Makanan kucing anggora- Tidak hanya kucing Anggora, tapi semua jenis kucing pasti membutuhkan makanan demi kelangsungan hidupnya. Bahkan asupan makanan yang diberikannya dapat memengaruhi pertumbuhannya. Misalnya, kucing Anggora bisa cepat besar apabila diberikan pakan yang mengandung banyak protein dan gizi yang baik.

Akan tetapi yang jadi masalah, kita para pemula yang baru saja memelihara kucing anggora tidak tahu makanan apa yang cocok dan bagus untuk pertumbuhan kucing Anggora itu sendiri. Walaupun dia doyan memakan apa saja yang kita berikan, namun tidak semua makanan yang bisa ia makan baik untuknya. Contohnya, kucing kita di rumah doyan makan tikus. Tapi apakah tikus baik untuk kesehatannya?

Baca: Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Maka dari itu kalian tidak boleh sembarangan memberi pakan pada kucing Anggora layaknya kucing liar. Kucing Anggora lebih rentan terkena penyakit, khususnya penyakit diare mencret. So, bagi sobat yang memelihara kucing ras anggora sebaiknya rajin mencari informasi terkait makanan yang sehat untuk si kucing.

Di sini hobinatang.com akan membantu anda merekomendasikan jenis jenis makanan kucing Anggora yang biasa dipakai oleh pencinta kucing di Indonesia dan luar negeri. Silahkan simak baik baik.

Makanan Kucing Anggora

Makanan Kucing Anggora

Sebenarnya makanan untuk kucing anggora tidak jauh beda dengan makanan kucing Persia atau makanan kucing kampung yang pernah saya tulis sebelumnya. Hanya saja kami menambahkan satu atau dua poin yang tidak ada pada 2 pembahasan sebelumnya.

Tapi yang jelas pakan kucing anggora yang bagus buat pertumbuhannya ialah yang memiliki kandungan PH rendah, kandungan zat magnesium rendah, kandungan lemaknya juga rendah, lalu mengandung protein tinggi hingga 25%, mengandung vitamin dan mineral serta mengandung asam arakidonat. Dan kandungan-kandungan gizi di atas terurai pada jenis makanan di bawah ini:

1. Makanan Instan Royal Canin

Makanan Kucing Anggora

Poin pertama adalah makanan instan atau biasa disebut makanan buatan pabrik. Pakan kucing dengan merk Royal Canin ini sudah banyak dijual belikan di toko hewan terdekat, Swalayan atau toko online. Dan rata-rata makanan kucing buatan pabrik terdapat dua pilihan. Yaitu, makanan kering dan makanan basah (makanan kaleng). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga: Cara Membuat Makanan Kering untuk Kucing Sendiri

Makanan kering tidak merusak gigi kucing dan mampu bertahan lama. Disamping itu makanan kering juga mudah dibersihkan jika tercecer di lantai serta harganya sangat murah. Namun sayangnya makanan kering hanya memiliki kandungan air 8 – 10% saja. Jadi jika memakai makanan kering, kucingmu memerlukan minuman tambahan agar tidak dehidrasi.

Adapun kelebihan makanan basah adalah mengandung banyak vitamin dan protein. Serta memiliki 78% kandungan air, sehingga mampu menyehatkan si kucing. Namun hanya saja kekurangan dari makan bahasa ialah lebih susah dibersihkan apabila tercecer di lantai serta mudah basi.

Untuk Royal Canin sendiri sudah sangat populer di kalangan pecinta kucing. Merek ini sudah menyesuaikan gizi sesuai kebutuhan kucing. Sehingga ada kemasan khusus untuk induk kucing yang sedang hamil, untuk anak kucing dan kucing yang menyusui.

2. Whiskas

Makanan Kucing Anggora

Produk makanan kucing Anggora merk Whiskas sudah banyak dipasarkan dan diiklankan di televisi maupun media sosial. Di dalamnya mengandung gizi dan protein yang cukup baik untuk kucing kesayangan anda. Namun jika memang tidak cocok dengan produk ini gantilah dengan produk lainnya.

