HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

9 Cara Merawat kucing Anggora dengan Benar Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara merawat kucing anggora- Halo teman-teman, saya yakin kalian semua pasti sudah kenal sama kucing ras bernama Anggora. Sebab namanya sangat familiar dan menjadi salah satu jenis kucing ras yang sangat populer di seluruh dunia. Layaknya seperti kucing persia, dia juga memiliki bulu lebat, namun berpostur tinggi seperti kucing kampung/dome.

Baca: 12 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Lengkap Disertai Gambar

Dari segi karakter dan sifat, kucing anggora memiliki sifat yang setia pada majikannya. Bahkan menurut banyak pengakuan cat lovers, dia hanya akan setia pada satu orang saja. Meskipun di rumah Anda terdapat banyak orang, kucing anggora lebih memilih menyukai satu orang. Yaitu anda sang pemilik.

Selain itu anggora juga bisa merasakan insting yang kuat terhadap pemiliknya, contohnya apabila pemiliknya sakit dia akan terlihat sedih dan apabila pemiliknya bahagia, dia juga terlihat bahagia. Namun meski demikian ternyata di Indonesia sendiri kucing anggora belum banyak dipelihara oleh hobiis. Karena harganya yang mahal atau proses pembeliannya yang sulit.

Adapun yang sering kalian temui  di Indonesia, mungkin itu bukan kucing ras asli anggora. Melainkan hasil kawin silang antara kucing anggora dengan kucing persia atau antara kucing anggora dengan kucing kampung.

Nah bagi teman-teman yang saat ini sedang mengadopsi kucing ras anggora, entah itu yang asli maupun hasil kawin silang. Sebaiknya untuk mempelajari bagaimana cara merawat kucing anggora dengan benar. Supaya kucingmu bisa tumbuh dengan terawat dan sehat. Khususnya dalam menjaga bulu-bulunya agar tetap sehat, halus dan tidak kusut.

Berikut ini hobinatang.com akan memberikan panduan lengkap dari A-Z mengenai cara merawat kucing anggora yang baik dan benar untuk pemula. Simak baik-baik tips dibawah ini.

Cara Merawat Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora

Kucing yang berasal dari Pegunungan Turki ini tergolong susah dirawat. Untuk biaya perawatannya saja cukup mahal. Akan tetapi jika dilakukan dengan kesabaran dan ketelatenan tentu lama-kelamaan akan terasa mudah, karena terbiasa. Yang pasti untuk merawat binatang kesayangan kita jangan dianggap berat. Ikuti langkah-langkah hobinatang.com dalam merawat kucing ras anggora berikut ini:

1. Kandang Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora dengan Benar

Sudah menjadi hal yang wajib bagi pemilik binatang peliharaan untuk menyiapkan kandang sebagai tempat tinggalnya. Buatkan kandang yang luas dan nyaman untuk kucing anggora anda. Sesuaikan besar tubuh si kucing. Jika tidak ingin repot anda bisa membeli kandang di petshop terdekat. Di sana banyak kandang kucing yang bervariasi dengan ukuran yang berbeda beda.

Ketika sobat membeli kandang, jangan lupa sekalian beli pasir zeolit. Nantinya pasir itu berfungsi sebagai alas kandang alias tempat buang kotorannya. Selain pasir, sediakan juga wadah makan dan minum untuk kucing. Ditambah juga mainan di dalam kandang.

Kalau semua sudah siap, sekarang tinggal meletakkan kucing ke dalam kandang. Biarkan ia beradaptasi terlebih dahulu dengan tempat dan majikan barunya. Lebih bagus lagi kalau dikenalkan sama ruangan ruangan yang ada di rumah Anda.

Ingat! perhatikan kebersihan kandangnya. Itu sangat penting, sebab kandang yang kotor akan menimbulkan bakteri serta virus mematikan.

Bersihkan kandang minimal seminggu sekali dan gantilah pasirnya 3 hari sekali. Karena kucing akan merasa tidak nyaman apabila pasirnya bau kotoran dan ini akan membuatnya stres. Jadi, sobat harus bersabar dan jangan malas. Memang uang yang dikeluarkan untuk pasir lumayan banyak, namun Anda bisa menghematnya dengan cara mencuci pasir zeolit setelah dipakai. Baca saja: Cara Mudah Mencuci Pasir Kucing agar Tidak Bau

2. Menyiapkan Perlengkapan Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora yang baik dan Benar

Selain menyediakan kandang dan pasir kucing, kalian juga harus menyiapkan segala kebutuhannya demi kelangsungan saat memelihara kucing Anggora. Seperti tempat makan, tempat minum, tempat buang kotoran, mainan kucing atau kain tebal buat selimut kucing saat cuaca dingin.

Baca: Cara Membuat Mainan Kucing Sendiri yang Sederhana

Disarankan mencari tempat makan yang sudah satu set dengan tempat minumnya. Supaya lebih praktis. Dan apabila kalian merawat anakan kucing Anggora, sebaiknya perhatikan tempat tidurnya. Usahakan suhu selalu hangat, apalagi saat cuaca buruk.

3. Memberi Makanan dan Minuman Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora untuk pemula

Semua makhluk hidup tak mungkin lepas dari yang namanya makanan dan minuman. Begitu juga dengan hewan peliharaan kucing anggora. Untuk memperindah bulunya dan memperkuat daya tahan tubuhnya, kucing sangat butuh asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Mungkin di sini anda akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi bagaimanapun juga inilah tanggung jawab dalam memelihara binatang kesayangan Anda. Silahkan teman teman bisa memberinya makanan kemasan yang dijual di toko hewan. Umumnya ada 2 jenis, yakni makanan kering dan makanan basah. Untuk tips memilih makanan kucing anggora yang bagus dan berkualitas silakan baca: Makanan untuk Kucing Anggora

4. Menyimpan Makanan Kucing Dengan Baik


Cara Merawat kucing Anggora lengkap

Makanan kucing yang tidak disimpan dengan baik akan menyebabkan kualitas gizinya menurun. Misalnya apabila makanan kering tidak dimasukkan ke dalam toples membuat makanan tersebut menjadi tidak renyah atau lembab. Atau makanan basah yang disimpan sembarangan membuat bakteri masuk ke dalamnya. Lalu, bagaimana cara menyimpan makanan yang baik dan benar?

