HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing Berdasarkan Pengalaman

Sampai hari ini permasalahan boleh atau tidaknya memakai shampo manusia untuk kucing masih menjadi perdebatan tanpa ujung di antara cat lovers. Sehingga membuat hobinatang.com harus turun tangan dan membahasnya secara khusus di tulisan ini.

Yang masih menjadi pertanyaan besar bagi para pemula adalah, "Bolehkah memakai sampo manusia untuk memandikan kucing? Jika boleh, kira kira shampo manusia yang cocok untuk kucing itu merek apa?"

Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing

Baiklah sebelum kami mengutarakan sebuah pendapat terlebih dulu saya akan menampilkan beberapa jawaban dari teman-teman di forum-forum Facebook maupun forum-forum situs mengenai pertanyaan di atas. Supaya teman-teman bisa menimbang sendiri pendapat mana yang paling benar dan tepat.

"Mandikan kucing dengan shampoo manusia bisa saja. Asal tidak terlalu keseringan dan jangan terlalu banyak ngasihnya, nanti takutnya malah rontok. But, tetap disarankan membeli shampo khusus kucing murah harganya paling Rp25000 sampai Rp35.000" (Arif Ramdani)
"Saya kurang begitu tahu apakah boleh atau tidak, akan tetapi tetangga saya itu pernah memakai shampo manusia untuk memandikan kucing, tapi yang dia pakai sampo bayi. Dan sepertinya aman-aman saja. yang penting sedikit saja, jangan banyak banyak supaya lebih aman." (Zaid Oge Suka Kucing)
"Sebaiknya jangan pernah coba-coba memberi shampo manusia pada kucing. Takutnya tidak cocok dan bulunya rontok. Malah lebih parah lagi kalau nanti kulitnya alergi. Apa nggak kasian tuh sama kucingnya? Tapi terserah kamu sih karena setiap kucing beda-beda. Saya juga tidak tahu apa kucing kalian termasuk yang kebal atau yang sensitif" (Melly Lampung)
"Saya sih ok ok saja, karena tidak semua pencinta kucing itu tinggal di kota yang dekat dengan Pet Shop. Jadi untuk mendapatkan shampo khusus kucing itu sulit. Walaupun demikian saya tetap menyarankan untuk memakai shampo bayi supaya lebih aman. Salam damai dari pecinta kucing Solo." (Latiefah)
"Memakai sampo manusia itu boleh-boleh saja, tapi perhatikan ph atau kadar keasamannya serta kadar zat kimia yang terkandung di dalamnya. Dan itupun harus dalam keadaan terpaksa, jika tidak terpaksa gunakan shampo khusus kucing saja ya. Karena kulit kucing sama sensitifnya seperti bayi dan juga jangan pernah menganggap busa yang banyak lebih baik, justru itu akan memperkeruh keadaan." (Admin menubaca.com)

Itulah beberapa pendapat berhasil kami rangkum di sini. Lalu Bagaimana pendapat saya sendiri terkait shampo manusia yang bagus untuk kucing?

Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing


Pertama saya katakan bahwa sampo manusia itu tidak ada yang bagus untuk kucing. Sebab bahan dari shampo manusia dan shampo kucing itu berbeda. Tapi kalau masalah cocok atau tidaknya mungkin ada beberapa sampo manusia yang cocok buat kucing.

Saya juga sependapat dengan salah satu komentar saudara Latefah di atas bahwa memang adakalanya kita jauh dari Pet Shop yang itu membuat kita terpaksa memakai shampo manusia. Tapi apakah teman lupa bahwasanya hari ini kita berada di era digital yang mana bisa memesan shampo khusus kucing melalui online?

Oke mungkin teman-teman ada yang malas atau memang berada di pelosok sekali sehingga jasa pengiriman online itu tidak sampai ke kampungnya. Maka saya katakan, Ya silahkan saja memakai shampo manusia yang penting jangan shampo yang memiliki banyak zat-zat kimia, misalnya sampo dewasa merek Clear, Rejoice, Sunslik dan lain sebagainya. Shampoo shampoo tersebut bahaya buat kesehatan bulu dan kulit empus. Apalagi kucing ras kayak anggora dan persia, tambah bahaya lagi.

Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing
www.johnsonsbaby.com

Adapun dari segi merek, saya menyarankan teman-teman agar memakai shampo bayi merk Johnson & Johnson's. Karena menurut pengalaman, sampo tersebut sangat aman dan tidak bahaya buat kucing. Kemudian kami sarankan juga agar teman-teman yang berada di kampung halaman jauh dari petshop untuk membawa bekal dari kota atau paling tidak meminimalisir kucing agar tidak kotor terlalu parah.

Sebab sebenarnya kucing yang tidak terlalu kotor tidak perlu dimandikan. Jangan khawatir dia sudah bisa mandi sendiri (self grooming) dengan cara menjilat-jilat dengan lidah kasarnya pada bulunya. Itulah mengapa kucing disebut sebagai binatang yang menyukai kebersihan. Oh ya, kalau terpaksa dimandikan gunakan shampo manusia sedikit saja.

Baik itulah sampo manusia cocok untuk kucing. Bagi teman-teman yang belum tahu cara bagaimana memandikan kucing Silahkan baca baca Artikel kami sebelumnya berjudul,


Sekian dari kami terima kasih. Silahkan komentar tentang pengalaman aunty dalam memandikan kucing. :)

0 Komentar Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing Berdasarkan Pengalaman

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top