Selamat sore sugar glider lovers seindonesia, apa kabarnya? di sini kami akan berbagi informasi kepada kalian semua, baik yang mau membeli ataupum yang sedang memelihara sugar glider. Yaitu informasi tentang jenis penyakit pada sugar glider dan cara mengobatinya.

Membahas jenis penyakit sugar glider bukan berarti untuk menakut-nakuti kalian yang masih nubi atau pemula, namun tujuannya supaya kita bisa antisipasi dan bisa tahu penyebab-penyebabnya sehingga kita dapat lebih perhatian terhadap perawatan dan kesehatan si sugar glider.

Apa saja penyakit pada sugar glider?

Jenis Penyakit Sugar Glider dan Cara Mengatasinya

Di bawah ini ada sebagian daftar jenis penyakit SG yang merujuk pada artikel DrH. Fira Sovica:

1. Penyakit Mata pada Sugar Glider

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Kalian tahukan bagaimana rasanya sakit mata? Gejala sakit mata yang menimpa manusia rasanya hampir sama dengan binatang. Yaitu bengkak, berair dan gatal-gatal.

Mungkin bagi kita sakit mata adalah hal yang biasa, tapi bagi sugar glider tidak! sebab penyakit ini dapat mengakibatkan gatal-gatal di bagian mata sehingga dia pun menggaruknya dan garukan tersebut dapat menyebabkan kebutaan. Jadi segera diatasi jika sudah terserang.

Cara mengatasinya cukup diberikan obat tetes mata khusus hewan yang bisa kalian beli di toko hewan atau apotik terdekat. Tapi jika tidak kunjung sembuh, lakukan cara di bawah ini:

  1. Pisahkan sugar glider yang sehat dengan yang sakit, supaya penyakit mata ini tidak menular ke rekannya.
  2. Jangan diberi makan yang berprotein tinggi seperti seranggga, jangkrik. Jadi berikan saja buah-buahan sehat.
  3. Siapkan tisu basah anti alkohol yang steril, untuk membersihkan beleknya.
  4. Beri obat tetes mata, jika masih belum sembuh juga bawa ke dokter hewan.

Makanya sebelum terjadi, Anda harus menjaga kebersihan kandang supaya bakteri dan kuman tidak tumbuh berkembang.

2. Penyakit Hairloss pada Sugar Glider

Apa itu hairloss?

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Foto by facebook Alvin Fawaz

Hairloss merupakan salah satu jenis penyakit sugar glider yang menjadikan bulu tubuhnya rontok. Biasanya penyebab utama penyakit ini adalah karna keadaan kandang yang kotor, kurang nutrisi dan protein serta stress.

Agar sugar glider anda tidak terkena penyakit hairloss, disarankan untuk merawat kandang dengan baik, jaga selalu keadaan supaya tetap bersih, minimal dibersihkan 2 kali dalam 1 pekan/minggu, terutama tempat tidurnya (pounch). Sebab kondisi kandang yang kotor bisa menumbuhkan bakteri dan jamur, sehingga bakteri dan jamur tersebut akan menyerang tubuh sugar glider dan mengakibatkan gatal-gatal serta iritasi kulit lalu akhirnya bulunya rontok.

Selain itu kalian juga harus memberi makanan yang bergizi dan menjaganya agar tetap tenang alias tidak stres, maka jauhkanlah kandang SG dari tempat yang sangat bising, terutama saat di waktu istirahatnya (siang hari).

Nah, itulah cara mencegah penyakit hairloss, lalu bagaimana cara mengobatinya?

Bersihkan area bulu yang rontok setiap hari menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun cair dettol secara pelan-pelan sambil dilakukan observasi dan pengecekan, apakah SG masih merasakan gatal atau tidak.

Namun bila kulit sugar glider sudah terlanjur luka akibat sering digaruk, maka kalian jangan memberi makan yang mengandung protein tinggi seperti serangga.

3. Penyakit Diare pada Sugar Glider

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Nah, jenis penyakit sugar glider inilah yang kami sebut paling berbahaya. Mengapa? Karena diare adalah penyakit yang paling sering menimpa hewan sugar glider.

Sugar glider yang terserang diare akan mengalami gangguan pencernaan, dan jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kematian. Penyebab utamanya adalah sumber makanan, atau salah memberi makanan. Intinya jangan terlalu sering memberi makan jenis serangga, sebaiknya mengkombinasikan makanan sugar glider dengan buah-buahan atau lainnya.

