HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

8 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus dan Cara Mengatasinya

Kucing mengeong terus- setiap hewan memiliki bentuk interaksi yang berbeda dengan manusia. Misalnya kucing, dia mengeluarkan suara mengeong ketika sedang berbicara dengan lawan yang sejenis. Dan tentu saja manusia tidak akan pernah bisa memahami arti dari interaksi mereka secara detail.

Namun manusia bisa memahami maksud dari ucapan kucing tersebut dengan melihat kebiasaan atau tingkah lakunya. Contoh, jika kucing sedang mengeong di dekat orang makan, tandanya dia sedang meminta makanan. Atau ketika kucing jantan sedang mengeong terus menerus dengan keras di hadapan kucing betina, berarti dia sedang meminta kawin.

Begitu juga dengan perilaku kucing yang mengeong di malam hari, tentu memiliki arti tersendiri. Sebab yang demikian merupakan cara kucing mengekspresikan dirinya sendiri kepada pemiliknya. Lalu apa yang harus kita lakukan jika mendengar kucing mengeong terus?

Pertama kita harus mengetahui alasan kenapa Kucing mengeong terus. Supaya kita bisa lebih perhatian dan peka terhadap tingkah laku mereka yang aneh. Lalu kenali tanda-tandanya dengan baik, terkhusus buat para pemula yang baru saja memelihara kucing kampung atau kucing ras Persia dan Anggora.

Kebetulan, di sini hobinatang.com akan membahas seputar suara kucing. Yaitu penyebab kucing mengeong terus dan cara mengatasinya.

Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus


Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus menerus

Biasanya kucing mengeong terus saat tengah malam, sehingga timbul firasat buruk pada diri kita. Padahal hal itu sangatlah wajar bagi si kucing. Jangan diartikan yang tidak tidak ya sob, hehe apalagi kalau sampai dilempar dengan benda benda berbahaya. Kasian kucingnya. Meskipun akhirnya diam, tapi tetap saja cara ini tidak dibenarkan.

Berikut penyebab kucing mengeong terus menerus disertai cara menanganinya:

1. Kucing Ingin Kawin atau Birahi


Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus di malam hari

Seekor kucing jantan maupun betina yang siap kawin (usia 5-6 bulan) biasanya mulai menunjukkan perilaku yang aneh. Dia mulai mengeong terus sepanjang waktu untuk memanggil pasangannya. Dia juga mulai bertingkah laku manja dan suka menggoyangkan tubuhnya.

So, jangan khawatir jika kita mendapati 2 kucing kampung (jantan dan betina) mengeong ngeong di depan rumah ketika malam hari. Karena itu tandanya mereka berdua sedang melakukan ritual sebelum kawin. hehe

2. Kucing Kelaparan dan Tidak Lekas Diberi Makan


Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus di dalam rumah

Seekor kucing yang kelaparan akan terus berusaha meminta makanan pada ownernya. Itulah yang menyebabkan kucing mengeong terus menerus. Suara kucing yang kelaparan biasanya memiliki nada tinggi di awal kemudian merendah di akhir suara. Misal, "MMmeeoonnng...". Maka solusinya Anda harus memberikan makanan supaya diam.

Baca: 4 Makanan Yang Baik Untuk Kucing

3. Kucing Kesakitan dan Ada yang Terluka pada Tubuhnya


Kucing yang merasa kesakitan luar biasa akan meraung-raung sebagai tanda meminta pertolongan pada manusia. Sehingga sobat perlu memeriksanya Apakah ada yang terluka di bagian tubuhnya atau tidak. Suara meongan kucing yang kesakitan bernada tinggi dari awal sampai akhir. Artinya dia butuh pertolongan secara cepat.

4. Kucing Merasa Kesepian dan Bosan


Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus

Siapapun kita apabila kesepian pasti akan merasa bosan. Rasanya ingin ditemani oleh seseorang. Begitu juga dengan binatang lucu yang satu ini, ketika kucing ditinggal oleh pemiliknya dia akan mengeong terus sampai ia diperhatikan atau sampai ia merasa kecapean.

Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya sobat membiasakan sejak kecil untuk mengatakan kepada kucing bahwa kita akan pergi bekerja sebentar dan akan kembali setelah ia pulang. Sehingga si kucing pun akan memahami situasi ini. Selain itu buatlah dia senang saat anda pulang bekerja.

Baca: Cara Mudah Membuat Kucing Senang dan Bahagia

5. Kucing Bosan di Dalam Kandang dan Pengin Keluar


Kenapa Kucing Mengeong Terus di dalam kandang

Apabila sobat menjumpai kucing yang mengeong terus di dalam kandang, maka ada dua kemungkinan. Si kucing sedang lapar atau merasa bosan karena terlalu lama di dalam kandang. Ciri ciri kucing yang bosan berada di dalam kandang ia akan terus menerus mengeong sambil mondar-mandir keliling kandang.

6. Kucing Mencari Anaknya


Kenapa Kucing Mengeong Terus Mencari Anaknya

Layaknya manusia, induk kucing akan sangat khawatir dan takut apabila kehilangan anaknya sendiri. Saya sendiri pernah melihat ibu kucing yang mondar-mandir di depan rumah sambil meraung-raung seolah olah sedang panik. Setelah saya telusuri ternyata si induk ini sedang mencari anaknya yang masuk ke dalam parit. Kasihaan...

7. Kucing Merasa Terancam


Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus

Ancaman dari binatang buas juga bisa membuat kucing mengeong keras. Misalnya ada ular besar atau binatang berbahaya lainnya. Ciri-ciri kucing yang terancam biasanya meraung sambil menunjukkan tatapan wajah yang tajam. Seakan-akan siap menyerang apabila musuh mendekat.

8. Kucing Sedang Adaptasi di Lingkungan Barunya


Kenapa Kucing Mengeong Terus

Sebenernya poin yang kedelapan ini jarang terjadi pada kucing. Tapi jika suatu saat anda membeli kucing dan si kucing tersebut mengeluarkan meongan tanpa henti hentinya, bisa jadi kerena ia sedang beradaptasi di lingkungan barunya. So, bersabarlah sampai ia mengenal lingkungan sekitar rumah Anda.

Baca juga: 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Itulah beberapa alasan mengapa kucing mengeong terus. Yang jelas kalian harus pandai-pandai mengatasinya, jangan dipencet dan dimarah-marahi apalagi sampai dilempar dengan benda-benda berbahaya. Sekian..

2 Komentar 8 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus dan Cara Mengatasinya

  1. Apakah kucing hamil juga sering mengeong2,, dan kucing ku setelah pacak sudah selama 5 minggu kok cuma ada tanda muntah 2 hari,,makan lahap,, puting lumayan besar,, tapi perutnya gak kunjung besar, ,mohon info, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikannya, kucing sedang hamil biasanya nafsu makannya menurun, muntah muntah, sering tidur dan kalau soal Meong Meong biasanya sedang birahi kak.

      Seumpama lagi hamil terus meong meong ada beberapa kemungkinan:

      Sedang birahi semu (birahi sementara)

      Sedangkan tidak nyaman mungkin tempatnya kotor lembab.

      Dan sedang akan melahirkan.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top