Cara Merawat Bayi Musang– Musang bukanlah binatang yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya buat para pencinta dan master-masternya. Yesah musang adalah hewan mamalia bersifat nokturnal yang banyak mendatangkan manfaat bagi pemiliknya, mulai dari material penghasil kopi luwak ataupun hanya sekedar kesenangan semata bagi penghobinya.

Sehingga tak heran jika banyak manusia yang menjadikan memelihara musang sebagai profesi bisnis menjanjikan yang dapat meraup jutaan sampai ratusan juta rupiah. So, apakah pembaca hobinatang.com tertarik untuk mendapat uang dari beternak musang? Jika iya maka anda harus tahu ilmu tentang bagaimana cara merawat anak musang yang masih merem atau bayi.

Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Masih Bayi
by: Mark Fauzi di grup MLI

Ketika anda memulai memelihara sepasang musang berarti anda juga harus siap merawat anak musang jika sudah lahir, dari sini anda juga harus paham bagaimana perawatannya, khususnya bagi pemula.

Jangan kalian anggap memelihara anak musang itu semudah merawat musang dewasa, karena belum lama ini kami menemukan keluhan sebagian penghobi musang yang ada di sebuah grup facebook, mereka mengeluhkan akan kematian anak musang yang ia pelihara, padahal dia sendiri sudah lama memelihara musang.

Oleh sebab itu, kami di sini akan berbagi kepada sesama ML (musang lovers) tentang cara merawat anak musang umur 2 bulan atau yang masih bayi, karena di usia tersebut (di bawah sebulan atau yang masih merem) anak musang masih rentan mengalami kematian. Berikut langkah-langkah yang harus kalian ikuti:

Cara Merawat Baby Musang Baru Lahir sampai 1 atau 2 Bulan

Ketika kalian hendak merawat anak musang pandan, rose atau yang lainnya, sebaiknya siapkan dulu barang-barang di bawah ini sebagai alat pendukung dalam memelihara bayi musang itu sendiri, seperti kandang, makanan dll:

Media Perawatan Bayi Musang

  • Siapkan box kotak dari kardus bekas dengan ukuran kira-kira 35 x 35 x 45 cm (boleh lebih), supaya si bayi musang tidak bisa memanjat dan keluar, dan jangan lupa untuk memberi tutup pada box nya.
  • Kemudian sediakan media penghangat berupa substrate (alas buat tidur), baik dari serutan kayu halus atau yang lainnya seperti koran bekas, biasanya media tersebut dijual di toko hewan.
  • Yang ketiga siapkan persediaan makanan anak musang baru lahir, biasanya memakai bubur bayi manusia (Sun, Cerelac, dll) dan juga gelas minum, sendok teh serta kain selebar serbet dabur, dan yang terpenting susu untuk musang yang non Laktosa.
  • Lalu siapkan pipet tetes yang biasa digunakan untuk minum obat bayi manusia, alat itu bisa kalian beli di apotik atau puskesmas.
pipet musang, Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Masih Bayi
  • Madu (banyak juga yang menggunakan susu kental manis)
  • Terakhir yaitu Multivitamin cair dan minyak ikan

Membuat Kandang Anak Musang

Apabila alat-alat di atas sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya ialah membuat kandangnya, dengan media yang sudah disiapkan:

  • Letakkan box kotak dari kardus yang sudah disediakan sebelumnya di tempat yang aman dari binatang predator.
  • Kemudian isi box tersebut menggunakan alas penghangat (substrate) berupa serbuk kayu, dan jangan sekali-kali menggunakan kain sebab akan menjadikannya lembab dan si anakan musang bisa terserang penyakit. Bayi musang yang sakit lebih susah disembuhkan (pengalaman)
  • Setelah itu, bayi musang tinggal dimasukkan dan kalian tinggal rajin-rajin mengganti substrate serta membersihkan kandangnya.

Tips Membuat Pakan Bayi Musang

Proses pembuatan pakan ini merupakan poin terpenting dalam memelihara anak musang, cara pembuatannya cukup mudah, yaitu:

  • Ambil 1 sendok teh bubur sun/cerelac yang sudah disediakan di atas tadi.
  • Lalu masukan ke dalam gelas.
  • Setelah itu campurkan dengan bahan lainnya seperti minyak ikan 1-2 tetes.
  • Susu non Laktosa untuk musang (saya lebih suka menggunakan madu).
  • Kemudian ditambah 1-3 tetes multivitamin menggunakan pipet
  • Dan terakhir masukkan air hangat ke dalam gelas tersebut lalu aduk sampai tercampur semua. (disarankan jangan terlalu kental).

