12 Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan Saat Ini

Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan- Mengingat permintaan pasar Indonesia terhadap ikan konsumsi dan ikan hias sangat tinggi, maka menjalani usaha di sektor peternakan ikan air tawar terbilang menjanjikan.

Namun sayangnya usaha ini belum bisa dijalankan secara maksimal oleh masyarakat di negara kita. Masih banyak permintaan pasar terhadap ikan konsumsi yang belum terpenuhi. Padahal negara kita sendiri kaya akan lahan. Di samping itu menjalani usaha peternakan ikan juga terbilang mudah.

Salah satu kemudahannya adalah tidak semua jenis ikan harus dibudidayakan di lahan yang luas. Ada sebagian jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan di lahan yang sempit. Misalnya ikan hias cupang, guppy dan lain sebagainya. Meski dengan modal yang ekonomis tapi keuntungan yang didapat cukup besar.

Berikut ini hobinatang.com akan mengulas jenis jenis budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan. Semoga bisa dijadikan bahan referensi bagi kalian yang hendak terjun ke dalam usaha ternak ikan.

Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan


Ikan yang paling menjanjikan untuk dibudidayakan adalah jenis ikan konsumsi. Peminatnya tidak pernah habis sampai semua masyarakat tidak doyan ikan. Namun selain ikan konsumsi ada juga beberapa jenis ikan hias yang memiliki banyak penggemar. Nah biar lebih jelas, silahkan simak ulasan kami di bawah ini:

1. Budidaya Ikan Gurame yang Menguntungkan


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Tidak diragukan lagi. Ikan gurame sangat menguntungkan untuk dipelihara. Sebab dia memiliki harga jual cukup mahal. Terbukti sudah banyak masyarakat umum (Khususnya yang berada di daerah Asia tengah dan Asia Barat) yang membudidayakan gurame untuk dijual atau sekedar konsumsi pribadi.

Biasanya ikan gurame menjadi menu andalan di sebagian restoran. Konon, di jawa barat ada orang yang mampu membesarkan gurame hingga mencapai 4 kg. Tapi Anda tidak harus membesarkan gurame sampai 4 kg. Sebab, ikan gurame dengan berat 0, 5 hingga 1 kg saja sudah dapat dikonsumsi.

Panduan budidayanya simak di sini: Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen

2. Beternak Ikan Lele


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Budidaya ikan air tawar yang paling mudah dan murah adalah ikan lele. Bagaimana tidak? Ikan lele memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat dan paling kuat dibandingkan ikan air tawar lainnya. Perawatannya juga mudah, anda cukup memperhatikan faktor pakan dan kolam. Jangan biarkan lele kelaparan agar tidak bersifat kanibal (memakan temannya)

Selain mudah, ikan lele juga memiliki peminat yang banyak. Bahkan ikan lele menjadi menu favorit di resto atau warung pecel lele yang ada di pinggir jalan. Dagingnya lunak dan durinya sangat sedikit inilah yang membuat para konsumen menyukainya.

3. Ikan Nila


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Ikan nila atau Oreochromis Niloticus merupakan jenis ikan konsumsi yang mudah dibudidayakan. Sama seperti ikan lele. Nila juga mempunyai pertahanan tubuh yang kuat. Durasi panennya hanya 4-6 bulan. Setelah itu ikan nila sudah bisa dipanen dan siap dikonsumsi.

Selain di atas masih ada kelebihan yang dimiliki ikan nila. Pertama ia merupakan ikan yang mudah dipelihara. Kedua peminatnya banyak. Ketiga kuat dari serangan penyakit. Terakhir dia ttermasuk omnivora yang bisa diberi makan apa saja.

Untuk membudidayakannya anda cukup menyiapkan kolam terpal atau kolam tanah. Ukuran kolomnya harus disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan anda pelihara.

4. Beternak Ikan Mas


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Budidaya Ikan mas tidak kalah menguntungkan. Mengingat Indonesia berlingkungan tropis. Maka sangat cocok untuk memelihara ikan mas. Kemudahan budidaya ikan mas ialah bisa dibudidayakan di kolam terpal, jaring terapung dan kolam tanah. Baik dengan air deras maupun air tenang. Untuk memanennya Anda cukup menunggu 5 bulan setelah itu tinggal menikmati hasilnya.

Masyarakat zaman dahulu di tahun 1860 an di Ciamis melakukan pemijahan ikan mas menggunakan ijuk. Namun ternyata teknik tersebut masih kerap digunakan oleh masyarakat di zaman saat ini. Karena memang terbukti ampuh dan mudah.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Panduan Lengkap untuk Pemula

5. Budidaya Ikan Patin


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Daftar budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan kelima adalah ikan patin. Saking banyaknya peminat ikan patin sebagai menu makan, sampai sampai pihak pasar Indonesia banyak yang impor ikan patin dari Vietnam.

Alasannya ikan patin yang berasal dari luar negeri berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan milik pembudidaya patin dalam negeri. Umumnya mereka hanya butuh waktu 6 bulan untuk memanen ikan patin.

