Cara memelihara musang– Dulu (di kampung) musang dianggap sebagai hama yang harus dimusnahkan, karena dia sering memangsa ayam di kampung atau hewan ternak lainnya. Tapi semakin hari binatang musang semakin banyak digemari oleh para penghobinya. Sebab selain bisa dijadikan sebagai produksi kopi luwak ternyata musang juga sangat bersahabat untuk dipelihara. Menurut mereka musang adalah yang bisa mendatangkan banyak manfaat, unik, pinter dan lucu. Dia juga mudah dirawat dan dipelihara oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Meskipun musang tergolong binatang yang mudah dipelihara, tapi tetap saja kalian harus tahu bagaimana cara merawat musang yang baik dan benar. Sebab, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pemula adalah dia membeli musang yang masih anakan atau dewasa namun tidak mempedulikan tips memelihara musang dengan benar. Sehingga musangnya kurang terawat dan akhirnya terserang penyakit lalu mati. Sangat-sangat tidak menarik bukan?

Nah, oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan berbagi tutorial perawatan musang yang diberi judul “Cara Memelihara Musang Agar Sehat” panduan ini berlaku untuk semua jenis musang baik musang pandan, musang rase, musang akar atau jenis musang lainnya. Baiklah langsung saja berikut langkah-langkah memelihara musang bagi pemula:

Cara Memelihara Musang yang Baik dan Benar

Di bawah ini panduan lengkap cara memelihara musang yang kami tulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami pemula:

1. Mengetahui Lebih dalam Tentang Musang

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula
Gambar: Grup Musang Lover Indonesia

Sebelum sobat membeli atau merawat musang alangkah baiknya kalian ketahui dulu seluk beluk tentang binatang musang. Mulai dari jenis-jenis musang, sifat atau karakter musang dan lain sebagainya.

Musang adalah hewan mamalia dari keluarga karnivora (pemakan daging), namun bagi kami musang adalah hewan omnivora (pemakan segalanya) sebab ia juga bisa memakan buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Adapun jenis-jenis musang ada banyak sekali, tapi yang paling populer adalah jenis musang luwak seperti musang pandan dan musang akar.

Hewan musang sendiri bersifat nokturnal sama seperti sugar glider. Artinya dia lebih banyak aktif di malam hari dibandingkan pada siang hari. Tapi hal itu bukan berarti musang tidak bisa diajak main di siang hari, karena kebanyakan pecinta musang malah sering bermain bersama musang di pagi atau siang hari dari pada malam hari.

Selain itu musang juga termasuk hewan penyayang yang tidak suka dengan yang namanya kesepian. Jadi buat sobat yang memiliki banyak kesibukan dan tidak ada waktu bermain bersama hewan peliharaannya, sebaiknya jangan memelihara musang. Karena justru akan membuatnya selalu kesepian dan tersiksa. Jika sudah seperti itu, musang jadi galak dan susah dijinakkan.

Baca: cara menjinakkan musang liar dengan cepat dan mudah

2. Menyediakan Tempat Tinggal yang Nyaman untuk Musang

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula
Gambar: Grup Musang Lover Indonesia

Setelah sobat mengetahui latar belakang tentang musang, selanjutnya sobat harus membelikan kandang untuk musang di pet shop terdekat atau bisa membuatnya sendiri, tapi usahakan memilih kandang yang bagus. Seperti apa kandang yang baik untuk musang?

Kandang yang bagus untuk musang adalah yang bisa membuatnya merasa nyaman saat istirahat. Jadi jangan membeli atau membuat kandang yang terlalu sempit, jangan ditempatkan di ruangan yang suhunya tidak stabil (terlalu panas dan dingin) dan jauhkan dari keramaian, bising atau banyak polusi. Bila ketiga syarat diatas terpenuhi, dijamin Musang anda akan senang.

Yang terpenting kalian harus rutin mencuci kandang, mencuci tempat makan dan membersihkan tempat minumnya minimal dua minggu sekali. Hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri penyakit yang berkembang di dalam kandang.