3. Pakan Kucing Merk Pro Plan

Masih makanan buatan pabrik. Merk pro plan memiliki harga yang cukup mahal. Tapi orang-orang Eropa banyak yang menggunakan merek ini sebagai pakan utama kucing Anggora. Untuk pro plan juga ada kemasan wet food (makanan basah) dan dry food (makanan kering). Produk ini juga diyakini mampu mempercepat pertumbuhan kucing anda. Sehingga kucing persia bisa cepat besar dan gemuk.

4. Me-O Pakan Kucing Anggora

Makanan Kucing Anggora

Selain kedua merek di atas, kandungan gizi dan nutrisi pada Me-O juga tidak kalah bagus. Cocok untuk kucing yang memiliki bulu lebat seperti Persia dan Anggora. Sebagian pecinta kucing yang pernah memakai produk ini mengatakan kalau makanan Me-o juga dapat mencegah kerontokan pada bulu kucing dan cocok dikonsumsi oleh kucing yang lagi hamil.

5. Daging Makanan Untuk Kucing Anggora

Apabila sobat sulit mencari makanan instan yang kami sebutkan di atas, silahkan memakai makanan kucing anggora alami seperti daging. Sebagai bintang karnivora obligat, kucing Anggora sangat menyukai daging-dagingan dan ikan-ikanan. Di dalam makanan tersebut terkandung vitamin, protein dan asam amino taurin yang bagus untuk mempercepat pertumbuhannya.

Menurut paparan dari para ahli, kekurangan zat asam amino bisa menyebabkan serangan jantung dan gangguan penglihatan kucing anggora. Jadi bisa dikatakan daging merupakan makanan pokok sekaligus makanan favorit bagi kucing persia.

Kalian bisa memakai daging ayam, daging bebek dan daging sapi. Kalau ikan bisa berupa ikan tawar maupun ikan laut. Cara membuatnya ialah dengan merebus daging terlebih dahulu. Lalu cacah hingga halus agar si kucing mudah mengunyahnya. Tidak perlu digoreng, sebab minyak goreng kurang baik untuk kesehatan kucing.

6. Makanan Kucing Anggora Buatan Sendiri

Selain daging kalian juga bisa membuat makanan Anggora yang sederhana di rumah. Bahan-bahannya sama seperti untuk kucing persia. Yaitu kentang, beras 1 cup, cacahan daging ayam, kacang polong dan kaldu ayam. Adapun cara membuatnya sebagai berikut:

  • Pertama, rebus dulu daging ayamnya sampai matang.
  • Lalu cacah dagingnya sampai kecil kecil.
  • Kemudian masukkan saja langsung ayam yang sudah di iris tadi ke dalam blender.
  • Jangan lupa masukkan juga beras, kacang polong, kaldu ayam dan kentang.
  • Terakhir tinggal dikasih air sedikit lalu blender sampai lembut.

Begitulah cara mengolahnya. Mudahkan?

7. Burger Tuna Makanan Kucing Anggora

Masih ada menu lain yang bisa kalian buat di rumah. Memakai bahan utama burger tuna. Caranya, siapkan satu kaleng tuna tanpa garam, hati ayam rebus, dua batang parsely, dan nasi secukupnya. Campur semua bahan tambahkan sedikit air. Lalu bentuk bulatan sebesar kelereng. Simpan dalam frezeer agar awet. Berikan pada kucing anggora dalam keadaan tidak dingin ya.

8. Keju Makanan Tambahan Kucing Anggora

Yang terakhir ini adalah bersifat pakan tambahan. Banyak yang sudah memakai keju sebagai makanan tambahan kucing anggora. Kandungan kalsium dan vitamin dalam keju mampu membantu pertumbuhan tulang kucing. Akan tetapi agar kucing anggora Anda mau memakannya sebaiknya dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Misalnya dicampur dengan daging atau ikan.
Itulah menu makanan buat kucing Anggora kamu. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian para pemula yang baru saja memelihara kucing. Oh iya, kalian juga harus baca artikel ini: Cara Merawat kucing Anggora dengan Benar Panduan Lengkap untuk Pemula

Leave a Comment