Cara Memberi Makan Anak Musang yang Masih Bayi baru Lahir

Bayi musang yang baru lahir tentunya tidak bisa makan sendiri, maka kalian harus membantunya dengan mendulangnya menggunakan pipet bayi. Pertama-tama ambillah bayi musang dari kandangnya menggunakan sapu tangan, usahakan tidak bersentuhan dengan kulit anda secara langsung.

cara memberi makan bayi musang

Setelah itu, sedot makanan yang sudah diadon di dalam gelas tadi menggunakan pipet, lalu kondisikan bayi musang yang ada ditangani anda supaya tidak gerak-gerak dan memberontak, apabila sudah tenang masukkan pipet berisi adonan makanan tersebut ke dalam mulut si musang dengan perlahan, maka secara otomatis biasanya bayi musang akan menyedotnya sendiri.

Selanjutnya ulangi terus langkah di atas sampai dia benar-benar kenyang. Berilah makan anakan musang yang masih merem 3-4 jam sekali, atau sekitar 5 kali sehari dengan porsi 10 ml sekali makan. Kalau anak musang sudah melek biasanya dikasih makan 3 kali, namun porsinya ditambah 25 ml. Lakukan terus pengecekan terkait kesehatan tubuh musang, jika ada tanda-tanda yang tidak beres tanyakan langsung kepada ahlinya, entah di forum-forum atau langsung ke dokter hewan.

Jika kalian belum bisa menentukan jenis kelamin musang, sulahkan pelajari artikel ini, cara membedakan musang jantan dan betina.

Itulah cara merawat anak musang umur 2 bulan atau kurang. Silakan dicoba dan jangan lupa sertakan doa supaya prosesnya lebih mudah. Jika teman-teman menemukan cara yang lebih baik dari cara kami, tulislah komentar di bawah ini, semoga dapat membantu pembaca hobinatang.com lainnya. Terimakasih #salamwangi

Tags:

62 responses to “Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Yang Baru Lahir”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas says punya baby musbul kira kira umur sebulan..ko bay bulu/badan musang saya bau amis/penguk ya..Dan baunya kalau ditangan saya ga hilang di cuci biasa..apakah untuk baby musbul semua sama atau musang saya aja.maaf masih awam.trims infonya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tidak juga mas, selama ini bayi musang kami tidak bau amis. mungkin saja bau tersebut dari induknya atau kandang yang kurang bersih.

    2. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saya saranin pake bedak bayi mas. Tapi jangan banyak banyak. sedikit saja.. ini berdasarkan pengalaman saya

    3. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau tidak pake tisu basah, dilap pelan pelan

    4. Unknown Avatar
      Unknown

      Mas musang saya melahirkan kok anak nya dimakan sih mas?
      Tolong sarannya dong mas🙏

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Iya mas..tapi sekarang malah ada lagi fasenya kuning berair mas..kenapa ya..susu yg kurang cocok..apa dari makanannya yg terlalu cair

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    dalam tahap ini saya baru kasih susu S*M Ananda..Dan bubur S*N rasa pisang..kadang juga pisang yg sya lembekin campur madu..mas..menurut mas gimna ya baiknya menu makanya biar padat fasenya.trim

  4. HoBinatang Avatar
    HoBinatang

    Musang mencret atau kotorannya tidak padat biasanya disebabkan bukan hanya karena makanan saja mas.

    Bisa jadi ada beberapa hal yang menyebabkan kotoran anak musang tidak padat.

    Seperti kandang terlalu dingin dan lembab sehingga pencernaannya terganggu. Makanan musang kurang higienis atau bersih sehingga ada bakteri masuk dan mengakibatkan mencret. Kemudian susunya tidak cocok.

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Oh begitu mas..ini saya mau tanya soal ternak musang mas..klo musang itu type satu pasangan atau bisa ganti pasangan..misal satu jantan 2 betina..dalam satu ruang..apakah kedua betina itu bisa di kawini sekaligus..atau cukup dengan satu betina saja mas

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      mengawinkan satu jantan dua betina bisa saja. Asalkan, nanti tidak saling melukai orang saat berada di satu kandang. Dn agar mereka tidak saling bertengkar sebaiknya ketua indukan ini dipelihara persamaan sejak kecil.

