HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Perbedaan Kucing Jantan dan Betina Paling Menonjol

Perbedaan kucing jantan dan betina- kucing merupakan hewan lucu yang saat ini banyak dipelihara oleh masyarakat dan dijadikan sebagai hewan peliharaan dan teman bermain mereka di rumah. Apalagi banyak dari mereka yang malah membudidayakannya dengan cara mengawinkan kucing mereka.

Ada banyak macam kucing yang dapat kalian adopsi di rumah seperti kucing kampung, kucing ras anggora, kucing persia atau kucing hutan. Baca: 15 Jenis Kucing Ras Paling Lucu Beserta Harga Terbarunya

Akan tetapi tidak semua jenis kucing dibebaskan untuk dipelihara. Karena ada sebagian jenis kucing yang mendapat perlindungan dari pemerintah sehingga tidak sembarang orang memilikinya seperti kucing hutan.

Maka bagi sobat yang ingin mengadopsi kucing disarankan memilih kucing yang legal saja. Misalnya kucing kampung atau kucing ras Persia dan Kucing Anggora.

Jika memang tertarik untuk memelihara kucing anda harus jeli cara membedakan kucing jantan dan betina. Apalagi bagi kalian yang ingin membeli sepasang kucing jantan dan betina untuk di budidayakan.

Apa saja perbedaan kucing jantan dan betina?

Perbedaan Kucing Jantan Dan Betina


Perbedaan Kucing Jantan Dan Betina

Membedakan kucing jantan dan betina cukup mudah tidak seperti membedakan hewan-hewan kecil contohnya sugar glider atau ikan. Hanya saja untuk mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina anda butuh ketelitian yang jeli.

Berikut tutorial cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina:

1. Melihat Alat Kelamin Kucing


Perbedaan Kelamin Kucing Jantan Dan Betina

Cara membedakan yang paling mudah bisa dilihat dari jenis kelaminnya. Namun cara ini tidak berlaku bagi kucing yang baru lahir. Karena bayi kucing baru lahir memilih kelamin yang kecil sehingga sangatlah sulit terdeteksi.

Selain itu mayoritas alat kelamin kucing kecil juga susah dilihat sebab tertutup oleh bulu. Anda bisa mengeceknya saat ia berusia 2 bulan. Yaitu apabila terlihat ada benjolan di dekat perut mereka maka itu adalah kucing jantan dan sebaliknya jika tidak ada benjolan maka berarti kucing betina.

2. Mengukur Jarak Kemaluan Kucing Betina dan Jantan


Membedakan Kucing Jantan Dan Betina

Apabila dengan melihat alat kelamin kucing sekarang belum bisa membedakan mana kucing betina dan mana kucing jantan, maka cobalah dengan cara yang kedua ini. Perbedaan yang kedua yakni mengetahui jarak antara kelamin dan anus.

Kalau kucing Anda berjenis kelamin jantan biasanya jarak antara kemaluan dengan anus berjauhan dan apabila jarak antara kemaluan kucing dengan anus berdekatan maka itu kucing betina. Silahkan lihat gambar di atas. Bagaimana mudahkan?

3. Warna Kucing


Perbedaan Kucing Jantan Dan Betina
Kucing Jantan

Perbedaan Kucing Jantan Dan Betina
Gambar Kucing Jantan

Umumnya warna kucing jantan dan betina juga beda. Untuk membedakan kucing jantan dan betina bisa anda lihat dari warna tubuh kucing tersebut. Akan tetapi cara ini tidak sepenuhnya akurat.

Jika saya mendapati kucing dengan pola satu warna misalnya hitam saja atau hitam putih saja atau merah, biasanya kucing berjenis kelamin jantan.

Namun jika sobat mendapati kucing dengan 3 warna alias belang di antara hitam, kuning dan putih maka biasanya berjenis kelamin betina. Meski begitu kadang ada juga yang kucing betina mempunyai warna tubuh yang polos, hanya satu warna.

4. Karakter Perilaku Kucing Jantan dengan Betina Berbeda


Perbedaan Kucing Jantan dengan Betina

Poin satu sampai poin tiga adalah menerangkan tentang perbedaan dari segi fisik kucing jantan sama betina. Nah kali ini kita akan melihat bagaimana perbedaan karakter di antara keduanya.

Kucing jantan biasanya bersikap agresif dan suka menandai wilayahnya dengan urin yang berbau menyengat. Sedangkan betina cenderung kalem dan tidak pernah menandai wilayahnya. Selain itu kucing jantan juga memiliki kulit tubuh yang tebal dan kepala yang lebih besar daripada kucing betina.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat dan Bulunya Lebat

Itulah empat perbedaan antara kucing jantan dan betina. Anda bisa mencoba mengeceknya sendiri di rumah dengan cara mengangkat kucing pelan pelan lalu buka ekornya sehingga terlihat bentuk kelaminnya. Baiklah itu saja dari kami, selamat mencoba.

0 Komentar 4 Perbedaan Kucing Jantan dan Betina Paling Menonjol

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top