HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Ukuran dan Jenis Kandang Sugar Glider yang Baik dan Ideal

Mengingat sugar glider merupakan hewan nokturnal yang sangat aktif di malam hari dan biasa berkeliaran secara bebas di habitat aslinya, maka sudah sepatutnya para penghobi agar memikirkan kelayakan kandang sugar glider. Baik dari ukuran, jenis dan penempatan kandangnya. Semua harus diperhatikan demi kenyamanan dan kelangsungan hidup SG yang kalian pelihara.

Buatlah rumah sugar glider senyaman mungkin meskipun tidak seluas di habitat aslinya, tapi setidaknya kita mau berusaha membuat lingkungan/tempat yang layak seperti di habitatnya. Nah di sini hobinatang.com akan memberi informasi penting terkait kandang sugar glider yang baik, baik dari jenis, ukuran, aksesoris dan penempatannya.

Kandang Sugar Glider


Sebelumnya admin sudah pernah membahas terkait macam-macam kandang aksesoris dan mainan sugar glider, namun di sini kami akan lebih dalam membahas seputar kandang sugar glider. Sehingga bisa dikatakan artikel ini pelengkap dari artikel sebelumnya. Dan pastikan sobat baca juga artikel yang di atas tadi.

1. Jenis kandang sugar glider yang baik


Ukuran dan Jenis Kandang Sugar Glider yang Baik

Poin pertama saya akan menjelaskan jenis kandang yang baik untuk sugar glider. Seperti yang telah diketahui, kandang sugar glider ada banyak macamnya. Ada yang terbuat dari kayu dan besi, namun sebagian besar yang dijual di toko hewan terbuat dari besi. Mengapa demikian?

Karena memang kandang yang bagus adalah yang bahan utamanya besi/kawat kecil, namun perlu kalian ingat. Carilah kandang dengan lubang besi yang sedang (tidak terlalu kecil dan besar), jika terlalu kecil dapat mengakibatkan jari-jemari sugar glider terjepit dan terluka.

Dan beberapa teman ada yang memilih membuat kandang sendiri dengan modifikasi dan ukuran sesuka hatinya, hal itu sangat diperbolehkan bahkan bisa dibuat lebih indah dan bagus. Hanya saja pilihlah kawat dengan lubang lubang yang tidak terlalu kecil. Lalu sebisa mungkin jangan pakai bahan kayu, nanti mudah keropos akibat digigit sugar glider.

2. Ukuran kandang sugar glider yang ideal


Ukuran dan Jenis Kandang Sugar Glider yang Baik

Ukuran kandang sangat penting untuk diperhatikan, jangan sampai kandang sugar glider terlalu kecil sehingga membuatnya stress dan mati. Karena sesungguhnya SG adalah hewan yang aktif, biasa loncat ke sana ke mari. Lalu berapa ukuran kandang yang sesuai untuk SG?

Idealnya sugar glider lebih suka tinggal di dalam kandang berukuran 60x40x40 (PxLxT), namun jika SGnyq hanya 1 ekor bisa dicarikan kandang dengan ukuran 50x30x30. Atau dengan variasi memanjang keatas 30x30x70. Yang penting jangan terlalu sempit.

3. Penempatan kandang yang bagus


Ukuran dan Jenis Kandang Sugar Glider yang Baik

Penempatan kandang juga perlu diperhatikan, untuk melatih agar cepat jinak dan bonding biasanya diletakkan di tempat yang ramai misalnya di dekat ruang tamu atau di pinggir pintu yang banyak dilalui oleh manusia. Namun terkadang di tempat seperti itu tidak aman karena banyak binatang predator seperti kucing dan tikus, maka solusinya kalian bisa meletakkan di dalam kamar apabila malam hari supaya aman.

Perhatikan suhu ruangan kandang sugar glider, di alam bebas SG bisa hidup di antara suhu 18-30 C°, jadi rata rata ruangan kita sangat memadai. Kalau memang dingin, berikan aksesoris yang bisa menghangatkan tubuh SG.

4. Aksesoris di dalam kandang sugar glider


Ukuran dan Jenis Kandang Sugar Glider yang Baik

Di sini saya tidak perlu membahasnya panjang lebar karena pada link artikel di atas tadi sudah dibahas secara lengkap, jadi kalian tinggal buka saja link yang saya berikan di atas tadi, lalu pelajari kira-kira aksesoris apa yang perlu dan tidak perlu ada di dalam kandang sugar glider. Jangan sampai kamu memberikan aksesoris yang sebenarnya tidak penting atau bahkan membahayakan hewan anda.

5. Alas kandang sugar glider


Alas atau substrat kandang SG juga perlu diperhatikan, untuk menjaga kebersihan dan supaya tidak bau biasanya diberi pasir wangi. Tapi tidak juga harus menggunakan pasir wangi ada pula jenis substrat lainnya yang bermanfaat menghilangkan bau kencing sugar glider.

Nah demikianlah informasi informasi penting terkait kandang sugar glider semoga bisa dijadikan referensi bagi anda para pemula yang baru memelihara sugar glider di rumah. Baca juga tulisan tulisan lainnya tentang SG di situs ini ya kawan, Daaah..

0 Komentar Ukuran dan Jenis Kandang Sugar Glider yang Baik dan Ideal

Posting Komentar

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top