan perhari secara berkala. Hitungannya seperti ini,
Hari pertama, 20% makanan kering 80% makanan basah.
Hari kedua, 40% makanan kering 60% makanan basah.
Hari ketiga, 60% makanan kering 40% makanan basah.
Hari keempat, 80% makanan kering 20% makanan basah.
Hari kelima, 100% makanan kering.

Teori tersebut tidak selalu cocok dengan semua kucing. Takaran bisa dirubah sesuai kebutuhan dan selera kucing. Campurkan kedua makanan tersebut. Setidaknya cara bertahap itu dapat mengelabuhi si kucing.

2. Biasakan Sejak Kecil


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Kucing yang belum mengerti rasa lebih suka makanan basah, sejak masih kitten berikan makanan kering. Hal ini sebagai pembiasaan. Karena kalau kucing udah tahu makanan basah, memang harus ada terapi mengalihkan ke makanan kering.

3. Sediakan Selalu Makanan Kering


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Menyediakan makanan kering adalah suatu pembiasaan. Menyediakan makanan kering tersebut bisa di kandangnya atau di luar kandangnya. Istilahnya, makanan yang ada hanya itu tidak ada yang lain, mau tidak mau makan makanan tersebut. Dan ketika disediakan seperti itu baunya bisa membuat ketertarikan pada kucing.

4. Pastikan Tempat Makan Bersih


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Tempat makan yang kotor akan cenderung baunya tidak sedap, sisa makanan sebelumnya yang tertumpah dari mulut kucing, atau setelah jilatan kucing akan meninggalkan bau. Tidak hanya bau, hal tersebut akan meninggalkan bakteri yang dapat membuat kucing sakit.

Cuci secara rutin tempat makan kucing dengan sabun, namun pastikan tempat makan kucing juga tidak bau sabun. Jaga tempat makan agar selalu kering agar tidak membuat dryfood melembek karena kelembapan dari tempat makan.

5. Kedalaman Tempat Makan Yang Pas

Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Kedalaman tempat makan yang pas untuk memudahkan kucing makan, kalau terlalu dalam kucing cenderung malas untuk mengambil makanan yang terlalu menjorok. Hal itu menyulitkan bagi kucing, sehingga tidak ingin makan meskipun itu makanan basah.

6. Beri Multivitamin Penambah Nafsu Makan


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Kalau memang kucing anda masih ngeyel tidak mau makan makanan kering. Coba beri kucing anda penambah nafsu makan atau makanan makanan yang sehat untuk kucing anda. Selain bisa menambah nafsu makan, multivitamin juga dapat menambah nutrisi untuk keseimbangan tubuh kucing serta menguatkan imun tubuhnya.

7. Variasikan Makanan


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Sesekali variasikan makanan dengan rawfood, karena dalam rawfood mengandung lebih banyak protein. Selain untuk menjaga kesehatan dan menambah asupan nutrisi kucing, manfaat lain yang bisa didapat adalah agar kucing tidak bosan dengan makanan kering. Anda bisa membeli makanan kucing yang bagus dan sehat di petshop terdekat.

8. Temani Kucing Makan


Coba temani kucing anda makan di awal, sesekali suapi agar mau makan dryfood. Kucing itu makhluk yang manja suka perhatian, dengan hal itu bisa membantu kucing mau makan makanan kering.

9. Ajak Makan Bersama Kekasihnya


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Tidak menutup kemungkinan kucing anda mau makan dryfood apabila makan dibarengkan dengan kekasihnya, sehingga lebih bersemangat dalam makan. Hal ini menjadi solusi juga ketika kucing tidak mau makan apapun.

10. Pantau Pertumbuhan Kucing


Selalu pantau berat badan kucing. Dengan pantauan anda akan tahu apakah kucing anda sudah mau makan atau belum. Hal ini untuk anda yang memiliki lebih dari satu kucing. Karena takutnya makanan habis oleh kucing satunya, dan satunya tidak mau makan.

11. Dekatkan Makanan Kering


Lebih baik selalu sediakan makanan kering di dalam kandang untuk memberi stimulus bau pada kucing. Dengan tujuan lama-kelamaan karena bau tersebut kucing jadi tertarik memakannya terus dan terus.

12. Beri Makan Tepat Waktu


Solusi Kucing Tidak Mau Makan Whiskas Atau Dry Food

Pemberian makan tepat waktu adalah bentuk kedisiplinan. Agar kucing terbiasa dengan jadwal dan apa yg menjadi menu makannya. Jangan beri makan kucingketika anda sedang makan. Karena bisa menjadi kebiasaan kucing mengganggu anda saat makan.

Itulah teman teman beberapa solusi yang bisa anda lakukan di rumah saat kucing anda tidak mau makan dryfood. Silakan dipraktekan secara rutin dan tetap bersabar, jangan terburu buru ya. Oh ya sebagai tambahan, harga dryfood memang lebih murah dibanding dengan rawfood. Kandungan nutrisinya pun jelas lebih rendah dari rawfood.

Makanya kucing terkadang tidak selalu mau dengan dryfood. Tapi tidak mengapa, sesekali variasikan saja, jangan lupa beri asupan tambahan untuk menjaga kesehatan kucing. Kalau tidak ada budget untuk membeli makanan tambahan, anda bisa kog membuat makanan kucing sendiri di rumah. Sekian dari kami terimakasih.

Berlangganan via Email