HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

10 Makanan Kucing Persia yang Bagus dan Menyehatkan

Apa yang biasanya kita pikirkan saat pertama memelihara kucing persia? Ya, biasanya kita langsung memikirkan jenis makanan kucing persia yang bagus untuknya. Bahkan bisa dikatakan sebuah kewajiban untuk memikirkan masalah ini.

Karena asupan makanan untuk kucing Persia sangat menentukan pertumbuhannya. Jenis makanan yang buruk dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, kerusakan jantung, gangguan penglihatan dan degenerasi retina.

Dan sebaliknya, pemberian pakan yang baik dapat menjadikan bulu kucing terlihat sehat tidak mudah rontok, tumbuh secara ideal dan tidak gampang sakit. So, sebagai owner harus pintar-pintar merawat kucing Persia terutama dari segi pemberian asupan makanan sehari hari.

Untuk itu kali ini Hobinatang.com akan membahas daftar makanan kucing persia mulai dari usia 2 bulan ke atas atau ke bawah. Walaupun sebenarnya tema ini sudah banyak bertebaran di internet, tapi disini kami mencoba menyajikan dengan cara yang berbeda. Tentunya lebih lengkap dan mudah dipahami buat pemula.

Makanan Kucing Persia yang Bagus


Makanan Kucing Persia yang Bagus

Makanan kucing yang baik adalah makanan yang kandungan gizinya dibutuhkan oleh tubuh kucing. yaitu mengandung banyak protein, vitamin dan asam amino taurin. Berikut ini kami membagi tiga jenis makanan kucing persia.

Urutan pertama adalah pakan alami, yang kedua makanan kucing persia buatan sendiri dan yang ketiga makanan buatan pabrik.

1. Makanan Kucing Perisa Daging dan Ikan


Makanan Kucing Persia yang Baik

Sebagai hewan karnivora obligat, kucing sangat menyukai daging-dagingan dan ikan-ikanan. Di dalam makanan tersebut terkandung vitamin protein dan asam amino taurin yang bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Menurut para ahli, kekurangan zat asam amino taurin yang banyak dapat mengakibatkan gangguan penglihatan dan serangan jantung buat si kucing. Jadi bisa dikatakan daging merupakan makanan pokok sekaligus makanan favorit bagi kucing persia.

Untuk daging bisa berupa daging ayam, daging bebek dan daging sapi. Kalau ikan bisa berupa ikan tawar maupun ikan laut. Cara pengolahannya ialah merebus daging terlebih dahulu. Lalu cacah hingga halus agar si kucing mudah mengunyahnya. Dan tidak perlu digoreng, sebab minyak goreng kurang baik untuk kesehatan kucing.

2. Keju Cocok untuk Kucing Persia


Makanan untukKucing Persia yang Bagus

Banyak yang sudah memakai keju sebagai makanan tambahan kucing persia. Kandungan kalsium dan vitamin dalam keju mampu membantu pertumbuhan tulang kucing. Namun untuk memberikannya kalian harus mencampurkan dengan bahan lainnya supaya si kucing doyan memakannya. Misalnya dicampur dengan daging atau ikan.

3. Jagung dan Beras


Makanan Kucing Persia yang Bagus

Jagung dan beras  tergolong makanan kucing persia yang alami. Biji bijian seperti jagung dan beras juga bagus sebagai penambah energi si kucing. Akan tetapi kedua makanan tersebut jangan dijadikan makanan pokok atau dikonsumi setiap hari. Sebab bukan termasuk makanan kesukaan kucing. Jika memang tidak doyan, tidak perlu dipaksakan.

4. Makanan Kucing Persia Buatan Sendiri


Makanan Kucing Persia yang Bagus

Selain ketiga makanan di atas, anda juga bisa mengolah makanan kucing sendiri di rumah. Cara seperti ini bisa lebih menghemat biaya (murah) dan tetap ada nilai gizinya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan kucing persia adalah kentang, beras 1 cup, daging ayam dicacah, kacang polong dan kaldu ayam.

