Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan yang Ampuh

Cat lovers pastinya sedih kalau mendapati kucing kesayangannya lemas, kalau udah lemas biasanya kucing tidak mau makan. Sedih banget pastinya kalau sampai berat badan kucing turun, dan tidak lucu lagi karena kurus. Kucing layaknya manusia, apabila asupan makannya kurang akan menyebabkan kerusakan pada tubuh. Tepatnya adalah kerusakan pada hati yang disebut hepatik lipidosis.

Simak penjelasan kami agar tahu caranya biar kucing bisa kembali bugar seperti semula, lincah lagi, dan terhindar dari penyakit. Berikut hobinatang.com berikan solusi cara untuk mengobati kucing lemas yang tidak mau makan.

Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Ada banyak cara untuk mengatasi kucing yang tiba tiba lemas sehingga tidak mau makan. Sebenarnya penyebab utama kucing lemas dan tidak mau makan alias nafsu makan menurun adalah kurang nutrisi atau imun tubuhnya tidak kuat. Nah jika sudah terlanjur mengalami seperti itu, maka yang harus anda lakukan adalah berikut ini.

1. Berikan Suplemen Pada Kucing


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Banyak beredar vitamin atau suplemen penambah nafsu makan. Tidak hanya manusia yang butuh dengan suplemen, hewan seperti kucing juga membutuhkan asupan yang sempurna. Suplemen atau multivitamin untuk kucing dapat dibeli di apotek. Nama vitaminnya biolysin, Lysmin atau becombion. 

Meskipun vitamin tersebut diperuntukkan untuk manusia namun boleh untuk hewan seperti kucing. Berikan sesuai dosis yang ada pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter hewan. Sebelum minum vitamin usahakan beri makan kucing terlebih dahulu agar tidak iritasi lambungnya.

2. Beri Air Minum yang Bersih


Sering kali kucing minum di tempat-tempat kotor, seperti bolongan wc, air bekas hujan dan sebagainya. Padahal kucing layaknya manusia, apabila terserang bakteri atau virus bisa menyebabkan sakit pada tubuhnya.

Setiap kali memberi minum kucing ganti minuman yang baru, bukan sisa dari minuman sebelumnya, ditakutkan ada bakteri atau kuman yang masuk ke dalam air lantas berkembang, kemudian diminum kucing, lalu terserqang virus dan akhirnya sakit.

3. Sediakan Tempat Tidur Hangat


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Ketika kucing sakit karena virus, suhu tubuhnya pasti menurun. Apabila sampai terjadi hipotermia akan mengalami kematian. Maka persiapkan tempat tidur hangat untuk kucing anda. Beri kain wol atau selimut pada tempat tidurnya. Bila perlu beri lampu dengan watt kecil untuk menghangatkan ruangan si kucing.

4. Berikan Oralit untuk Kucing


Terkadang kucing lemas karena muntah dan diare. Sehingga menyebabkan cairan tubuh kucing terkuras. Maka larutan Oralit yang dibuat sendiri dari gula dan garam bisa menjadi solusi menambah cairan dalam tubuh kucing, supaya tidak lemas. Pilihlah gula jawa untuk larutan oralitnya.

5. Beri Susu Kucing


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Susu khusus kucing mengandung taurine dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kucing. Dengan susu ini bisa menjadi upaya menyegarkan kembali kucing yang lemas badannya. Suapi kucing dengan sendok atau pipet khusus kucing setiap hari.

6. Ajak Kucing Bermain


Kucing yang lemas badannya tidak melulu sakit, bisa jadi ia bosan dengan aktivitasnya. Lebih lagi apabila jarang diajak bermain, karena kucing termasuk makhluk usil. Coba kalau kucing anda lemas, ajak ia bermain sesekali, supaya tidak stres. Kucing yang stres bisa menyebabkan penurunan nafsu makan. Baca: Cara mengatasi kucing stres.

7. Tambahkan Dryfood Sebagai Cemilan

Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Dryfood berfungsi sebagai makan tambahan dengan rasa yang berbeda dan enak. Sajikan dryfood dengan mencampur sedikit air hangat dan diamkan hingga dingin, lalu suapi kucing sedikit demi sedikit. Berikan sesuai takaran, jangan berlebihan agar tidak tersisa.

8. Tambahkan Kuning Telur Pada Makanan


Kuning telur mengandung protein yang tinggi dan bisa dijadikan asupan tambahan untuk menambah energi pada kucing. Campurkan kuning telur pada makanan kucing secukupnya. Tidak harus setiap hari.