3. Sering Berintraksi dan Bermain Dengan Musang

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula
Gambar: Grup Musang Lover Indonesia

Cara memelihara musang selanjutnya ialah sering mengajaknya bermain. Belailah bulunya secara perlahan-lahan, ajak dia bermain di tengah lapangan dan kalau menggigit jangan takut. Karena semakin sering diajak main maka akan semakin cepat jinak atau malah bonding.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa musang adalah binatang yang benci dengan kesepian, kalau jarang diajak bermain dia bisa bosan dan lupa sama pemiliknya. Dan musang yang sudah jinak dan bonding pun kalau jarang ditemani bisa berubah menjadi galak. So, jadilah pemelihara musang yang profesional, menerima resiko apa adanya.

4. Memberi Makanan Musang

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula
Gambar: Grup Musang Lover Indonesia

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makan dan minum, begitu juga dengan musang. Makanan adalah sumber kehidupan baginya, ia tidak bisa hidup tanpa makanan. Secara garis besar makanan musang hampir mirip seperti makanan sugar glider, hanya saja musang bisa memakan daging sedangkan sugar glider tidak. Untuk pembahasan ini sangatlah panjang, jadi silahkan baca saja artikel di bawah ini:

5. Memandikan Musang

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula
Foto by Seftian Pratama

Siapa sih yang tidak ingin binatang peliharaannya harum, bersih dan wangi? Yups jika ingin musang sobat bersih maka sobat harus memperhatikan cara memelihara musang yang kelima ini. Dan kebetulan pembahasan ini sangat panjang, sehingga kami pun menuliskannya di tema tersendiri. Silahkan baca: cara memandikan musang yang baik menurut para ahli.

6. Menjaga Kesehatan Musang

Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula
Gambar: Grup Musang Lover Indonesia

Tips terakhir memelihara musang yang baik untuk pemula adalah menjaga kesehatannya dengan memberi vitamin tambahan yang bisa kalian beli di toko hewan. Dan yang paling penting, jangan sampai musang sobat mengalami obesitas atau kegemukan karena hal itu bisa membuat kematian mendadak karena serangan jantung.

Demikianlah tutorial lengkap cara memelihara musang yang baik dan benar. Buat teman-teman yang memiliki musang yang masih anakan atau yang masih berumur 2 bulan atau 3 bulan, disarankan untuk membaca artikel kami cara merawat anak musang baru lahir sampai umur 2 bulan. Baiklah terima kasih semoga tulisan ini bermanfaat buat para musang Lovers Indonesia. (salam wangi). Bagi yang mau copy paste, sertakan sumbernya. DMCA protected.

8 responses to “6 Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Kalo milih musang yang sehat tuh gimana ya gan?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Yang pasti tidak ditemukan tanda tanda penyakit musang yang pernah kami tulis. Lalu nafsu makannnya tidak bermasalah, gerakannya aktif tidak lemas, matanya sehat tidak katarak, fisiknya cacat tidak jamuran

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Terimakasih atas saran yg diberikan kemaren, tapi telat dah.
    Belum sempat dikasih minum, musangnya keburu mati… Pagi itu dibawa ke dr hewan, disuntik 2X. Sorenya, musangnya menjerit 1 kali, terus kejang2… Kasih minum air dan dielus2 lehernya, gak mempan dan akhirnya mati dlm topangan tlapak tangan.
    Akhirnya dibungkus & kubur depan rumah. Sedih banget…..kehilangan Khitty.
    Salam wangiiii…… Thx.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ikut sedih Kak :'(

      Gak papa, jadi pelajaran kedepannya. Rencana mau plihara lagi gak?

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    Thx,
    Mau..tapi gak tau cari di mana? Itupun dapat, jatuh dari genteng.
    Sekali lagi thx musanglover.
    Salam wangi…..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Salam wangi kak, selamanya

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Anak saya pelihara musang , kadang saya takut musang itu jadi sakit karena nafsu makannya agak kurang . Musangnya setiap hari dibersihkan kandangnya dan dikasih buah – buahan dan dimandikan 3 hari sekali , apa itu cukup ? Lalu bagaimana kalau kayaknya musangnya kurang semangat dan nafsu makannya agak kurang ? Terima kasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Terkait bagus tidak nya, silahkan baca saja panduannya Kak. Yang tertulis sudah cukup baik, adapaun musang yang nafsu makannya menurun, bisa anda berikan Scott Emulsion. Sudah pernah saya tulis kok cara penanganannya

Leave a Comment