Cara Mengobati Sakit Mata dan Katarak Pada Sugar Glider [Ampuh]

Mengobati sakit mata atau katarak pada sugar glider cukup dibilang sulit. Di samping itu jenis penyakit ini juga tergolong berbahaya, sebab apabila tidak segera diatasi bisa menyebabkan sugar glider buta. Jadi, jika ada teman teman di sini yang memiliki hewan peliharaan sugar glider sedang sakit mata, harus cepat cepat dicarikan solusinya.

Adapun macam macam sakit mata pada sugar glider sendiri ada banyak sekali. Dan salah satu penyakit mata sugar glider yang paling bahaya adalah katarak. Meskipun ada jenis penyakit mata lainnya seperti belekan, tapi tetap saja kataraklah yang paling bahaya.

Sehingga di pembahasan ini hobinatang.com membagi menjadi dua penjelasan. Pertama cara mengatasi sugar glider sakit mata secara umum. Kedua, cara mengatasi katarak pada sugar glider. Karena untuk penyakit katarak harus mendapatkan pengobatan yang intensif dan maksimal.

Ciri ciri sugar glider yang terserang sakit mata atau katarak adalah munculnya bercak putih pada bagian matanya. Penyebab umumnya karena terkena sinar matahari langsung dan debu atau virus lainnya sehingga menyebabkan munculnya belek, sakit mata biasa hingga terjadi katarak. Mengobati sakit mata sugar glider terdapat tips tersendiri. Begitu juga pada katarak. Simak ulasan berikut.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Sugar Glider


Cara Mengobati Sakit Mata pada Sugar Glider
By: sugar glider galleria UUM

Yang pertama adalah bagaimana cara mengatasi sugar glider yang terkena sakit mata secara umum. Mengobati sakit mata pada sugar glider bisa anda lakukan sendiri di rumah. Namun apabila sulit dan masih ragu silakan bawa sugar glider anda ke dokter hewan. Berikut langkah langkahnya:

1. Membersihkan Kotoran Mata Sugar Glider


Cara pertama, bila sakit mata sugar glider berupa belek maka bersihkan menggunaka tisu kering yang bersih. Lalu basahi dengan air hangat, boleh dicampur cairan dettol. Bila sudah siap, gunakan tisu tersebut hanya untuk membersihkan area mata sugar glider bukan di dalam mata ya. Serta hanya untuk mengangkat kotoran beleknya saja.

2. Memperhatikan Asupan Makanan pada Sugar Glider


Sama halnya saat mengobati kaki sugar glider ketika bengkak. Yaitu kalian harus memperhatikan asupan pakannya. Sugar glider yang sedang sakit mata dilarang memakan jangkrik, ulat hongkong dan serangga lainnya. Sebab di dalamnya mengandung banyak protein. Sedangkan protein sangat tidak diperbolehkan dimakan oleh sugar glider yang terserang sakit mata.

Baca juga: 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

So, silakan diberi buah buahan saja seperti pepaya, kelengkeng, atau yang tidak mengandung protein. Di samping itu sobat juga bisa memberinya obat tambahan seperti madu asli untuk menguatkan sistem imun tubuh sugar gelider kesayangan anda. Lakukan 3 cara di atas selama beberapa minggu, bila belum ada perkembangan apapun silakan dirujuk ke dokter hewan terdekat.

3. Memisahkan Sugar Glider yang Sakit Mata


Cara ketiga adalah memisahkan sugar glider antara yang sakit mata dengan yang sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan belek atau sakit mata jenis lainnya kepada sugar glider yang sehat. Makanya kami sarankan agar memisahkan mereka sementara waktu.

Namun mengingat sugar glider sangat mudah stres apabila kesepian dan tidak punya teman di dalam kandangnya. Maka sebaiknya jika sudah sembuh, langsung dicampurkan lagi dengan temannya. Baca: Cara Mengatasi Sugar Glider Stres Beserta Ciri Ciri dan Penyebabnya

4. Mengobati Sakit Mata Sugar Glider sampai Bengkak


Ada juga kasus sugar glider yang sakit mata sampai bengkak. Tapi ini bukan katarak. Biasanya jenis ini disebabkan karena kena cakar pasangannya.

Cara perawatan dan pengobatannya, diberi obat tetes mata Cendo Fenicol. Tapi yang stikernya berwarna hijau kebiruan. Bukan yang kuning. Diberikan maksimal 2 pekan. Dalam sehari dikasih 2 tetes, pagi dan malam. Lalu diberi madu. Madu sangat bagus buat kondisi sugar glider yang sakit maupun sehat.

Nah itulah poin-poin utama cara mengobati sugar glider yang terkena sakit mata telepon atau jenis lainnya. Selanjutnya kita akan menyimak bersama-sama cara mengatasi katarak sugar glider di bawah ini.

Cata Mengobati Katarak Pada Sugar Glider


Cara Mengobati Katarak pada Sugar Glider

Poin ini kami tuliskan khusus penyakit katarak. Sebab sakit mata dan katarak itu berbeda. Nah, cara mengobati katarak yang menimpa pada sugar glider sebenarnya sangat mudah. Anda cukup memberikan buah buahan rendah lemak pada sugar glider secara rutin selama beberapa minggu. Buah buahan rendah lemak bisa didapat dari buah pepaya, kelengkeng dan pisang.

Selain itu, berikan obat alami seperti madu asli untuk menguatkan sistem imun tubuh si suggy. Bila sobat menginginkan sugar glidernya sembuh dari katarak dengan cepat, segera bawa ke dokter hewan. Justru hal itu jauh lebih baik supaya kataraknya tidak semakin parah. Bila sudah parah, maka penyembuhannya semakin sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.

Baca juga: Efek Buruk Sugar Glider yang Kegemukan atau Obesitas

Begitulah langkah langkah cara mengobati sakit mata dan katarak pada sugar glider yang dapat kami rangkum di sini. Silakan dipraktekan di rumah dan perbanyak doa untuk kesembuhan sugar glider anda. Semoga tips dari kami ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

0 Komentar Cara Mengobati Sakit Mata dan Katarak Pada Sugar Glider [Ampuh]

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top