Cara mengatasinya berikan obat dan vitamin yang bisa kalian beli di pet shop. Selengkapnya bisa dibaca: Cara Mengobati Sugar Glider Mencret

4. Kaki Bengkak

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Kaki sugar glider yang mengalami pembengkakan biasanya karena infeksi bakteri yang menempel pada luka di bagian kaki SG. Mungkin karena kandangnya yang kotor sehingga bakteri bisa tumbuh dan berkembang dengan bebas.

Sugar glider yang terserang penyakit ini bisa stres dan merasakan kesakitan yang akhirnya akan membusuk.

Langkah Pengobatan Kaki Sugar Glider yang Bengkak:

  1. Hindari makanan yang mengandung protein berlebih seperti jangkrik, ulat hongkong  telor rebus dan bubur bayi.
  2. Berikan makanan yang tidak mengandung protein atau rendah protein seperti, pisang, pepaya, lengkeng, semangka dan lain-lain.
  3. Tambahkan sedikit madu pada air minum sugar glider, karena dapat menguatkan daya tahan tubuh sugar glider. Tapi hendaknya sobat juga berhati-hati dalam pemberian madu tersebut, jangan berlebihan sebab pemberian glukosa yang terlalu banyak pada air minum SG malah akan membuat luka SG semakin memburuk.

Itulah sebab penyakit kaki bengkak pada sugar glider dan cara mengobatinya. Kalau ingin lebih lengkap baca, cara mengobati bengkak pada sugar glider AMPUH.

5. Penyakit Hild Leg Paralysis

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Hild leg paralysis adalah penyakit kekurangan kalsium dan fospor, gejala awalnya yaitu kurang nafsu makan, berat badan menurun dan kurang aktif. Biasanya penyakit ini timbul karena faktor makanan, atau pola makan yang salah.

Cara mengobatinya cukup mudah, sobat cukup memberikan tambahan vitamin sugar glider dan memberi makanan yang banyak mengandung kalsium dan fospor. Makanan tersebut bisa berupa buah-buahan seperti pisang atau lainnya. Agar mempercepat penyembuhan, tambahkan saja madu pada minumannya, jangan terlalu banyak tapi sedang-sedang saja.

6. Katarak pada Mata Sugar Glider

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Sebenarnya penyakit yang terakhir ini termasuk jenis penyakit mata, namun kami pisahkan karena lebih parah dan penanganannya berbeda.

Penyakit katarak disebabkan karena asupan makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi sehingga gizi pada tubuhnya tidak seimbang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di mata sugar glider, yang kemudian akan merembet ke seluruh matanya sampai pada akhirnya mengalami kebutaan.

Pengobatan penyakit katarak sangatlah sulit, meskipun masih bisa ditangani tapi tetap saja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Semakin anda cepat mengobatinya maka akan semakin cepat sembuhnya, tapi sebaliknya jika anda tidak segera mengobatinya maka akan semakin sulit atau bahkan buta selamanya.

Mengatasi penyakit katarak hampir sama seperti cara mengobati penyakit bengkak kaki, yaitu memperbanyak konsumsi buah dan menghindari makanan berprotein tinggi. Tapi lebih disarankan lagi jika langsung pergi ke dokter hewan.

Baca juga: Tips Merawat Sugar Glider yang Benar

Baik terimakasih, itulah penjelasan panjang lebar mengenai jenis penyakit pada sugar glider dan cara pengobatannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua khususnya yang sedang mengalami masalah pada SGnya. [nb: bagi yang memiliki gambar di atas silahkan tulis komentar di bawah, supaya bisa kami tulis]

44 responses to “6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Mau tanya dong..klo SG saya dari pagi sampai mlm ga aktiv..makan nya cuma sedikit itu knp ya??tolong bantu ya..😢makasih

  2. HoBinatang Avatar
    HoBinatang

    Kebetulan dulu saya sering ngalamin kaya gitu kak. Coba carikan pakan jenis lain, mungkin bosan dengan makanan yang sekarang. Jika sudah dicoba tapi belum sembuh, hubungi kami lagi ya kak

  3. Anonim Avatar
    Anonim

    mau nanya, kalo SG cuma diem aja dan ga mau makan itu kenapa yah, kmaren ini saya tinggal ke jogja SG saya saya titip di sodara tapi hari ini SG saya ga mau makan dan hanya diem aja
    minta sarannya yah kalo bisa inbox ke fb saya di https://www.facebook.com/profile.php?id=100013843291845

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Bisa jadi stres kak cantik 🙂

      Coba tanyakan ke saudara, diapain aja tu SG nya.

