HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

6 Penyebab Klinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Hai juragan. Di sore yang cerah ini admin hobinatang.com akan membahas tentang beberapa permasalahan yang sering dialami oleh para komunitas pecinta kelinci di Indonesia. Yaitu mengenai kelinci tidak mau makan, lemas dan terus diam di dalam kandang.

Berbicara tentang kelinci yang tidak mau makan, saya rasa kasus semacam ini bukan hanya dialami oleh pemelihara kelinci saja. Namun juga pernah dialami oleh  pencinta binatang peliharaan lainnya.

Memang situasi seperti ini membuat pemiliknya panik dan khawatir. Karena yang sebelumnya kelinci kita terlihat sangat ceria, agresif dan sehat. Namun tiba-tiba mereka menjadi lemas dan tidak mau makan meskipun makanan favoritnya. Jelas, ada rasa khawatir. Takut kalau terjadi sesuatu pada hewan kesayangan kita.

Untuk itu penting buat teman-teman  mengetahui penyebab penyebab kelinci tidak mau makan beserta bagaimana cara mengatasinya. Supaya kalian tidak khawatir terhadap situasi yang dialami kelinci kita. Di samping itu kita jadi tidak kebingungan dalam mengatasi kasus semacam ini.

Di bawah ini tim ahli hobinatang.com sudah mengulas secara detail terkait penyebab dan cara menangani kelinci yang tidak mau makan, terlihat lemas, dan tidak banyak gerak. Ok, simak baik baik.

Penyebab dan Cara Mengatasi Klinci Tidak Mau Makan


Dengan mengetahui penyebab kelinci mogok makan, jadi bisa lebih mudah mencarikan solusinya.

1. Kelinci Sedang Stres dan Depresi


Penyebab Klinci Tidak Mau Makan

Penyebab pertama mengapa kelinci tidak mau makan adalah karena stres. Sedangkan stres sendiri merupakan suatu tekanan mental yang dapat merubah kebiasaan hewan. Kelinci memang mudah stress. Dia bisa stres jika adanya kegagalan untuk memenuhi kebutuhannya.

Kelinci yang sedang stres tentu mengalami penurunan nafsu makan. Merasa depresi dan murung di dalam kandang. Bahkan efeknya bisa lebih parah dari itu. Apabila stress dialami oleh induk kelinci, dia bisa memakan anaknya sendiri yang baru lahir. Sikapnya berubah menjadi kanibal.

Untuk itu sebaiknya jaga selalu kelinci Anda agar pikirannya selalu senang dan tenang. Penuhi kebutuhan sehari-harinya, jangan melulu dikurung di dalam kandang agar tidak tertekan.

Adapun cara mengatasi kelinci tidak mau makan akibat stres, pertama kalian harus menstabilkan emosional. Ajaklah kelinci anda bermain. Kemudian berikan makanan favoritnya. Atau berikan makanan yang biasa tidak dimakan olehnya. Bila biasanya makan pelet, cobalah sesekali diberi rumput rumputan.

Baca juga: 8 Jenis Rumput Pakan Kelinci yang Bagus Beserta Gambarnya

2. Kelinci Bosan Dengan Menu Pakannya


Penyebab dan Cara Mengatasi Klinci Tidak Mau Makan

Ada saatnya dimana seekor hewan terhadap di puncak kebosanan. Bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja bisa jadi menjadi salah satu sebab mengapa kelinci mogok makan. Kalau kasusnya seperti ini mengatasinya cukup mudah. Kalian tinggal mengganti jenis pakan yang lain. Jika masih tetap tidak mau makan berarti bukan ini sebabnya.

3. Kelinci Sedang Hamil Tua


Penyebab dan Cara Mengatasi Klinci Tidak Mau Makan

Kelinci yang sedang hamil tua akan mengalami perubahan hormonal yang membuatnya gelisah. Terlebih lagi ia sudah mendekati dengan kelahiran anaknya sehingga rasa mood untuk makan semakin berkurang. Maka cara mengatasinya dengan melumatkan makanannya hingga lembut lalu disuapkan ke kelinci anda.

4. Kelinci Terkena Scabies


Penyebab dan Cara Mengatasi Klinci Tidak Mau Makan

Ada beberapa macam penyakit yang menyerang kelinci dan membuat nafsu makannya turun. Salah satunya adalah penyakit virus scabies. Virus yang sangat mengganggu ini, membuat kelinci malas gerak dan malas untuk makan. Untuk mengobatinya anda harus membeli obat antivirus atau antibiotik agar scabiesnya sembuh terlebih dahulu. Jika sudah sembuh lama kelamaan nafsu makannya meningkat lagi.

5. Diare Pada Kelinci


Penyebab Klinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Masih berkaitan dengan penyakit. Penyebab kelima karena kelinci diare. Diare berawal dari makanan yang tidak steril, mengandung banyak bakteri. Umumnya makanan terkontaminasi melalui kandang yang kotor sehingga bakteri dari kandang tersebut masuk ke sistem pencernaan kelinci. Hingga akhirnya menceret.

Apabila sudah terkena diare dan tidak segera disembuhkan maka akan mengganggu sistem imun tubuh kelinci serta membuat nafsu makannya turun drastis. Cara mengatasinya dengan memberi obat antibiotik sampai si kelinci sembuh. Setelah itu nafsu makannya kembali normal.

Baca juga: 13 Jenis Penyakit Kelinci dan Obatnya

6. Kelinci Mengalami Kembung


Penyebab Klinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Kelinci sangat rentan dengan perut kembung. Terutama kelinci yang berusia 3 bulan ke bawah. Penyebab utamanya adalah terlalu banyak memakan sayuran seperti kangkung, kubis dan kol. Simak: Makanan Kelinci Khusus Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Sebab makanan tersebut mengandung gas berlebih sehingga membuat perut kelinci kembung dan jadi malas makan. Solusinya adalah kurangi sayuran dan makanan padat. Dan beri pakan berupa rumput khusus kelinci serta pijat ringan bagian perutnya untuk mengurangi kembung.

Itulah 6 penyebab dan cara mengatasi kelinci tidak mau makan dan kurang bergairah alias lemas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang baru pemula memelihara kelinci. Tetap berikan perawatan yang baik pada kelinci Anda. Terimakasih

0 Komentar 6 Penyebab Klinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top