Tanda Tanda Kucing Sakit dan Cara Mengatasinya

Halo teman-teman sebelumnya hobinatang.com sudah membahas penyakit pada kucing dan cara mengobatinya, maka di lkesempatan ini saya akan mengulas mengenai tanda-tanda kucing sakit. Mengetahui ciri ciri kucing yang sakit sangat kami anjurkan. Sebab kalian tidak bisa mengidentifikasi secara pasti apakah kucing Anda sedang sakit atau tidak tanpa mengenali tandanya.

Selain itu kalian juga tidak bisa mengetahui jenis penyakit yang menimpa kucing Anda tanpa mengetahui gejala atau tanda tandanya. Dan tentu saja setiap jenis penyakit kucing memiliki tanda-tanda yang berbeda. Tidaklah sama antara menangani tanda kucing sakit demam dengan kucing sakit mata.

Begitu juga cara penanganannya. Setiap gejala penyakit yang menimpa kucing memiliki penanganan yang berbeda, sehingga temen-temen perlu teliti dan jeli dalam mengatasinya. Oleh sebab itu di sini kami bukan hanya ingin menyebutkan tanda-tandanya saja, namun juga bagaimana cara mengatasinya.

Tanda Tanda Kucing Sakit


tanda tanda kucing sakit dan cara mengatasinya

Mengetahui tanda tanda kucing yang sedang sakit sebenarnya mudah. Tergantung pada tingkat kejelian dan kepedulian anda terhadap kucing. Kalau anda bersikap cuek mungkin akan sulit mengetahui apakah kucing sedang sakit atau tidak.

Tapi secara garis besar tanda kucing yang sedang sakit adalah menurunnya nafsu makan, kurang bergairah atau lemas dan terlihat pucat. Berikut ulasan detailnya:

1. Menurunnya Nafsu Makan


Tanda paling mudah dan paling umum ialah adanya penurunan nafsu makan pada kucing sakit. Tapi tidak sepenuhnya seperti itu. Karena menurunnya nafsu makan si kucing juga bisa disebabkan karena kucing sedang hamil muda. Jadi, sebaiknya sobat meneliti kembali apakah ia sakit atau hamil.

Adapun untuk cara mengatasi kucing sakit yang tidak nafsu makan, silahkan baca pembahasan kami yang pernah saya tulis di sini secara panjang lebar. Baca: Cara Mengatasi Kucing Sakit tidak Mau Makan atau 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Malas Makan

2. Berlebihan Saat Minum Air


tanda tanda kucing yang sakit

Kucing yang sedang sakit akan mengalami dehidrasi dan tenggorokan kering. Itulah sebabnya ia tiba tiba minum air secara berlebihan. Misalnya normal kucing sehari minum segelas dan tiba tiba dia minum lebih dari segelas. Nah, anda perlu waspada kondisi seperti itu kemungkinan si kucing sedang sakit. Segera cari apa penyakitnya dan atasilah sesuai penyakit yang telah terdeteksi.

3. Menggelengkan Kepala Berlebihan


Normalnya kucing suka menggeleng gelengkan kepalanya hanya beberapa kali saja sekali hingga dua kali. Tetapi bagi kucing yang sedang sakit, ia akan menggelengkan kepala lebih banyak lagi. Kemungkinan ia sakit pada area kepala seperti pusing dan gangguan lainnya.

4. Kucing Mengeluarkan Cairan Tidak Normal


tanda tanda kucing sakit dan cara mengobatinya

Adakalanya tiba tiba anda mendapati kucing mengeluarkan cairan di area mata. Namun anda biasa saja kemungkinan itu hanyalah air mata atau karena debu. Tapi jika anda mendapati cairan yang keluar secara berlebih, warnanya pun tidak wajar serta keluar secara bersamaan dari hidung, mulut, telinga dan mata. Maka perlu diwaspadai. Bisa jadi ia sedang sakit mata dan sakit flu.

5. Bulu Kucing Rontok Parah


Kerontokan pada bulu kucing tidak bisa diremehkan begitu saja sob. Karena ada banyak hal kemungkinan terjadi ketika kucing mengalami kerontokan pada bulu. Misal sedang birahi, hamil dan sebagainya. Namun yang kami maksud di sini ialah rontok bulu kucing dengan sangat parah. Maka kondisi seperti ini bisa disimpulkan kucing anda pasti sedang terkena penyakit jamur dan kekurangan vitamin.

6. Mulut Kucing Sangat Bau


tanda tanda kucing sakit dan cara mengatasinya

Dengan menggendong atau memeluk kucing kalian bisa mengetahui apakah mulutnya bau atau tidak. Mungkin dari situ anda bisa mencium bau mulutnya. Kalau aroma bau mulutnya biasa, maka si kucing sedang sehat. Akan tetapi kalau mulutnya bau tidak sedap bisa jadi si kucing sedang sakit tenggorokan dan panas dalam.

