HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Macam Macam Kandang Aksesoris dan Mainan Sugar Glider

Kandang aksesoris sugar glider- buat sobat yang masih pemula atau yang baru pertama kali memelihara sugar glider tentu bertanya-tanya dalam hati, "Apa saja kebutuhan sugar glider?" "Apa saja aksesoris dan mainan sugar glider?".

Untuk itu Hobinatang.com disini akan berbagi informasi mengenai keperluan sugar glider yang harus kalian siapkan. Dan sebenarnya pembahasan ini sudah pernah kami tulis dalam artikel, cara memelihara sugar glider bagi pemula. Namun sayangnya di artikel tersebut kami kurang detail dalam menjelaskan jenis-jenis aksesoris dan mainan sugar glider secara lengkap.

Sehingga kami pun berinisiatif untuk menulisnya di pembahasan tersendiri. Baiklah berikut kandang dan aksesoris sugar glider yang biasa dipakai oleh hobiis.

Kandang Aksesoris Sugar Glider Lengkap


Sama halnya seperti makhluk hidup lainnya, SG juga membutuhkan tempat tinggal dan aksesoris-aksesoris yang bisa digunakan untuk bermain. Disarankan bagi teman-teman yang ingin memelihara sugar glider supaya memperhatikan faktor-faktor penting di bawah ini:

1. Kandang Sugar Glider


Kandang sugar glider

Suger glider adalah sejenis hewan nokturnal yang aktif di malam hari. Sehingga ia membutuhkan tempat tinggal yang luas dan nyaman agar suger glider tidak stres serta bebas bergerak. Hari ini kandang sugar glider bisa kalian beli di toko toko hewan terdekat. Harga kandangnya antara Rp. 80.000-150.000 tergantung ukuran dan bentuk.

Biasanya penjual sudah membagi kandang sugar glider dari berbagai ukuran. Kalian bisa memilih sesuai jumlah Suggy yang sedang kalian pelihara. Akan tetapi bagi sobat yang jauh dari perkotaan atau memiliki jiwa kreatif, kalian bisa membuat kandang sugar glider sendiri.

Jika kalian ingin membuat kandang sendiri, maka simaklah penjelasan penting di bawah ini.

Ukuran Kandang dan Bahannya


Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa suger glider adalah hewan yang sangat aktif sehingga membutuhkan kandang yang luas dan lebar. So, buatlah kandang yang layak. Usahakan kandang jangan yang terbuat dari kayu karena bisa digigiti hingga akhirnya rusak dan dia akan kabur dari kandang.

Ko, bisa?? Bisa dong, sebab gigi suger glider itu sangat tajam apalagi bagian bawah. Jadi gunakanlah kandang yang terbuat dari kawat ram atau besi jeruji.

Kondisi Kandang


Setelah kandang siap, anda tinggal memperhatikan kondisi kandang tersebut. Menjaga kebersihannya agar tidak lembab. Bila kandang lembab akan menyebabkan banyak bakteri yang bersarang. Bakteri tersebut lah yang membuat sugar glider terserang penyakit berbahaya.

Baca: 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

Bersihkan kandang secara rutin minimal seminggu sekali dan usahakan kandangnya dijemur agar terhindar dari jamur penyebab bakteri.

Jika memakai kandang hamster atau kandang burung lovebird anda bisa memberinya alas yang nyaman dan aman seperti serbuk kayu atau pasir zeolit. Karena hal itu akan memudahkan anda dalam membersihkannya. Untuk pasir zeolit gunakan yang besar biar debu pasirnya tidak tertelan dan mengenai mata sugar glider.

2. Aksesoris Sugar Glider


Selain kandang, aksesoris juga sangat dibutuhkan. Sedangkan jenis aksesoris sendiri ada banyak sekali. Setiap jenisnya memiliki fungsi yang tidak sama. Diantara aksesoris-aksesoris ialah:

Cage Puoch (Kantong)


Gambar pouch sugar glider

cage pouch sugar glider

Cage pouch ini merupakan tempat untuk beristirahat dan bersantai. Cage pouch dipasang dengan cara digantung atau dikaitkan dengan kandang. Jenis pouch yang kerap dibeli ialah hammock, cube, pyramid dan lain lain. Meskipun bentuknya berbeda namun fungsinya tetap sama. Silakan anda pilih yang terbaik.

Travel Pouch


Travel pouch sugar glider

Travel pouch diambil dari bahasa inggris yang artinya "kantong trevel". Sesuai namanya, fungsi aksesoris ini adalah untuk membawa sugar glider ke mana mana jika ada perkumpulan sesama komunitas (gathring).

