8 Cara Mengobati Kucing Keracunan Secara Alami AMPUH

Cara mengobati kucing keracunan- kesalahan memberi pakan kucing akan berakibat fatal. Survei membuktikan bahwa hampir 10% kucing mengalami keracunan karena faktor salah makan. Dan penyebab utama mengapa kucing salah makan adalah karena pemiliknya itu sendiri.

Banyak yang kurang perhatian terhadap binatang peliharaannya sendiri. Mereka lupa memberi makan dan dibiarkan kelaparan sehingga kucingnya mencari makanan di alam liar. Akibatnya kucing memakan apa saja yang ia temui, contohnya memakan makanan bekas yang beracun, memakan makanan kadaluarsa atau makan tikus got.

Padahal tikus sendiri tidak bagus buat kucing. Badannya dipenuhi bakteri penyakit berbahaya. Sebagaimana yang sudah pernah kami tuliskan yang berjudul, [Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus]. Jadi tidak menutup kemungkinan kucing keracunan tikus.

Disamping itu kucing yang keracunan bisa juga disebabkan karena keteledoran kita sendiri. Contohnya kita menaruh racun tikus di rumah, niatnya buat membunuh tikus. Namun, yang terjadi malah obat racun tikus dimakan kucing. Dan akhirnya kucing keracunan racun tikus.

Penyebab lain kucing keracunan adalah karena obat obatan kimia seperti insektisida yang termakan atau bahkan parasetamol. So, intinya sobat harus tetap jeli dalam merawat kucing. Jagalah kondisi mereka, pola makan mereka dan kebersihan area yang sering disinggahi kucing. Mau bagaimanapun dia juga makhluk hidup yang cinta bersih dan sehat.

Lalu bagaimana cara mengobati kucing yang sudah terlanjur keracunan?

Di sini hobinatang.com akan memberikan tutorial cara menyembuhkan kucing yang keracunan makanan atau zat-zat kimia hanya dengan bahan alami. Tapi tips yang kami berikan ini hanya sebatas usaha mandiri, apabila setelah lakukan cara-cara ini namun belum berhasil juga, maka silakan lakukan secara medis, bawa ke dokter hewan agar mendapat penanganan intensif.

Ciri-Ciri atau Tanda Tanda Kucing Keracunan


Cara Mengobati Kucing Keracunan Secara Alami

Sebelum ke pembahasan tentu kalian harus tahu dulu mengenai ciri ciri kucing keracunan. Agar memastikan apakah kucing anda benar benar keracunan atau tidak.

  • Muntah muntah
  • Diare
  • Mengeluarkan air liur berlebihan
  • Batuk atau bersin
  • Badan menggigil
  • Kejang kejang
  • Sulit bernafas
  • Pupil membesar
  • Badan kucing melemah atau lemas

Baca juga: 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Itulah setidaknya gejala gejala yang akan timbul jika kucing kamu sedang keracunan. Selanjutnya bagaimana cara mengatasi kucing keracunan:

Cara Mengobati Kucing Keracunan Secara Alami


Cara Mengobati Kucing Keracunan Secara Alami

Menyembuhkan kucing yang terkena racun secara alami terbukti ampuh dan efektif. Minimal bisa menjadi pertolongan pertama pada kucing yang keracunan. Kalau teman teman sudah bisa mengidentifikasi penyebab keracunan bisa langsung memakai 3 cara ini.

1. Kucing Keracunan Makanan


Makanan yang tidak sehat dan tidak cocok bagi pencernaan kucing menyebabkan ia keracunan. Misalnya makanan tikus, cokelat, anggur, daun apel, kismis, jagung,  flax,  rumput panah dan makanan makanan kadaluarsa. Untuk menyembuhkannya berilah si kucing air kelapa atau susu kucing. Bila tidak berhasil bawalah ke dokter hewan. Biasanya dokter akan memberikan air suling atau larutan salin.

Baca juga: 4 Makanan Yang Baik Untuk Kucing

2. Kucing Keracunan Bahan Kimia


Cara Menyembuhkan Kucing Keracunan

Bahan bahan kimia sudah jelas membuat semua makhluk hidup keracunan apabila kemakan atau keminum. Kucing terkadang sulit membedakan antara air susu dengan cairan kimia yang berwarna putih susu. Seperti pestisida, insektisida dan racun tikus. Menyembuhkannya pun lebih sulit, jadi sebaiknya langsung bawa ke dokter dan ceritakan tentang kejadian sebenarnya.

