HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat Sugar Glider yang Sakit Dengan Baik dan Benar

Sebelumnya hobinatang.com sudah menulis ciri-ciri dan cara mengatasi sugar glider stres. Maka di kesempatan kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat sugar glider yang sakit.

Terkadang kita terlalu panik apabila mendapati sugar glidernya sakit. Saking paniknya, jadi bingung harus melakukan apa. Perlu diketahui bahwa binatang peliharaan yang sedang sakit sangat membutuhkan penanganan khusus. Supaya dia cepat sembuh atau minimal penyakitnya tidak menular ke binatang peliharaan lainnya.

Sama halnya dengan sugar glider, ada beberapa langkah penting yang harus kalian perhatikan dalam merawat sugar glider saat terkena penyakit. Baik penyakit dalam maupun penyakit luar.

Cara Merawat Sugar Glider Sakit


Cara Merawat Sugar Glider Sakit

Sebelum membahas perawatan sugar glider sakit, pastikan dulu anda yakin bahwa SG nya sedang tidak sehat. Terus tetap tenang, jangan panik. Bila sudah yakin dengan semuanya, selanjutnya ikuti poin poin ini:

1. Mengetahui Penyebab dan Jenis Penyakitnya


Pertama yang harus kalian lakukan adalah mengetahui penyebab sugar glider sakit. Fungsinya untuk mengetahui jenis penyakit yang menimpa SG anda. Untuk melihat penyebabnya kalian dapat melihat ciri-cirinya. Biasanya sugar glider yang sakit  terlihat lemas, ada gangguan pencernaan, mencret atau ada luka pada bagian fisiknya seperti bengkak, mata berair dan lain lain.

Kalau masih bingung, baca saja artikel ini: Jenis penyakit pada sugar glider dan pengobatannya

2. Memisahkan Dengan Sugar Glider Lainnya


Apabila kalian memiliki lebih dari satu sugar glider, sebaiknya anda segera memisahkan kandang atau mengkarantina sugar glider yang lagi sakit dari teman-temannya. Jangan ditempatkan di satu kandang bersama SG yang sehat. Karena bisa menular dan bisa memperparah kondisi. Biasanya yang bisa menular semacam penyakit jamur, diare dan lain lain.

3. Bersihkan Kandang Sugar Glider


Survey membuktikan, penyebab yang paling umum kenapa sugar glider sakit adalah karena kandang sugar glider tidak terawat. Kondisi kandang yang kotor, banyak sisa makanan yang tidak dibuang dan banyak kotoran yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri penyakit berbahaya.

Makanya penting bagi kalian membersihkan kandang minimal 1 kali dalam sepekan. Membuang sisa makanan dan kotoran secara rutin. Hal ini untuk mencegah supaya penyakitnya tidak semakin parah.

4. Berikan Obat dan Vitamin


Berikan obat, vitamin atau madu yang bisa menyembuhkan penyakit sugar glider anda. Namun tentunya setiap jenis penyakit memiliki cara penanganan yang berbeda, oleh sebab itu penting bagi kalian membaca jenis penyakit sugar glider dan cara mengobatinya.

5. Berikan Makanan Non Protein


Poin 5 juga harus diperhatikan, terutama jika sugar glider anda terkena penyakit semacam abses, penyakit mata, diare dan lain lain. Hindari makanan yang mengandung protein tinggi seperti ulat hongkong, jangkrik, bubur bayi dan serangga serangga lainnya. Tambahkan porsi buah buahan. Ada pepaya dan pisang.

6. Lakukan Diet yang Tepat pada Sugar Glider


Kalau sugar glider anda obesitas, maka wajar jika mudah terserang penyakit. Kegemukan pada sugar glider memang kurang bagus, dapat menimbulkan kegagalan pada jantung dan organ dalam lainnya. Baca: Efek Buruk Sugar Glider yang Kegemukan atau Obesitas

7. Merawat Sugar Glider yang Mencret


Pembahasan ini sudah ditulis secara khusus di artikel,
[cara mengobati sugar glider mencret disertai penyebab dan pencegahannya]. Pada intinya jaga kebersihan kandang anda. Beri makanan yang bersih dan higienis.

Baiklah kami cukupkan pembahasan kali ini terkait merawat sugar glider yang sakit. Yang paling penting anda tidak usah terlalu panik, karena kepanikan malah membuat anda juga ikut stres. Sekian terimakasih. 

0 Komentar Cara Merawat Sugar Glider yang Sakit Dengan Baik dan Benar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top