      Cara kedua desa dengan mengenalkannya selama dua pekan, yaitu dengan mendekatkan kandangnya. Tapi kita ke tuanya bertengkar sebaiknya tidak usah dilakukan.

  6. Unknown Avatar
    Unknown

    Dan untuk berternak musang media kandang ITU sebaik nya yang seperti APA…apakah seperti kandang unggas yg memakai sebidang tanah dipager tapi ada kandang di dalam dengan pintu terbuka agar si musang bisa keluar masuk kandang.atau cukup dengan 1 kandang yg tertutup..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Seperti kandang musang pada umumnya mas. Semakin luwas semakin bagus. Baca saja di sini

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Muspan sy min dikasih susu pakai dot gak mau malah berontak terus? Ada solusi kah?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Pelan pelan atuh gan, dengan kasih sayang. 🙂

      Ketika mau memberikan makan diusahakan ukuran dot atau suntikan 3 mili. Bisa diberikan setiap 3 atau 4 jam sekali, dan jangan lupa apabila dikasih makan diusakan jangan sampai terlalu kenyang atau tersedak.

      Nanti kalau kekenyangan&tersendak, si musang biasa mengalami kematian. So, sebagai owner harus teliti, memahaminya dan mengasihi dengan sayang.

      Kalau masih menolak, coba ganti susunya. Atau cari dot yang tidak keras mas. Thanks

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas saya baru aja beli musang pandan umur 2 bulanan, saya bingung mas mau kasih makan apa, pagi siang sore malem . minta solusi mas , trims

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Wah, selamat ya. Masalah makanan musang untuk usia 2 bulan sudah kami tulis di sini mas –> Makanan untuk Musang Baru Lahir sampai 2 Bulan .

      Jadi jangan bingung lagi ya mas, hehe

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    Apa harus 3-4jam om?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Disesuaikan sama musangnya mas. Dipilih 3-4 jam karena anak musang masih dalam pertumbuhan. Jadi butuh banyak asupan gizi dan nutrisi. Jangan biarkan dia kelaparan intinya…

  10. via Avatar
    via

    Kng ank musPan kira2 umur 1.5bulan Itu cukup dksih ssu doang atwa hrus d ksih pisang Jga buah yg lainya?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Dikasih buah buahan boleh kok. Tapi ajari pelan pelan, pusang dilembutin dulu. Kalau sudah 2 bulan nanti sudah bisa makan buah lancar. Tapi biasanya orang orang cuma ngasih susu dan bubur mas.

      Saya pribadi tidak masalah kasih buah. Yang penting sehat.

  11. Unknown Avatar
    Unknown

    Kak, muspan saya umur 2,5 bulan. Dia mencret dan males makan… Pengobatannya gmna y kak? Saya cemas dia gak bakalan sembuh…

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ini adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pembaca.

      Kak, musang menceret itu berarti tandanya kurang serat. Makannya kasih pepaya atau gak pisang saja..

      Oh iya, untuk pemberian susu. Tolong jangan susu bendera, atau yang banyak mengandung laktosa.

      Adapun masalah nafsu makan yang kurang, baca ini kak

      cara menambah nafsu makan musang

    2. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Masalah lain bisa karena cuaca yang terlalu dingin atau kadang yang kotor sehingga timbul bakteri dan makanan musang terkontaminasi oleh kotoran itu. Seperti yang sudah kami jawab dari pertanyaan musang lovers di atas.

  12. Rendi pero Avatar
    Rendi pero

    Mas saya baru beli anak muspan umur 1 bulan . Knapa ya mas musang nya diam aja dan mcm gak bergairah gtu klu jalan. Apa baby musang smua seperti itu mas. Makasih mas.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Masih adaptasi mas. Maklum namanya juga di daerah yang baru, kita juga kalau berada di tempat baru memerlukan adaptasi dengan tetangga kita.

  13. Unknown Avatar
    Unknown

    gan kenapa ya baby muspan saya nggak berak terus kalo lagi tidur suka menggeram

  14. Unknown Avatar
    Unknown

    kang kenapa ya baby muspan saya nggak berak terus kalau tidur suka menggeram apa emng gitu

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Coba mas, kasih buah buahan kaya pepaya. Nanti kalau masih gak berak, komen lagi ya mas.

  15. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas saya mau tanya klo muspan umur 2 bln lbih, mandinya harus tiap hari ga buat penjinakan.. Maff saya pemula. Mksh

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Gak mas, justru kasian kalau tiap hari. 🙂

      Satu pekan 2 kali juga gpp.