  • Simpan makanan kering ke dalam toples yang tertutup dan kedap udara. 
  • Untuk makanan basah bisa disimpan di kulkas agar tidak basi. 
  • Jauhkan dari jangkauan anak kecil supaya tetap terjaga kebersihannya. 
  • Hindarkan makanan dari sinar matahari langsung. 

Dengan demikian, stok makanan kucing kalian bisa terjaga dengan baik.

5. Menjaga Kebersihan Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora dengan Benar Panduan Lengkap untuk Pemula

Apakah sobat menginginkan bulu kucing kesayangan selalu sehat dan halus? So, jagalah kebersihan bulunya. Caranya cukup mudah, mandikan ia sehari sekali. Jangan takut saat memandikannya. Meski di awal sedikit susah tetapi ketika sudah terbiasa maka akan mudah. Tutorial memandikan kucing sudah kami tulis lengkap di sini: cara memandikan kucing anggora

Selain memandikan, kalian juga harus menyisir bulunya saat saat anda sedang tidak sibuk. Biar bulu bulu yang mati pada rontok dan hilang. Kalau tidak disisir, bulu bulu yang mati akan menjadi sebab rambut si kucing kumal, sehingga terlihat tidak indah dan jelek. Tidak hanya tubuh kucing yang perlu dibersihkan, akan tetapi area mata, telinga, dan sela sela tubuh lainnya juga harus dibersihkan dengan menggunakan kapas atau cuttonbud.

6. Memvaksin Kucing Anggora


Vaksin pada kucing anggora bisa dikatakan hal yang wajib anda lakukan. Sebab bila tidak divaksin, kucing akan mudah terserang penyakit dan virus sehingga mudah mati. Fungsi vaksin adalah untuk melawan virus yang suatu saat dapat menerpa tubuh kucing. Seperti rabies, herpes dan sebagainya.

Baca juga: 9 Penyakit pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Umumnya kucing anggora boleh divaksin saat usianya sudah mencapai 8-9 minggu. Dan ingat, sebelum memvaksin perhatikan dahulu apakah si empus sedang sakit atau tidak. Jika sedang sakit sebaiknya tunda dulu vaksinnya. Tunggulah sampai benar benar sehat. Vaksin kucing ada 3, yakni vaksin leukimia, vaksin herpes dan vaksin rabies.

7. Meluangkan Waktu untuk Bermain sama Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora dengan Benar Lengkap untuk Pemula

Kucing anggora berbeda dengan kucing ras persia yang cenderung pemalas. Anggora lebih aktif dan menyukai permainan. Sebagai pemilik yang baik, hendaknya mengajak bermain si kucing keluar rumah. Atau sekadar mengajak tidur bersama dan ngobrol dengan kucing.

Masalah ini tidak boleh disepelekan, meski hanya seekor hewan, kucing anggora juga mampu merespon apa yang kita lakukan padanya. Ia akan merasa bahagia dan semakin cinta dengan anda apabila kalian meluangkan waktunya sedikit untuknya. Namun sebaliknya, kalau anda hanya diam dan cuek bisa bisa kucing kesayangan anda stres dan kabur dari rumah atau bahkan mati.

8. Melatih Kucing Anggora


Cara Merawat kucing Anggora

Banyak sekali PR yang harus kalian lakukan apabila merawat kucing anggora. Salah satunya adalah melatihnya. Seperti yang sudah teman teman ketahui, Anggora merupakan kuncing ras yang pintar. Dia bisa merespon apa yang diinginkan ownernya. Oleh sebab itu manfaatkan sebaik mungkin untuk melatihnya.

Baca: Cara Melatih Kucing Agar Nurut

Yang penting adalah melatih agar dia bisa menjaga kebersihannya. Misalnya melatih supaya buang kotoran pada tempatnya (toilet training), kemudian melatih makan pada tempat yang sudah disediakan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu bertujuan supaya kebersihan rumah Anda terjaga. Tidak ada kotoran kucing di sofa dan tidak pula makanan kucing berceceran di lantai.

9. Memberi Obat Cacing


Sebenarnya poin terakhir ini hukumnya tidak wajib. Kalian boleh menggunakannya atau tidak. Alasan memberi obat cacing karena rata rata kucing anggora menyukai bermain. Nah kadang kita tidak tahu dia sudah bermain di mana saja, sedangkan kucing Anggora sendiri mudah terserang penyakit, khususnya cacingan.

Makanya sobat harus menyediakan payung sebelum hujan. Berikan obat cacing setidaknya 2-4 kali dalam setahun. Cacingan pada kucing menyebabkan sulit gemuk, tidak tumbuh dengan baik dan nafsu makan menurun.

Akhirnya selesai juga pembahasan cara merawat kucing Anggora yang baik dan benar untuk pemula. Saya kira 9 poin di atas sudah cukup lengkap dijadikan sebagai panduan merawat anggora. Baik kucing anakan maupun dewasa. Sekian terimakasih. (Nb: sebagian gambar hanya ilustrasi, bukan kucing Anggora)

0 Komentar 9 Cara Merawat kucing Anggora dengan Benar Panduan Lengkap untuk Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top