Tapi untuk pertolongan pertama apabila kucing kalian diketahui minum cairan kimia segera berikan air susu serta arang aktif. Namun sebelumnya Anda perlu mencuci bagian kontak tubuh yang terkena racun, sampai racun benar benar hilang.

Tambahan, kalau di dokter hewan biasanya kucing yang memakan bahan kimia akan dipaksa muntah. Jadi jikalau sobat bisa melakukannya di rumah, lakukan saja.

3. Kucing Keracunan Wewangian


Wewangian di sini bisa berupa cairan pembersih lantai, detergent, alkohol, dan kaporit. Sama seperti bahan kimia, cara pengobatannya dengan mencuci dulu kaki yang terkena wewangian lalu memberikan air susu, arang aktif dan putih telur. Mengapa harus air susu? Sebab air susu mengandung zat klorin yang dapat mengikat racun dengan lemak yang terdapat pada susu tersebut.

Itulah tiga cara pengobatan kucing keracunan yang telah terdeteksi racunnya. Lalu bagaimana jika kita belum mengetahui penyebab keracunan pada kucing? Berikut caranya:

4. Pindahkan Kucing Anda ke Tempat yang Lebih Bersih dan Banyak Udara Segar


Poin keempat kalian bisa memindahkan langsung ke tempat yang lebih bersih dan terdapat ventilasi udara segar. Karena kucing membutuhkan udara bagus demi menghilangkan racun-racun yang sudah ia makan dan hirup. Disarankan juga tempat harus steril dari berbagai macam kotoran seperti debu.

5. Mengidentifikasi Penyebab Kucing Keracunan


Cara Mengatasi Kucing Keracunan Dengan Bahan Alami

Andai gejala-gejala keracunan sudah diketahui secara pasti, sesegera mungkin kalian cari tahu penyebabnya supaya bisa lebih mudah mencarikan solusinya. Kalian bisa mencari solusi di internet internet maupun di forum-forum pecinta kucing. Atau bisa langsung dibawa ke dokter dan menyebutkan penyebabnya.

Cobalah teman-teman telusuri aktivitas kucing sebelum keracunan, minuman apa yang ia minum sebelumnya. Di mana dia makan dan jenis pakan apa yang ia makan. Begitulah cara mengidentifikasinya.

6. Membuat Kucing Muntah oleh Ahlinya


Poin ini masih menjadi perdebatan sebagian orang. Ada yang mengatakan kucing yang sakit keracunan tidak boleh dimuntahkan secara paksa, namun ada pula yang menyarankan agar dimuntahkan supaya keluar. Lantas mana yang benar?

Saya sendiri memiliki pandangan boleh memuntahkan kucing. Asal hanya pada keadaan tertentu, contohnya kucing makan obat kimia atau kucing makan benda-benda yang tajam. Dan itu pun sebaiknya dilakukan oleh ahlinya bukan sembarang orang. Untuk memuntahkan kucing, lakukan secepat mungkin, paling lama 2 jam setelah keracunan. Karena jika sudah lebih dari 2 jam, racun tersebut sudah tercerna.

7. Memberi Air Susu,  Air Kelapa dan Kuning Telur


Susu yang kandungan lemaknya tinggi sangat kami anjurkan. Sebab air susu tersebut bisa menetralisir racun. Berikan sebanyak mungkin paling tidak 100 ml. Selain susu, anda bisa memberinya tambahan air kelapa yang mana manfaat air kelapa juga dapat menetralisir racun. Begitu juga dengan kuning telur. Kuning telur bisa menyembuhkan racun yang berjenis asam maupun basa.

8. Memberi Arang Aktif pada Kucing Keracunan


Arang aktif atau disebut juga karbon aktif mampu mengurangi penyerapan racun ke dalam usus kucing. Arang aktif ini bisa anda dapatkan di apotik, biasanya bermerek norit. Cara pemberiannya dengan melarutkan arang aktif bubuk sebanyak 1 gram per 2,5 kg dari berat si empus ke dalam air kelapa. Aduk dan minumkan ke kucing menggunakan pipet atau dot. Lakukan hal itu selama 3-5 hari. Dosisnya per 6-8 jam sekali.

Note: bila kucing anda keracunannya parah sebaiknya bawa saja ke dokter.

Itulah langkah-langkah pertama dalam mengobati kucing keracunan yang alami dan efektif. Silakan mencoba di rumah dan semoga kucing anda segera sembuh. Kami sarankan jauhkan benda benda kimia dan berbahaya dari jangkauan kucing. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Terimakasih. 

0 Komentar 8 Cara Mengobati Kucing Keracunan Secara Alami AMPUH

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top