9. Bubur Beras Merah untuk Kucing Lemas


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Bubur beras merah memiliki kandungan yang dapat memberi kekuatan pada tubuh kucing, selain rasanya yang enak. Coba berikan bubur beras merah instan dan suapkan pada kucing. Jika kucing tidak doyan atau menolak, jangan dipaksa dan stop memberi bubur beras merah. Sebab tidak semua jenis kucing doyan bubur beras merah.

10. Air Kelapa Muda untuk Kucing



Elektrolit yang terkandung pada air kelapa muda dapat meningkatkan cairan tubuh pada manusia, dan ternyata juga bisa digunakan untuk kucing. Ganti minuman kucing untuk sementara menggunakan air kelapa muda sampai kucing tidak lemas lagi.

11. Perhatikan Cara Makan Kucing


Cara makan kucing yang terlalu cepat akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Layaknya manusia, perlu ada kunyahan. Apabila terjadi gangguan pada pencernaan akan mengakibatkan kucing lemas. Maka sering-sering perhatikan kucing anda makan. Kalau terlalu cepat, hentikan dan lebih baik disuapi agar terkontrol.

12. Bersihkan Kandang Kucing


Salah satu tips mengatasi kucing tidak nafsu makan karena lemas maka anda wajib rajin membersihkan kandangnya. Karena jika kucing muntah di kandang akan menyebabkan banyak bakteri. Semprotkan cairan disinfektan pada kandang kucing untuk membunuh bakteri, kuman, dan virus yang ada.

13. Beri Raw Food atau Makanan Basah


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Kucing yang lemas bisa jadi karena kurang gizi dan nutrisi. Maka tambahkan asupan yang sehat untuk kucing anda yang mengandung protein tinggi semisal ikan, minyak zaitun, ayam dan makanan yang mengandung protein tinggi lainnya. Caranya, remuk atau cincang makanan tersebut dan campurkan ke dalam makanan kucing yang biasa diberikan setiap harinya.

14. Beri Obat Cacing


Cara Mengobati Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Kucing yang lemas bisa jadi karena terserang penyakit cacingan. Coba beri obat cacing alami atau membeli di petshop. Karena kalau kucing terkena cacing cenderung tidak mau makan, dan kucing yang sakit cenderung lemas.

15. Periksa Mulut Kucing


Ketika kucing tidak mau makan bisa jadi mulutnya sedang sakit. Coba periksa apakah ada yang terluka pada mulut kucing. Kalau memang ada coba bawa ke dokter hewan untuk diberi obat.

16. Variasikan Makanannya


Memvariasikan makanan kucing bisa meningkatkan nafsu makannya. Karena terkadang kucing juga bosan dengan makanan yang itu-itu aja, sehingga malas makan dan lemas. So, Variasikan makanannya dengan mengganti tiap kali makan atau tiap hari.

17. Pancing Nafsu Makan


Pancing nafsu makan kucing dengan cara tempelkan ikan atau tuna atau makanan yang bau sedapnya menyengat ke dekat hidung kucing. Kalau kucing mau memakannya tidak perlu repot lagi untuk mencoba cara lainnya.

18. Ajak Makan dengan Kekasihnya


Ketika kucing memasuki masa puber, yang ia inginkan adalah memuaskan nafsu birahinya. Hal itu sangat wajar. Ketika itu terjadi yang ia inginkan hanya kekasihnya. Maka satukan mereka dan beri makan sehingga bisa makan bersama dengan semangat.

19. Tube Feeding


Jika kucing anda sudah benar benar lemas tidak mau makan serta sudah diusahakan untuk menyembuhkanya, namun belum berhasil juga, maka Tube feeding solusinya. Tube feeding ialah memasukkan makanan ke perut kucing melalui selang, seperti infus. Hanya dokter hewan yang bisa melakukan pemasangan infus pada kucing. Anda jangan coba coba memasang sendiri jika belum tau ilmunya.

20. Periksakan ke Dokter Hewan 


Apabila cara cara di atas belum berhasil, silakan bawa kucing ke dokter hewan, agar diberi obat khusus dan anda bisa tahu penyebab kucing tidak mau makan itu karena apa. Dan langkah ini untuk kehati-hatian agar tidak salah memberi obat sembarangan pada kucing.

Itulah cara mengobati kucing lemas tidak mau makan yang dapat kami bagikan untuk anda terutama bagi pemula. Terimakasih.

Berlangganan via Email