Memang sekilas hampir mirip dengan cage pouch. Hanya saja alat ini digunakan saat jalan jalan bersama suggy. Silahkan lihat gambar di atas.

Batok Tidur


Batok untuk kandang sugar glider

Hari ini orang-orang tidak menyarankan untuk menggunakan batok sebagai tempat peristirahatan sugar glider. Sebab mengakibatkan bulunya menjadi kuning. Akan tetapi bagi kalian yang tidak bisa membeli pouch, bisa memakai batok sebagai alternatifnya.

Selain itu batok juga berfungsi sebagai tempat persembunyian dan memiliki kelebihan dari sisi kehangatan suhu. Makanya kandang sugar glider lebih menyukai tidur dipatok dibandingkan di pouch.

Kunci Kandang Sugar Glider


Kandang Aksesoris dan Mainan Sugar Glider

Foto diatas adalah salah satu contoh jenis kunci yang digunakan untuk pintu masuk kandang sugar glider. Tapi bagi saya aksesoris satu ini tidaklah wajib kalian miliki, sebab biasanya di kandang sudah terdapat kunci bawaan dari pabrik.

Tempat Makan


Tempat makan sugar glider Joey

Pencinta sugar glider memang dianjurkan memberi makan SG-nya menggunakan tangannya sendiri. Karena bisa menambah kedekatan dan dapat mempercepat proses penjinakan serta bonding.

Baca: Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Namun hal demikian bukan berarti tidak membutuhkan tempat makan. Karena tidak setiap saat kita bisa menyuapinya. Jadi beranikan tempat makan di kandang sugar glider. Untuk masalah pakannya silahkan baca: Makanan Untuk Sugar Glider Joey dan Dewasa

Tempat Minum


Kandang Aksesoris dan Mainan Sugar Glider

Aksesoris sugar glider yang terakhir adalah tempat minum. Tempat minum suger glider joey bisa menggunakan dot yang biasa dipakai hamster. Jika dia belum bisa minum menggunakan dot tersebut, anda harus mengajarinya dengan cara menyodorkan dot tersebut pada mulut suggy sehingga ia akan tahu bahwa dot yang anda sodorkan itu adalah minumnya.

Saya pribadi lebih memilih menggunakan tempat minum yang mirip seperti tempat makan. Caranya saya menuangkan air ke dalam wadah kemudian sugar glider menjilati dengan sendirinya.

3. Mainan Sugar Glider


Kandang Aksesoris dan Mainan Sugar Glider

Poin terakhir yang harus kalian sediakan saat memelihara sugar glider adalah mainan. Mainan berfungsi sebagai penurun stress dan dapat menyehatkan tubuhnya. Jenis mainan sugar glider beragam macam, ada yang buatan dari pabrik dan ada juga mainan buatan tangan sendiri.

Wodent Wheel


Mainan sugar glider wooden wheel

Pada dasarnya Wodent wheel ini merupakan mainan hamster yang biasa dipakai untuk hamster berlari lari. Tapi ternyata suger glider juga menyukainya. So, kalian bisa membelikannya di toko hewan terdekat dan meletakkan di dalam kandang nya.

Mainan Kandang Flanel Vines


Mainan sugar glider

Sebagaimana namanya, Mainan Flanel vines terbuat dari bahan flanel yang dibentuk sedemikian rupa menjadi rumbai-rumbai. Sugar glider sangat senang bermain dengannya. Dia akan mencoba meraih dan melompat. Sehingga biar kandang anda tidak terlihat kosong berikanlah mainan ini.

Mainan Gantung


Aksesoris mainan gantung sugar glider

Suger glider juga menyukai mainan gantung Sob. Jenisnya dan warnanya bervariasi sehingga memiliki daya tarik bagi sugar glider. Untuk bahannya terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya dan dibentuk sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Selain ketiga mainan di atas sebenarnya masih banyak lagi lainnya. Ada mainan rantai ada juga mainan karet dan lain sebagainya. Kalian juga bisa mengeluarkan ide-ide kreatif terbaru yang bisa digunakan sebagai mainan sugar glider.

Demikianlah jenis lengkap dari kandang sugar glider serta aksesoris dan mainan sugar glider. Semoga tulisan saya ini bisa menjadi acuan bagi sobat yang ingin memilih aksesoris-aksesoris dan mainan hewan kesayangannya. Terimakasih

0 Komentar Macam Macam Kandang Aksesoris dan Mainan Sugar Glider

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top