      Sebaiknya diberikan kasih sayang lagi, sering di ajak main dan beri kedekatan padanya

  4. Andre Yt Avatar
    Andre Yt

    misi mau tanya,
    kalau SG pantat nya berdarah dan kadang keluar daging gitu dari lubang pantat nya disertai dengan darah, itu bagaimana ya?
    harus bagaimana ya?
    terima kasih.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Jika ditemukan lendir darah dari sugar glider maka umumnya penyakit itu adalah dehidrasi yang sampai mengakibatkan diare.

      Tapi bisa juga karena penyakit usus terkena infeksi atau parasit dan stress.

      Cara mencegah sugar glider yang mengeluarkan darah obat bisa memberi makan yang teratur diet yang seimbang dan jaga selalu kebersihan kandang supaya terbebas dari berbagai jenis bakteri infeksi berbahaya.

      Jauhkan dari makanan seperti jeruk. Gitu sob. terimakasih jika belum ada perubahan hubu kami lagi ya

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Kalau obat ya apa kak

  5. Devi santika Avatar
    Devi santika

    Kuku jempol sg saya copot, itu gimana ya penanganannya? Setelah kukunya putus, dia jadi gamau makan, disuapin ttp aja makannya dikit, cuma beberapa kali jilatan saja,
    Biasanya klo dikasih sun gamau, dikasih jangkrik mau, tp ini udah dikasih jangkrik tetep gamau juga.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Waduh mba? ko bisa copot sih kasian :'( kalau ngeluarin dari kandang jangan dipaksa ya mba sama pas narik dari pouch hati hati..

      Tenang mba nanti bisa tumbuh lagi kok. Di kasih betadin aja atau gak biar lebih aman, gigitin daun singkong lalu taroh di kuku yanh copot.

      Ya pasti ga nafsu makan, soalnya kesakitan. Saya saja kalau ada yang sakit jadi gak nafsu makan. �� Tenang saja mb..

  6. Tasya sonia Avatar
    Tasya sonia

    Mau nanya, sg saya beberapa hari belakangan ini bulu bagian bawahnya seperti basah, basahnya dari bagian bawah leher sampai perut, padahal batok kelapa tempat biasa dia tidur itu kering dan kandangnya juga kering, lalu kalau saya perhatikan dia suka jilat"in dan garuk bulu bagian bawahnya, terus kalau jalan jadi pelan dan sedikit gemetar seperti nahan gatal atau sakit saya tdk tau, sampai saat ini bulunya masih seperti itu, saya jadi bingung kira" itu kenapa ya?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kebetulan ini musim panas kak, biasanya pada cuaca panas sugar glider mudah terserang bakteri jamur dan kurap. Penyebabnya bukan hanya karena tidak lembab, tapi bisa juga karena kandang yang kotor tidak terawat dan tempat makan yang jarang dibersihkan atau ada makanan yang membusuk.

      Dilihat dari gejalanya memang biasanya itu jamur kak. Coba deh baca ini biar tau secara lengkap,

      Gejala Penyakit Jamur dan Kurap beserta Cara Mencegahnya

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Saya mau menanyakan masalah mata bengkak pada SG sebelah kiri sehingga sampai tidak terlihat lagi… Itu bagaimana penanganannya ya…. Boleh share pencerahannya…. Terima kasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau gak salah itu gejala abses kak. Abeses disebabkan oleh bakteri ke mulut. Prosesnya sama dgn yg terjadi sama manusia. semacam peradangan. analogi yg gampang ada bagian yg luka terus infeksi akibat luka kebuka dan ga diobatin akibatnya terjadi peradangan.

      Silahkam diobati pake GOM (Obat Satriawan). Beli di apotek cuma 3000 an. Setelah itu, makan serangganya di stop dulu ya kak. Kasih SuN sama buah aja. Untuk cara ngasih GOMnya bisa dicampur dengan makanannya atau kasih langsung lewat mulut. Bisa dibantu dengan pipet kalau ga mau makan.

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Kalo ada benjolan di bawah mulut nya itu kenapa ya min??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Waduh kak…pasti giginya di potong ya? Atau beli sugar glider WC (tangkapan liar) yang giginya sudah di potong?

      Kasian banget tu kak. Jika giginya di potong, si SG jadi mudah terserang penyakit dan bakteri. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada sugar glider "gigi potong/ompong" adalah bengkak di bagian bawah mulut. Rata rata jika sudah seperti itu nyawanya tidak tertolong lagi.

      Tapi kalau kaka merasa giginya masih normal, mungkin dia terkena Satriawan.

      Solusinya kasih obat Satriawan namanya GOM. Beli di apotek banyak. Dan juga, jangan kasih bubur dulu. Berikan minuman yang sudah dicampur madu sedikit.