Tapi sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan ikan patin sudah bisa dikonsumsi. Lebih besar ikan maka lebih mahal pula harganya. Jadi, membudidayakan ikan patin bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Panduannya simak di sini: Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal dan Tanah

6. Udang


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Udang memang bukan termasuk ikan. Tapi masuk dalam kategori binatang air tawar/air laut yang dapat dikonsumsi sehari hari. Manfaat udang ada banyak sekali. Di antaranya mengandung protein dan gizi yang tinggi. Cara membudidayakan udang juga sama persis dengan ikan. Cukup menggunakan kolam terpal dan air yang tenang.

Apabila kalian ingin membesarkannya harus rajin memberi pakan yang bagus. Untuk udang air tawar kami rekomendasikan memelihara jenis udang galah. Udang galah berukuran cukup besar dan segar saat dikonsumsi.

7. Ikan Bandeng


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Ikan bandeng merupakan jenis ikan air payau. Bila dikonsumsi rasanya sedikit asin namun sangat lezat. Di dalamnya mengandung protein hewani yang sangat tinggi dan rendah kolesterol. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita obesitas.

Jika kalian tinggal di pinggiran pantai maka membudidayakan ikan bandeng sangat kami rekomendasikan. Sebab perawatan ikan bandeng membutuhkan air yang memiliki kandungan garam sedang alias tidak kurang dan tidak lebih. Kebanyakan peternak bandeng memakai kolam tambak, tetapi anda juga bisa memakai kolam terpal dengan syarat harus sering mengecek kondisi garam pada air kolam.

8. Budidaya Ikan Hias Guppy


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Bukan hanya ikan konsumsi, budidaya ikan hias air tawar juga juga sangat menguntungkan. Lihat saja sendiri, di dunia ini penghobi ikan hias tidak pernah punah. Bahkan cenderung bertambah setiap tahunnya.

Terkait budidaya ikan hias yang menguntungkan, Anda bisa memilih ikan guppy, cupang, arwana, koi dan koki sebagai usaha ternak di rumah. Selain murah, ikan guppy juga memiliki perkembangbiakan yang cepat. Sehingga lebih cepat untuk dijual.

Ikan guppy banyak diminati masyarakat lantaran warna dan siripnya yang bagus cerah. Terutama guppy jantan. Kalau guppy betina cenderung kusam.

Membudidayakannyapun tidak membutuhkan lahan luas dan lebar. Serta tidak pula mengeluarkan biaya mahal. Cukup sediakan kolam terpal minimalis lalu beri pakan secara rutin agar cepat besar.

9. Budidaya Ikan Cupang


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Budidaya ikan cupang bisa anda lakoni di rumah dalam meraup untung yang besar. Sebab penggemar ikan cupang tidak kalah banyak dengan lainnya.

Kelebihannya dia mempunyai bentuk tubuh sirip yang indah serta mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Sangking kuatnya, cupang mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang minim oksigen. Seperti botol, toples atau akuarium minimalis.

Cara membudidayakannya juga sangat mudah dan sederhana. Tidak perlu repot repot memikirkan apakah punya lahan sempit atau lahan luas. Karena cukup sediakan baskom, akuarium kecil, daun ketapang dan indukan ikan cupang. Untuk gambar ikannya silahkan cari di google atau lihat tulisan saya tentang jenis ikan cupang.

Silahkan simak: Cara Budidaya Ikan Hias Cupang yang Sederhana

10. Ikan Hias Arwana


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Budidaya ikan arwana juga sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Sebab, keindahan dan keanggunan ikan arwana ini mampu menghilangkan stres saat memandangnya. Sehingga bukan tidak mungkin lagi banyak penggemar terhadap ikan arwana tersebut sebagai ikan hias di akuarium rumah mereka.

Baca juga: Panduan Budidaya Ikan Arwana bagi Pemula A-Z

11. Ikan Koi


Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Tidak diragukan lagi ikan koi merupakan ikan yang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Jenis ikan koi yang beragam serta corak warna yang cantik membuat sangat cocok dipelihara di kolam depan rumah.

Banyak sekali macam macam ikan koi dengan berbagai macam pola dan corak warna yang berbeda beda. Sehingga sangat indah dipandang dan peminatnya juga banyak.

Baca: 50+ Jenis Ikan Koi Beserta Harga dan Gambarnya

12. Budidaya Ikan Mas Koki


Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Terakhir adalah ikan mas koki. Berbeda dengan ikan koi, ikan mas koki memiliki postur tubuh yang pendek, bulat dan gemuk. Saat berenang ikan ini terlihat lucu sekali. Karena kegemukan badan dia terlihat sulit berenang alias geal geol saat berenang.

Itulah mengapa ikan mas koki terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Sejarah mencatat, bahwa ada 130 jenis ikan mas koki di seluruh penjuru dunia. Memeliharanya pun tergolong mudah sehingga sangat cocok anda budidayakan di rumah lalu dijual dan mendapat untung yang tidak sedikit.

Baca: 12 Ternak Hewan Yang Paling Mudah dan Menguntungkan

Demikianlah daftar budidaya ikan konsumsi maupun ikan hias air tawar yang paling menguntungkan saat ini. Semoga ulasan hobinatang.com di atas bisa dijadikan referensi buat anda para hobiis ikan yang ingin membudidayakan ikan di rumah.

0 Komentar 12 Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan Saat Ini

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top