HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

8 Persiapan Sebelum Memelihara Kelinci Yang Wajib Diketahui Pemula

Persiapan sebelum memelihara kelinci- Dengan ciri ciri yang dimiliki kelinci serta banyaknya manfaat yang ada pada kelinci membuat masyarakat banyak yang tertarik memelihara kelinci di rumahnya. Selain fisiknya yang cantik dan bulunya yang lembut, kelinci juga bisa dimanfaatkan dagingnya. Jenis ini disebut sebagai kelinci pedaging.

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Pertumbuhan minat masyarakat yang cepat ini merupakan kabar gembira bagi para peternak kelinci. Akan tetapi di sisi lain bisa juga berdampak buruk bagi kelinci itu sendiri. Mungkin tingkat kematian kelinci akan semakin tinggi. Akibat banyaknya penghobi musiman yang ikut ikutan merawat kelinci di rumahnya.

Makanya saya katakan, "Semua akan sia sia apabila minat masyarakat yang besar namun tidak dibarengi pengetahuan yang luas terkait panduan perawatan kelinci. Dampaknya kelinci yang dipelihara mudah mati dan mudah terkena penyakit".

Menimbang permasalahan yang ada sekarang (maraknya penghobi musiman), membuat salah satu admin hobinatang.com di sini tergerak untuk membahas tentang persiapan apa saja yang harus diketahui oleh pemula sebelum memelihara kelinci. Berikut ini panduan lengkap sebelum merawat kelinci di rumah.

Persiapan Sebelum Memelihara Kelinci


Persiapan Sebelum Memelihara Kelinci

Insyaallah, dengan membaca artikel ini. Teman teman jadi bisa mempersiapkan kebutuhan kebutuhan yang harus disiapkan sebelum memelihara kelinci. Sehingga tingkat kegagalannya dapat berkurang.

1. Memperbanyak Pengetahuan Tentang Kelinci


Bagi pemula wajib mencari informasi terlebih dahulu mengenai bagaimana cara memelihara kelinci yang baik dan benar. Kalian dapat mencarinya melalui internet, buku atau bisa bertanya langsung pada master yang berpengalaman.

Bacalah secara seksama mengenai tata cara merawat kelinci. Untuk para pemula tidak salahnya membaca dari blog blog seperti hobinatang.com ataupun lainnya. Kami sendiri pernah menulis, 7 cara memelihara kelinci yang baik untuk pemula. Di sana sudah dijelaskan dengan lengkap. Mulai dari makanan kelinci sampai memandikan kelinci.

2. Memelihara Jangan Langsung Banyak


Buat yang baru awal ingin memelihara kelinci, sebisa mungkin jangan langsung membeli kelinci dengan jumlah banyak dan jangan pula hanya seekor saja. Jadi peliharalah kelinci minimal sepasang. Sebab kelinci merupakan hewan yang mudah bersosialisasi dan nyaman hidup secara bersamaan.

3. Siapkan Kandang yang Layak


Kandang merupakan poin penting yang harus anda sediakan sebelum memelihara kelinci. Sediakan kandang yang memadai dan sediakan pula kandang khusus untuk kelinci hamil dan menyusui. Perlu diingat, jika kelinci anda hamil jangan disatukan dengan kelinci yang tidak hamil. Jikalau terpaksa maka buatlah kandang yang luas, terbuka dan alasnya hanya berupa tanah.

Baca: Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Mudah dan Murah

4. Bergabung Dengan Komunitas Pencinta Kelinci


Agar anda mendapat informasi yang lebih relevan, cobalah bergabung dengan komunitas pecinta kelinci di daerah rumah anda. Di sana anda akan mendapatkan berbagai saran dan solusi dari mereka yang akan menambah wawasan anda. Bahkan hari ini sudah banyak teman teman yang membuat grup komunitas pencinta kelinci di sosial media seperti facebook. Silahkan Anda cari sendiri.

5. Jangan Malu Bertanya Tentang Masalah Kelinci


Pada saat anda bergabung dengan para master, aktiflah bertanya mengenai kelinci yang anda pelihara. Apalagi saat kelinci anda sakit atau ada hal hal yang harus anda ketahui mengenai fesesnya yang berubah rubah. Karena feses kelinci menjadi indikator utama bagi kesehatan kelinci.

6. Mengetahui Jenis Pakan yang Baik untuk Kelinci


Calon pemilik kelinci wajib tahu jenis jenis makanan kelinci. Sebab makanan menjadi prioritas utama bagi kehidupan kelinci anda. Berhubung kelinci menyukai rumput jadi sobat harus mengetahui jenis rumput yang cocok buat kelinci.

7. Mengenal Jenis Penyakit Kelinci


Pepatah mengatakan, "Sedia Payung Sebelum Hujan". Barangkali pepatah ini sangat cocok diberikan pada anda yang ingin membeli kelinci. Dengan mengenal macam macam penyakit kelinci, mungkin anda tidak akan panik jika suatu saat kelinci anda terserang penyakit. Kami sendiri sudah merangkum 13 jenis penyakit kelinci dan obatnya. Silahkan dipelajari

8. Memperhatikan Daerah Lingkungan


Dalam memelihara kelinci anda harus memperhatikan cuaca daerah rumah anda juga keadaan lingkung Anda. Perhatikan dengan baik suhu dan kelembabannya. Lalu, luas tanah yang ingin digunakan sebagai kandang kelinci. Air bersih juga harus diperhatikan. Terakhir ketersediaan rumput dan keberadaan toko hewan terdekat.

Kami cukupkan sampai di sini pembahasan persiapan sebelum memelihara kelinci yang harus diketahui oleh pemula. Terimakasih

0 Komentar 8 Persiapan Sebelum Memelihara Kelinci Yang Wajib Diketahui Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top