  16. Unknown Avatar
    Unknown

    Slmat mlm mas..
    Mas sy punya muspan usia jalan 2bln, apakah boleh di mandikan, klo blm boleh cara bersihkan badannya pakai apa dan boleh di mandikan usia berapa ya? Trims suhu(maaf mas masih nubie)

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Malam juga mas. Banyak yang bilang, usia 2-3 bulan jangan dimandikan. Karena belum kuat nahan dinginnya air.

      Tapi saya sendiri di usia 2 bulan pernah memandikan musangku. Tapi tidak sering. Paling 2 pekan atau 1 pekan sekali.

      Jika mas nya takut bisa dimandikan dengan tisu basah. Non alkohol.

      Seperti itu lebih aman.

  17. Unknown Avatar
    Unknown

    Mau tanya nih min
    Musang sy umur 1,5 bln,bulunya kok rontok gitu ya,di bagian dagu n di bagian ketiak musang,cara menyembuhkan gmn ya?

    trimakasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Apakah sudah dicek di bagian rontoknya? Coba cek dulu apakah ada ciri ciri jamuran pada musang atau tidak. Kalau penyebabnya karena jamuran, baca artikel sebelumnya tentang mengtasi musang jamuran

      Kemungkinan lain bisa karena cuca. Karena bulan bulan ini cuaca kita masih musim hujan. Sehingga tingkat kelembapan pada kandang bisa berubah, akibatnya anak musang stres dan rontok bulunya. Mengatasinya tinggal dipindahkan ke tempat yang lebih hangat dan bersih.

      Kasih vitamin dan madu juga. Beli scott emulsion

  18. Unknown Avatar
    Unknown

    maaf mau tanya nech knq
    klo musang gk bsa telan gmna dan juga nafas pke mulut mnta solusinya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Banyak yang ngalamin hal semacam itu mas. Semoga bukan karena distemper. Untuk penanganan pertama, coba musangnya di kasih primavon & Scott emulsion. Banyak yang berhasil dengan cara itu.

      Kalau belum juga berhasil, masih ga mau nelen. di Spetin mas. Isinya air kelapa hijau. Kasih terus saja. Sama di Speet pisang. Masukin ke dala. biar di telan. Jangan sampai tidak ada makanan masuk ke dalam perut. Nanti kurus dan lemas. Kalau belum ada perkembangan, komen lagi ya.

  19. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas muspan ku masih 1,5 bln ko dia sering kaya org tersedak yah mas aku udh kasih vitamin dan susu udh aku jemur juga gimana solusi nya?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau tersedaknya sekali dua kali, itu maklum. Tapi kalau keterusan itu bahaya. Coba pertolongan pertama mas urut tengkuknya, sambil ditepuk pelan pelan.

      Dan tersedak batuk bisa juga gejala virus parainfluenza. Hati hati kalau dibiarkan malah bisa mati. Cobalah bawa ke dokter hewan, biar dapat penanganan intensif.

      Apa ada pertanyaan lagi?

      (Admin)

  20. Unknown Avatar
    Unknown

    Gan cara memandikan musang akar umur 2-3 bulan gimana yaa

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sebenarnya musang usia 2 bulan sudah bisa dimandikan dengan air hangat mas. Meskipun sebagian hobiis berpendapat tidak boleh karena takut kedinginan dan masih rawan. Makannya ada yang baru berani memandikan di usia 2.5-3 bulan.Tapi kami sendiri memandikan yang usia 2 bulan, sebanyak 1 kali dalam sepekan.

      Kalau takut memandikan sama air hangat, pakai saja tisu basah nok alkohol. Untuk cara memandikannya bisa baca, cara memandikan musang di situs ini.

  21. fandy Avatar
    fandy

    gan saya baru punya musang. kira2 umur 3 bulan. kdang lahap makan kadang males makan. dan semakin kurus bulunya rontok. mohon solusinya gan

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tandanya musang sampean lagi sakit om. Gejalanya apa saja coba sebutkan. Kalau malas makan dan bulu rontok bisa jadi jamur, bisa jadi yang lain.

      Coba mandiin dengan air sirih lalu dijemur setiap pagi antara jam 7-9.

      Untuk pemberian pakannya jangan dikasih daging2an. Kasih air kelapa ijo sama susu murni kaya susu beruang. Kalau ga mau, pake pipet om.

      Kalo buat bulu yang rontok. Pake minyak kemiri, rutin aja dikasih minyak dibalurin ke semua bagian bulu terus dijemur.