7.  Tubuh Kucing Lemas dan Terlihat Lelah


tanda tanda kucing sakit dan cara mengatasinya

Tidak hanya kucing, hampir semua makhluk hidup kalau sakit pasti tubuhnya lemas dan tak berdaya. Biasanya kucing saat digoda pasti bergerak langsung sedangkan jika dia diam saja, mojok, gak mau makan, lesu, tidur terus dan malas bergerak maka ada dua kemungkinan. Dia sedang hamil atau sakit.

Apabila sebelumnya tidak ada indikasi kawin, besar kemungkinan si kucing sakit. Segera ambil tindakan dan cari tahu penyakitnya. Karena tubuh yang lemas bisa jadi termasuk tanda kucing sakit parah. Misalnya keracunan atau diare mencret. Klik: Cara Mengobati Penyakit Mencret dan Diare pada Kucing

8. Bengkak Pada Beberapa Bagian Tubuh Kucing


tanda tanda kucing sakit dan cara mengatasinya

Kucing yang suka berjalan jalan di luar kandang, ia lebih mudah terkena sakit. Apalagi bila di luar banyak kucing liar yang suka mengajak berantem. Bisa bisa kucing kesayangan anda jadi korban dan akhirnya terjadi cakar cakaran yang menyebabkan beberapa bagian tubuh kucing luka dan terjadi pembengkakan.

Selain itu bisa jadi karena kucing jatuh sehingga bagian tubuhnya bengkak. Luka pada tubuh kucing yang tidak segera diobati bisa mengakibatkan infeksi kulit. Jadi segera diatasi apabila melihat kejadian seperti ini.

9. Kucing Muntah Berlebihan


Kucing muntah terkadang diremehkan oleh sebagian pecinta kucing. Padahal muntahnya kucing bisa jadi ia sedang sakit. Apalagi muntahnya tidak wajar seperti baru makan sedikit langsung dimuntahkan, sedangkan yang dikonsumsi makanan sehat. Begitu terus hingga dalam jangka panjang.

Di sini sobat harus perhatikan kemungkinan kucing kesayangan anda sedang ada masalah dengan pencernaannya atau penyakit lainnya. Bawa ke dokter dan cari tahu penyakit apa yang menimpanya. Rata-rata gejala kucing muntah-muntah ini disebabkan karena keracunan atau ada yang tidak cocok dengan makanannya.

Baca saja tulisan ini: 8 Cara Mengobati Kucing Keracunan Secara Alami AMPUH

10. Kucing Sulit Buang Kotoran


Ketika kucing anda mau buang kotoran namun merasa kesulitan, berarti ada indikasi sembelit. Coba sobat perhatikan dan pantau terus saat kucing buang kotoran apakah lancar atau tidak? Bila ia kesulitan dan terlihat kesakitan, maka itu merupakan salah satu tanda kucing sedang sakit. Selain itu apabila sobat mendapati kotoran kucing ada bercak darah, bisa jadi si empus sedang ada masalah dengan ginjalnya.

11. Berat Badan Kucing Menurun


tanda tanda kucing sakit dan cara mengatasinya

Poin ini sudah menjadi hal yang pasti. Karena di awal sudah kami sebutkan bahwa kucing yang sakit tidak mau makan dan lesu. Dengan begitu sudah sangat jelas kalau berat badannya turun drastis. Bagaimana mungkin berat badan akan normal dan naik sedangkan dia sendiri tidak nafsu makan.

12. Perhatikan Cara Kucing Berjalan


Kucing yang sehat dan normal akan berjalan dengan santai dan lihai tanpa kendala apapun. Akan tetapi bila tiba tiba mendapati kucing kesayangan anda pulang dalam keadaan pincang. Gejala ini bisa jadi disebabkan karena habis berantem atau terkena sakit lumpuh mendadak. Untuk lebih jelasnya silakan baca penyakit lumpuh pada kucing.

13. Mulut Kucing Berlendir


tanda tanda kucing sakit dan cara mengatasinya

Poin terakhir ini merupakan tanda-tanda yang paling parah dan perlu kalian waspadai. Mulut kucing yang berlendir bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena sedang muntah, ada cedera di bagian dalam mulut dan virus calici serta kanker mulut.

Dan untuk mengetahui secara pasti penyebab mulut kucing berlendir anda harus membaca tulisan ini: [Penyebab dan Cara mengatasi mulut kucing Berlendir dan Bau] sebab jenis penyakit ini tidak boleh disepelekan dan sangat bahaya dapat menyebabkan kematian.

Itulah 13 tanda tanda kucing terkena penyakit. Dari mulai yang ringan hingga yang fatal alias parah. Apabila tidak ditemukan tanda tanda seperti di atas, berarti kucing anda sedang sehat dan tidak ada masalah apapun. Walaupun demikian teman teman harus tetap waspada. Rawatlah kucingmu dengan baik.

0 Komentar Tanda Tanda Kucing Sakit dan Cara Mengatasinya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top