Susu manusia yang cocok untuk anak kucing– bukan rahasia lagi kalau kucing menyukai minuman berupa susu. Sebab aromanya yang amis dan rasanya yang gurih salah satu minuman favoritnya. Akan tetapi pemberian susu untuk kucing khususnya yang masih kecil masih menjadi bahan pertimbangan banyak orang.

Karena tidak semua jenis susu aman buat kesehatan anak kucing. Jika kalian ingin memberi susu pada kucing, para dokter hewan sendiri menyarankan untuk memberikan susu yang khusus untuk hewan kucing. Sudah banyak sekali merek-merek susu kucing yang terkenal dan dijual di toko hewan atau pet shop.

Baca: Susu Untuk Kucing Kampung Yang Baik dan Bagus

Namun yang jadi masalah adalah tidak semua orang mampu membeli susu khusus untuk kucing. Mungkin karena beberapa alasan. Misalnya daerah yang ia tinggal jauh dari toko hewan. Atau masalah ekonomi yang kurang memadai untuk membeli susu khusus kucing.

Sehingga mau tidak mau mencari alternatif lain yaitu dengan memberi susu pada anak kucing dengan susu manusia. Padahal pemberian susu manusia pada kucing sendiri sangat tidak dianjurkan. Ditakutkan salah memilih merek susu dan akibatnya fatal.

Sebab jika kucing diberi susu manusia dengan sembarangan bisa mengakibatkan diare. Bila sudah diare maka berakibat si kucing dehidrasi dan akhirnya mati. Meski demikian ada beberapa susu manusia yang aman untuk anak kucing. Bisa diberikan pada bayi kucing yang baru lahir.

Susu Manusia yang Cocok untuk Anak Kucing

Susu Manusia yang Cocok untuk Anak Kucing

Susu manusia untuk anak kucing yang aman ialah yang mengandung rendah laktosa. Karena susu dengan kandungan laktosa yang tinggi dapat membuat si anak kucing diare atau mencret.

Berikut beberapa susu manusia yang bisa diberikan pada anak kucing:

1. Susu SGM LLM

Susu SGM LLM ini berbentuk serbuk. Susu SGM LLM juga memiliki aroma sedikit amis dan gurih. Bila sobat ingin memberikannya pada anak kucing sebaiknya mengencerkan seencer mungkin agar mudah diminum. Anda bisa membuatnya di wadah atau di botol lalu disodorkan ke mulut anak kucing.

Susu Manusia yang Aman untuk Anak Kucing

Susu SGM LLM tersebut sangat rendah laktosa bahkan hampir tidak mengandung laktosa. Biasanya diperuntukkan untuk bayi manusia yang berusia 0-12 bulan. Jadi kami sangat merekomendasikan susu tersebut untuk diminum anak kucing kesayangan anda. Untuk mendapatkannya anda bisa mencari di toko online atau supermarket umum.

2. Susu Manusia Untuk Kucing “Steril Bear Brand”

Susu Manusia untuk Anak Kucing

Yang kedua adalah merek Steril Bear Brand. Susu kaleng yang sudah cair ini sudah cukup terkenal di kalangan para ibu. Dan di dalamnya juga tidak mengandung laktosa sehingga sangat cocok untuk kucing kecil.

Susu tersebut asli susu sapi yang banyak dikonsumsi manusia mulai dari anak usia 1 tahun hingga orang tua. Di samping tidak mengandung laktosa, susu merek bear brand juga sangat steril jadi anda tidak perlu khawatir untuk memberikannya kepada anak kucing.

3. Susu Dancow  Cocok Untuk Kucing

Susu Manusia yang Cocok untuk Anak Kucing

Susu dancow juga bisa diberikan untuk anak kucing, karena rendah laktosa. Namun kami sarankan untuk diberikan pada anak kucing yang sudah membuka mata alias sudah bisa melek. Jika kucing anda baru lahir sebaiknya diberi susu khusus kucing seperti GROWSSY.

Apabila sulit ditemukan, maka berikan susu manusia merek SGM LLM saja, jangan dancow maupun bear brand.

Itulah beberapa macam susu manusia yang aman diberikan pada anak kucing. Andai saja anak kucing anda minum salah satu dari ketiga jenis susu manusia di atas, namun ternyata ada indikasi diare maka sebaiknya dihentikan.

