HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

11 Ciri Ciri Kelinci Sakit

Ciri ciri kelinci sakit- jika sobat benar benar mencintai kelinci maka anda harus teliti dalam merawatnya. Anda harus hafal segala tingkah laku kelinci anda. Sebab kadang ketika merawat kelinci kita menemukan hal-hal yang aneh pada sifatnya. Terkadang mendapati adanya perubahan sifat dan karakter kelinci yang tidak seperti biasanya.

Misalnya tiba tiba kelinci jadi pucat, lemas dan lain sebagainya. Tentu saja perubahan ini bisa menumbuhkan pertanyaan besar. "Apakah kelincinya sedang sakit atau tidak?" atau "Apakah dia sedang stres?" Buat pemula pasti khawatir kalau terjadi apa apa padanya. Makanya disarankan bagi para pemula agar banyak mencari informasi terkait perawatan kelinci. Salah satunya adalah memahami ciri ciri kelinci sakit.

Dengan begitu kalian bisa tahu mana kelinci yang sakit dan mana yang sehat. Jika memang sakit, kalian bisa langsung mengobatinya. Dan mencari tahu penyakitnya.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan menulis secara lengkap terkait tanda tanda kelinci yang sedang sakit. Adapun untuk jenis jenis penyakitnya bisa kalian baca pada artikel kami sebelumnya, 13 jenis penyakit kelinci dan obatnya.

Ciri Ciri Kelinci Sakit


Ciri Ciri Kelinci Sakit

Mengetahui ciri ciri kelinci yang sakit itu cukup mudah. Asalkan anda jeli mengetahui karakter aslinya. Di bawah ini ada 11 tanda yang paling umum dimiliki kelinci yang tidak sehat alias sakit.

1. Perubahan Pada Telinga


Salah satu fungsi telinga adalah menjaga suhu tubuh. Apabila kelinci sedang sakit maka ada perubahan posisi telinganya yakni agak menekuk ke belakang. Dan telinga berasa dingin itu pertanda bahwa kandang kelinci lembab atau terlalu dingin. Ada pula telinga kelinci berubah menjadi agak panas, maka pertanda kelinci anda sedang demam. Jika demam segera pisahkan dengan kelinci lainnya agar tidak menular. Sebab demam merupakan gejala penyakit yang cukup berbahaya.

2. Nafsu Makan Kelinci Menurun


Hampir semua makhluk hidup jika sedang sakit maka nafsu makannya menurun. Sama halnya dengan kelinci. Pada dasarnya kelinci termasuk hewan pengerat yang suka sekali ngemil apalagi jika masih kecil. Namun jika suatu saat Anda mendapati kelinci kesayangan tidak mau makan atau hanya makan sedikit saja maka perlu waspada, bisa jadi kelinci anda sedang kurang sehat alias sakit. Ciri ciri ini berlaku untuk semua jenis penyakit. Baik penyakit kembung, diare, mencret atau yang lainnya.

3. Porsi Minum Kelinci Banyak


Saat sakit kelinci memang tidak nafsu makan. Namun ia malah memperbanyak minum air. Hal ini sangat bertentangan dengan makhluk hidup lainnya. Umumnya hewan yang banyak minum itu sehat, tetapi untuk kelinci justru malah sakit. Silahkan periksa kedokter terkait penyebabnya.

4. Kelinci Tidak Menyukai Makanan Kesukaannya


Semahal apapun makanan, seenak apapun makanan yang dihidangkan bila sedang sakit maka kelinci tetap tidak mau memakannya. Bukankah kita juga demikian?

Kelinci yang sedang sakit, tidak doyan memakan apapun termasuk makanan kesukaannya. Misal kalau makanan favorit kelinci kalian adalah rumput sintrong atau timothy, namun saat diberikan ternyata ia tidak suka dan menghindar. Kemungkinan besar dia sedang kurang sehat.

5. Kelinci Malas Beraktifitas


Sama seperti manusia kalau sakit mau apa apa jadi malas dan sulit. Nah kelinci termasuk hewan yang lincah, suka lari lari kemana mana serta banyak bergerak. Apalagi di malam hari, ia lebih aktif daripada siang hari. Tetapi kalau sobat mendapati kelinci anda tiba tiba diam, mojok, tidal aktif seperti biasanya maka bisa jadi ia sedang sakit.

6. Urine Kelinci Berubah 


Urine kelinci baunya sangat menyengat sehingga banyak peternak atau pemilik kelinci yang malas mempedulikan kelinci saat kencing. Padahal itu penting sekali untuk diperhatikan. Sebab apabila kencing atau urine kelinci berubah warna menjadi keruh dan kental maka kemungkinan ia sedang sakit.

7. Perubahan Bulu Kelinci


Normalnya bulu kelinci tidak rontok. Jika ia sehat dan sedang tidak stres atau takut maka bulunya tidak akan rontok. Beda halnya saat bulu kelinci rontok disertai warna bulu kusam maka perlu kiranya anda memeriksanya lebih lanjut. Bisa jadi ia sedang sakit.

Baca: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kelinci Rontok

8. Mata Lelah


Mata lelah dan cenderung pucat pada kelinci menjadi salah satu ciri kelinci sedang sakit. Sebab pertanda awal adalah menurunnya nafsu makan. Karena nafsu makan tidak ada maka membuat mata menjadi terlihat lelah, lesu dan pucat.

9. Perut Kelinci Buncit


Ciri Ciri Kelinci Sakit Kembung

Mengenali ciri kelinci sakit dengan melihat perutnya memang sedikit rumit. Sebab perut buncit pada kelinci ada 3 penyebab yakni hamil, cacingan, gemuk dan yang paling parah adalah kembung. Kembung pada kelinci bila dibiarkan berakibat buruk. Dapat menghantarkan kelinci ke Surga. So, kalian harus jeli. Silakan boleh membaca tulisan ini, [Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Kembung AMPUH]

10. Perubahan Feses Kelinci


Feses kelinci yang terlalu basah bisa menjadi tanda ia sedang sakit diare. Sebaliknya bila terlalu kering bisa jadi kelinci anda kekurangan minum alias dehidrasi. Maka rubahlah pola makan dan minum kelinci anda. Berikan porsi makan dan minum kelinci yang sesuai.

11. Mata Dan Hidung Berair


Saat imun tubuh kelinci sedang lemah maka bakteri akan dengan mudah masuk ke tubuh kelinci dan itu ditandai dengan berairnya mata dan hidung si kelinci. Jika anda melihat hal itu segera bawa ke dokter hewan untuk mengetahui sakit apa kelinci anda. Mata dan hidung yang berair merupakan termasuk gejala yang cukup parah. Maka jangan disepelekan.

Baik akhirnya usai sudah pembahasan kami kali ini terkait ciri ciri kelinci sakit. Untuk mengenali kelinci sakit sebenarnya tidak harus melihat ke 11 poin di atas. Karena hanya cukup melihat beberapa poin saja maka sudah ketahuan kalau kelinci anda sedang sakit.

0 Komentar 11 Ciri Ciri Kelinci Sakit

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top