Cara membuatnya rebus dulu daging ayamnya sampai matang kemudian dicacah. Kemudian masukkan ayam yang sudah dicacah tadi ke dalam blender. Masukkan juga kacang polong, beras, kentang dan kaldu ayamnya. Terakhir tinggal dikasih air sedikit lalu blender sampai lembut.

Di samping itu Anda juga bisa membuat makanan kering sendiri di rumah. Tutorialnya silakan baca artikel kami sebelumnya yang berjudul, Cara Membuat Makanan Kucing Kering Sendiri Yang Sehat.

5. Royal Canin untuk Persia


makanan kucing persia Royal cannin

Berikutnya adalah makanan buatan pabrik yang instan. Umumnya makanan kucing buatan pabrik seperti Royal Canin dapat dibeli di toko hewan, toko online atau Swalayan terdekat. Untuk jenis makanan instan sendiri dibagi menjadi dua.

Pertama adalah makanan kering dan yang kedua adalah makanan basah atau biasa disebut makanan kaleng. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Makanan kering tidak merusak gigi kucing dan mampu bertahan lama. Disamping itu makanan kering juga mudah dibersihkan jika tercecer di lantai serta harganya sangat murah. Namun sayangnya makanan kering hanya memiliki kandungan air 8 - 10% saja. Jadi perlu minuman tambahan setelah makan.

Baca: Minuman Susu yang Bagus buat Kucing Kampung dan Persia

Sedangkan kelebihan makanan basah adalah mengandung banyak vitamin dan protein. Kandungan air yang tinggi yakni 78% mampu menyehatkan tubuh kucing. Kekurangannya makanan basah lebih susah dibersihkan jika tercecer di lantai dan gampang basi.

Untuk Royal Canin sendiri sudah sangat populer di kalangan pecinta kucing. Merek ini sudah menyesuaikan gizi sesuai kebutuhan kucing. Sehingga ada kemasan khusus untuk ibu hamil, untuk anak kucing persia dan kucing yang menyusui.

6. Whiskas


Makanan kucing persia Whiskas

Produk makanan instan kucing persia merk Whiskas sudah banyak dipasarkan dan diiklankan di televisi maupun media sosial. Di dalamnya mengandung gizi dan protein yang cukup baik untuk kucing kesayangan anda. Namun jika memang tidak cocok dengan produk ini gantilah dengan produk lainnya.

7. Pro Plan


Makanan kucing merk pro plan memiliki harga yang cukup mahal. Orang-orang Eropa banyak yang menggunakan merek ini sebagai pakan utama kucing persia. Ada kemasan wet food (makanan basah) dan dry food (makanan kering). Produk ini juga diyakini mampu mempercepat pertumbuhan kucing anda. Sehingga kucing persia bisa cepat besar dan gemuk.

8. Me-O


Makanan kucing persia Me-o

Kandungan gizi dan nutrisi pada Me-O tidak kalah dengan makanan persia lainnya. Cocok untuk kucing yang memiliki bulu lebat seperti Persia dan Anggora. Menurut beberapa pengakuan konsumen, Me-O juga dapat mencegah kerontokan bulu kucing dan bagus dikonsumsi oleh kucing yang sedang hamil.

9. Makanan Kucing Persia Merk Friskies


Makanan kucing persia friskies

Salah bila anda mencari makanan kucing persia yang harganya murah bisa membeli merk friskies. Jenis pakan ini bisa kalian dapat di supermarket atau tokoh-tokoh hewan terdekat. Biasanya dibandrol sekitar Rp20.000 sampai Rp30.000.

10. Maxi


Maxi salah satu merek makanan kucing yang dapat dibeli dengan harga murah. Meski standartnya biasa tapi kandungan proteinnya cukup banyak yakni 32%. Biasanya dijual seharga Rp15.000/500 gram.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Itulah daftar makanan kucing persia yang bagus dan baik untuk pertumbuhannya. Sebaiknya dalam memberi makan kucing harus dikombinasikan setiap hari agar dia tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Sekian terimakasih. Bagikan ya onty..

0 Komentar 10 Makanan Kucing Persia yang Bagus dan Menyehatkan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top