Gantilah susu yang lain, pada intinya yang terbaik adalah susu khusus kucing. Dan saat memberi susu pada anak kucing, anda boleh mencampurnya dengan makanan kucing yang basah.

Baca juga: Makanan untuk Anak Kucing yang Menyehatkan

Baiklah kami cukupkan sampai di sini saja, semoga bermanfaat. Terimakasih.

38 responses to “Susu Manusia yang Cocok untuk Anak Kucing”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Makasih ya Infomarsi nya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sama sama kak.. Dukung kami terus biar bisa update secara rutin. 🙂

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Apakah tidak ada efek d hari besok ketika anak kucing akan lanjut usia?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Susu manusia memang mengandung laktosa. Kebanyakan kucing bahkan tidak cocok dengan susu manusia. Artinya tubuh mereka tidak bisa mencerna Produk susu dengan mudah sehingga menyebabkan diare atau muntah.

      Itulah efek dari laktosa. Makanya kalau memiliki kemampuan untuk membeli susu khusus untuk anak kucing. sebaiknya jangan menggunakan susu manusia. Baca:

      13 susu yang cocok untuk anak kucing

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    berarti susu dancow sachet bisa buat kitten yg sudah melek umur 1bulan ya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Silahkan kak, tapi kami sarankan tetap memakai susu kucing 🙂

  4. Starla Avatar
    Starla

    Kalo saya ngasih susu bear brand pada anak kucing saya. Itu susunya mesti di hangatkan ato boleh langsung di kasih gitu aja?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Langsung kasih saja Kak. Terimakasih atas pertanyaannya, silahkan tanyakan kembali jika ada kesulitan

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Makasih kk infonya. ini aku nemu bayi kucing udah aku mandiin, udah aku beesihin matanya, udah aku potong kukunya, tapi bingung kasi makan aoa. soalnya aku kasih makan kucing aku yang besar, dia ga mau. akhirnya aku beli bear brand dan dia mau minumnya. makasih kk

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sama sama Kak, ikut senang jadinya. Semoga kucingnya sehat terus dan tumbuh dengan baik

  6. VemmyNy Avatar
    VemmyNy

    kak klo ngasih susu dancow coklat boleh gk y? sma anak kucing yg msih blm genap sebulan?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Boleh kak. Cari yang rendah laktosa, usahakan jangan yang coklat.

    2. VemmyNy Avatar
      VemmyNy

      kira"usianya bru 2 mingguan.. susu dancow blh g?

    3. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saran kami lebih baik dikasih SGM LLM+ susu bayi 0-6 bulan, murah kok per 400gram sekitar Rp 60.000.

      Kalau mau lebih bagus lagi, susu khusus anak kucing. Karena kucing Onty kan baru bisa melek, biasanya usia 2 pekan masih baru bisa melek.

  7. Anonim Avatar
    Anonim

    Kalo Susu Frisian flag boleh gak kak?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Jangan Kak :v apalagi merk tersebut terkenal hanya crime, pokoknya kurang baik. hehe

  8. Anonim Avatar
    Anonim

    Kak, saya sarankan juga untuk bikin Tips "Susu manusia yang cocok untuk kucing dewasa"
    Tolong dibuat ya Kak Tipsnya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Di atas sebenarnya sudah mencakup buat yang dewasa juga Kak. Terimakasih sarannya ya 🙂

  9. Biologi Ceria Avatar
    Biologi Ceria

    Kak, kucing saya sepertinya diare,saya tidak tau apa penyebabnya, sebelumnya saya memberi dia susu dancow selama 2 hari, lalu saya ganti dengan growsy, baru sore tadi saya kasih dia susu growsy, malamnya langsung diare, kucing saya 3, dan yang diare cuman 1. Kenapa ya kak ? Yang lain sehat sehat saja.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kemungkinan besar pengaruh Dancow Kak, pencernaan kucing satunya tidak kuat dengan susu manusia dancow yang rendah laktosa. Makanya Dancow tidak begitu disarankan, dan sengaja saya tulis di poin terakhir. 🙂

      Diare itu sebenarnya adalah suatu gejala bukan diagnosa penyakit. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam baik karena infeksi bakteri adanya racun bahkan virus yang mematikan.

      Pemberian air susu apalagi yang tinggi kandungan laktosa membuat kondisi dirinya semakin parah dan akan semakin drop karena dehidrasi. Pada saat dehidrasi metabolismenya akan kacau sehingga bisa menyebabkan kematian. Kan banyak, kucing diare terus mati. Pengalaman yang mahal jika ada gejala yang sama terjadi segera bawa ke dokter untuk dilakukan antisipasi lebih lanjut secara medis dengan tepat sasaran.