      Silahkan, cari di situs ini yang membahas penyebab dan cara mengatasi bulu musang rontok. Lalau cara mengobati penyakit jamuran pada musang.

  22. Unknown Avatar
    Unknown

    muspan saya gak mau nambah bbnya mas, minum susu+ sun.. dr mata merem sampai sebulan g mau nambah, malah kayaknya kurusan.. minsolsinya lah mas.. suwum

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Menggemukkan musang itu cocok cocok an mas. Saya pribadi dikasih promina plus bubur full. Tapi tergantung karakter musang juga, coba sampean baca ini dulu: Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat

  23. Unknown Avatar
    Unknown

    Pertnyaan yg sy mau tanyakan sudah di tanyak semua dan di jawab oleh admin dengan jelas. Sy mah teh cuma mau ngucapin terima kasih admin udah bwt artikel tenteng musang.salam MLI

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sama sama Mas. Salam MLI sak lawase (seumur hidup) hehe

  24. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas sya mau tanya..musang baby membuka mata umur berapa ya..dan saya ngasih susu mengunakan sendok plastik karna susah pke suntikan..boleh gk pke sendok pelastik seperti itu.soalnya selalu kena hidungnya klo pke sendok

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tidak masalah mas, yang penting makanan bisa masuk. Tapi coba dilatih pake spet..

  25. NUga mortague Avatar
    NUga mortague

    Mas musangku sudah tumbuh gigi umur 2/bulan tapi knpa gabisa/gamau makan sendiri?trus klo dimsukin ke kandang dia teriak2 jadi tdurnya diksur sma sya
    Minta solusinya mas

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau musang usianya masih 2 bulan dan belum mau makan sendiri sebaiknya pakai spet dulu, sambil dilatih Dikasih pisang yang sudah dilembutin.

      Nanti saat usia mencapai 3 bulan, musang bisa makan sendiri dengan lancar. Jangan lupa pemberian susu juga diperhatikan.

      Sebelum menjawab pertanyaan kedua, mau memastikan emang tidak ada induknya? Apalakah mas membeli musang di usia 2 bulan?

  26. NUga mortague Avatar
    NUga mortague

    Baik terima kasih mas saran nya
    Tidak ada induknya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Masih terlalu dini sevenseben kak, anabulnya masih nyusu.

  27. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas saya mau tanya musang saya belum melek apakah makannya hrus rutin 4-5jam sekali atau nunggu dia lapar ?terus apakah wajar dia kebnayakan tidur trs ? Dan bolehkan di pegang2 trus ? Mkasihh 😊

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Apakah tidak ada induknya? Saya sendiri tidak pernah pelihara musang yang belum melek.

      Tapi saya pernah keep yang baru baru melek, masih kecil juga.

      Buat yang masih baru melek saja kami beri susu sekitar 3-5 jam an sekali.

      Biasa nya jika sudah nangis langsung diberi. Tapi meskipun ga nangis tetep saya spet saat sudah 4-5 jam.

      Soal tidur itu wajar Kak. Lanjutkan!

      Soal dipegang, saran dari kami jangan dulu sering sering. Karena masi rentan. Sehingga sebaiknya fi handle atau dipegangnya saat diberi susu saja.

      Tetap jaga kehangatan untuk anabulnya ya Kak

  28. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas.. saya punya anakan muspan umur 4 hari. Apa cukup dengan susu saja? Apa perlu dicampur dengan makanan bayi (SUN). Saya beri susu tiap 4-5 jam. Kok 4 hari matanya masih merem yah. Ga melek melek

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Tambahan… saya pasang lampu 5 watt biar hangat

    2. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tidak usah dikasih lampu tidak masalah yang penting hangat saja. Apalagi saat ini musim panas. Terkait bayi yg masih merem dikasih susu saja dulu, nanti bertahan dikasih bubur, setelah mulai 2 bulan dikasih pisang yang dilembutkan..

      Umur segitu masih merem wajar mas.

  29. Unknown Avatar
    Unknown

    Cara ngasih makan baby musang gmn kak?

  30. Unknown Avatar
    Unknown

    Susu yg aman utk baby musang apa ya mas?

  31. Unknown Avatar
    Unknown

    Bang, kenapa anak musang berisik banget kayak jerit jerit mulu, apa karna stres tempat baru?

  32. Unknown Avatar
    Unknown

    Musang saya baru 3 hari di kasi susu SGM blm di kasi sun mas apa perlu di kasi sun juga

Leave a Comment