Cara Menjinakkan Iguana dengan Mudah– Nama iguana sudah tidak asing lagi dikalangan pencinta reptil, ketenaran tersebut disebabkan karena penampilannya yang menawan dan ilegan. Hewan ini juga termasuk salah satu jenis reptil yang sangat mudah dipelihara dan dirawat, hanya membutuhkan kandang berukuran sedang dan sedikit ilmu tentang cara merawat iguana, anda sudah bisa memelihara hewan ini.

Iguana adalah hewan yang mudah dijinakkan bahkan bisa dilatih untuk bonding ke kita, Sehingga bagi pemula yang baru membeli iguana tidak perlu pusing-pusing memikirkan cara menjinakkan iguana, kalian cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Menjinakkan Iguana dengan Cepat dan Mudah

Catatan: arti bonding adalah, terikat dengan pemiliknya, misalnya jika dipanggil dia akan mendekat.

1. Buang Rasa Takut Anda saat Menjinakkan Iguana

Jauhkan perasaan takut anda terhadap iguana saat melatihnya, karena semakin banyak digigit maka anda akan semakin terbiasa, jika semakin terbiasa maka ketika anda digigit iguana rasanya sudah seperti digigit semut. Oleh sebab itu bagi kalian yang baru ingin membeli iguana sebaiknya belilah yang masih bayi atau anakan, karena lebih mudah dijinakkan dan gigitannya belum terlalu sakit.

Cara Menjinakkan anak Iguana

Anda tidak perlu berfikir terhadap gigitannya, tenang saja dan rileks. Justru kalau anda takut si iguana akan menganggapmu sebagai musuh. Sebab mereka memiliki insting yang kuat dan bisa membaca pergerakan kita melalui sentuhan kulit. So jangan pernah ragu dan takut ketika menjinakkan iguana.

2. Lakukan Interaksi yang Nyaman saat Menjinakkan Iguna

Cara Menjinakkan Iguana dengan Cepat dan Mudah
gambar: facebook Elly Ernawati

Ternyata cara ini bukan hanya diterapkan pada binatang-binatang pengerat seperti, sugar glider, hamster atau kucing tapi juga diterapkan pada iguana ketika anda ingin menjinakkannya. Bagaimana caranya?

Cara berinteraksi dengan iguana sangatlah simple dan mudah, cukup memberi nama, membelai dan sering diajak bermain. Bagi saya teknik ini sangat efektif, dengan sering memanggil namanya dan mengelus-elus kepalanya dia akan merasa sangat disayang serta diperhatikan. Ajaklah dia bermain, biarkan iguana berjalan-jalan di telapak tangan anda, minimal 15 hingga 20 menit setiap hari.

3. Memahami Sifat dan Gerak-Gerik Iguana

Cara Menjinakkan Iguana dengan Cepat dan Mudah

Semakin sering anda melatih nantinya akan terlihat gerakan khas iguana. Misalnya ketika dia merasa terancam otomatis kepalanya akan tegak dengan mata melihat kearah anda atau dengan menggerakan ekornya.

Nah, jika kalian sudah memahami sifat dan kebiasaan mereka, maka akan semakin memudahkan proses penjinakan iguana.

Baca juga: Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar

4. Konsisten dan Sabar dalam Melatih Iguana

Lakukanlah proses penjinakan di atas dengan rutin, sabar dan terus berjuang. Nikmati terus prosesnya, jika sudah berhasil anda juga yang senang, karena bisa dibawa kemana-mana.

Itulah 4 cara menjinakkan iguana dengan cepat dan mudah bagi pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Tulis masukan atau pengalaman anda di kolom komentar.

Tags:

6 responses to “Cara Menjinakkan Iguana dengan Cepat dan Mudah”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Mohon maaf gan saya mau tanya bagaimana cara melatih iggi kita biar bisa pulang sendiri ke kandang sewaktu di lepas…

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Susah Mas, kalau dilepas bakal ilang selamanya karena diambil tetangga wkwkw

    2. Fyzah Avatar
      Fyzah

      😂😂dicuri tetangga

  2. Anonim Avatar
    Anonim

    Yg penting pekarangan rumah tertutup dan tersedia beberapa pepohonan hijau dan kecukupan air, insaAllah iguana akan betah di rumah. Jangan lupa mengajaknya berinteraksi setiap hari minimal 15 menit terutama saat pagi hari. Semoga bermanfaat.��

  3. yulianto Avatar
    yulianto

    bang apakah iguana yang masih baby perlu di mandikan atau ada ukuran tertentu untuk memandikan

  4. Dall Avatar
    Dall

    mohon maaf sebelumnya saya ada mau tanya, saya ada super red iguana kurang dari 1 tahun dia kalo diluar kandang jinak tapi ketika masuk kandang itu galak skali bahkan sampe gigit, dan cambuk, itu bisa dibuat jinak ya jadi gak galak kandang lagi ? terima kasih

Leave a Comment