      Kalau tidak kasih obat PrimaCat, kalau alami, biasanya dikasih tempe rebus campurin telur, putih nya dibuang, kadang tempe diremuk campurin malanam basah kucing. Silahkan dicoba

  10. MUSE SANADA Avatar
    MUSE SANADA

    Tadi pagi saya nemuin 2 anak kucing di depan rumah, yang satu di kardus yang satu masuk selokan, sudah saya bersihkan. Karrna bingung,takkasih susu sapi murni yang dijual di depot susu sapi. Pertanyaan saya, apakah boleh memakai susu sapi atau perlu depan susu yg tersebut di artikel? Terimakasih sebelumnya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau susu sapi murni yang disterilkan oleh pabrik biasanya cocok untuk kucing.

      Tapi tidak menjamin kesehatan kucing, bisa jadi kalau kucing anda meminum susu sapi murni malah mencret. Daripada susu sapi mendingan susu kambing itu lebih baik, dan yang baik lagi memakai susu khusus kucing. 🙂

  11. Anonim Avatar
    Anonim

    Kak mau nanya, kucing saya dulu dikasih susu kucing malah mencret. Itu kenapa kira2, masih usia 3 bulan kyknya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Susu kucing merk apa Kak? Berarti itu tandanya tidak cocok dengan merk susu yang saat ini digunakan.

      Solusi kami diganti dengan merek lain dan lakukan uji coba sampai benar-benar mendapat merek susu kucing yang cocok untuk nya.

  12. Unknown Avatar
    Unknown

    Maaf kak ada di chanel youtube yg nyaranin memberikan susu sgm biasa ya bukan sgm llm supaya bulu si kitten lebar dan gendut itu bener gak si kak?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sangat tidak benar, cepat besarnya juga ditentukan oleh makanan, minuman dan perawatan yang baik. Bahkan gen juga bisa menentukan

      Justru saat ini sudah banyak mrk susu yang dikhususkan sesuai kebutuhan. Ada susu khusus pertumbuhan, untuk bulu dan lain lain.

  13. Unknown Avatar
    Unknown

    Ka kalo susu lactogen llf bisa buat kucing usia 2 Minggu ga

  14. Unknown Avatar
    Unknown

    Ka kalo susu lactogen llf bisa untuk bayi kucing umur 2 Minggu ga

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sudah banyak sih kak sebenarnya yg ngasih susu Lactogen pada bayi kucing. Yg untuk usia 0-6 bulan. Tapi Mimin sendiri tidak menyarankan Kak.

      Lebih baik SGM LLM atau lebih bagus lagi beli susu spesial anak kucing di pet.

  15. Unknown Avatar
    Unknown

    Terimakasih karena atas sarannya

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Terimakasih ka atas sarannya

  16. Unknown Avatar
    Unknown

    Ini saya kasih sgm ananda 0-6 bulan. Tpi saya gatau rendah laktosa ap ga.. Ini pupnya cair gtu. Apakah itu diare? Makasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Lebih baik LLM drpada ananda, kalau mencret terus kemungkinan diare Kak.

      #AdminRos

  17. Unknown Avatar
    Unknown

    Kl susu kucing yang bagus untuk kucing usia 1/2 minggu susu apa ya?? Kl ngak ada di kotaku bisa diganti pake SGM LLM sesuai saran diatas?? Masih kecil banget soalnya. Trus cara kasi minumnya bgmn?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Dispet in Kak, kalau bisa minum sendiri di taruh saja di mangkuk.

  18. wawan mulyawan Avatar
    wawan mulyawan

    Kak saya kan nemu anak kucing 3 ekor dipinggir jalan,kemudian saya rawat namun saya takut ngasihnya makanan smbarangs soalnya saya ga tau usia anak kucing tersebut kak…punya saran ga kak cara mengetahui umur si kucing atau saran lainnya…soalnya kasian mau ngerawat cuman takut salah perawatannya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Rawat aja Kak. Kasih makan beli d pet shop atau di olahin susu dan daging. Sambil baca-baca tutorial merawat kucing

  19. Gibran Avatar
    Gibran

    berarti kalo susu uht yang bebas laktosa boleh dikasih dong?

Leave a Comment