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    mw tanya, kuku sugar glider kok selalu bikin gatal ya ke kulit manusia?? kulit saya selalu jadi gatal2 dan bendol2 tiap kukunya di kulit saya..gatal sekali

  10. Unknown Avatar
    Unknown

    mw tanya, kuku sugar glider kok selalu bikin gatal ya ke kulit manusia?? kulit saya selalu jadi gatal2 dan bendol2 tiap kukunya di kulit saya..gatal sekali

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kata-kata akibat terkena kuku sugar glider bukanlah hal yang asing tak. Seperti itu sering dialami oleh SG lovers.

      Tapi tentu semua ada sebabnya. Yang menyebabkan gatal-gatal adalah bakteri yang menempel pada kuku SG itu sendiri.

      Makannya supaya tidak gatal gatal, kaka harus rutin membersihkan kuku dan memotongnya.

      Memotong kuku sugar glider juga tak boleh sembarangan kak. Ada tutorialnya. Baca aja deh di tulisan kami sebelumnya, https://www.hobinatang.com/2017/03/cara-memotong-kuku-sugar-yang-benar.html

    2. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ralat: #gatal gatal akibat terkena sugar glider bukanlah hal yang asing kak.

  11. Unknown Avatar
    Unknown

    Aku juga gatel2 nih kak tiap main sama SG ku 🙁

    Kapan sih kak waktu yg baik utk potong kuku SG yg masih joey? Minimal brp bulan baru boleh di potong kukunya kak?

    Terimakasih 🙂

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau buat pemula agar aman, 3 bulan aja kak. Kaya saya dulu. 🙂

  12. Unknown Avatar
    Unknown

    Kenapa yah sugar glider saya ad benjolan dibawa mulutnya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Pertanyaan ini sudah saya jawab di atas kak. Bisa karena abses sariawan atau karena giginya di potong. Belikan Obat GOM..

      Penjelasan lebih lengkap scrol ke atas. Baca komentar tanggal 22 Desember

  13. Haqi Avatar
    Haqi

    Ka gmna caranya mengatasi sugar glider yg msh takut ? Ktika lg mkan klo dngr suara dkit lngsng kabur naik ke sleeping bag nya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Itu normal kak, karena belum kenal lingkungan dan masih beradaptasi maka wajar kalau masih takut. Sifat takutnya menunjukkan kewaspadaannya.

      Mengatasinya banyak melakukan pendekatan sering dihandle jinakin dan kalau bisa dilatih supaya bonding. Taroh tempat yg rame biar terbiasa dengan manusia.

      Kalau ada pertanyaan Silahkan tanyakan lagi. 🙂

  14. Unknown Avatar
    Unknown

    kenapa ya sg saya dalem perutnya sebelah kiri ada benjolan dan dia ga mau makan , sekalipun minum dikit banget . dan kencingnya bau ga seperti biasanya , kirakira itu kenapa ya ?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Betina atau jantan? Jangan jangan kalau betina dia sedang IP. Kalau bukan karena IP itu seperti pada hamster ada namanya penyakit hernia. Biar lebih jelas sebaiknya dibawah ke Vet Mba. Karena ini sudah penyakit dalam.

      Namun semoga saja karena sedang IP.

  15. Unknown Avatar
    Unknown

    Maaf gan mau tanya..
    Sg saya di bawah leher nya ada benjolan gede.knpa ya. Soal nya .baru tau sg bsa jendol kya gtu

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Mengenai pertanyaan ini, kamu sudah menjawabnya di atas. Kasusnya sama, yaitu kemungkinan terkena abses atau sariawan. Silahkan diberi obat gom

  16. Lili'sdiary Avatar
    Lili'sdiary

    Ka saya mau bertanya sg saya diem aja, terus lemes gitu, sama bunyi ngik ngik kecil gitu ka. Kenapa ya ka?? Saya takut ka

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Wah antara kurang vitamin atau dehidrasi Kak. Emang sebelumnya pernah di ajak pergi dan panas panas tidak? Lalu bagaimana makanan sebelumnya?

      Kasus ini memang sering Kak, biasanya karena perjalanan jauh dengan trik panas pakai motor lagi. Habis itu lemas,

      Nah untuk SH yang lemas orang orang memberikan madu biar daya tahan tubuhnya kuat lagi dan tidak lemas. Madunya campic sama air minumnya,

      Kasih juha buah-buahan yang banyak mengandung kalsium, hindari makanan berprotein seperti serangga. Itu saja saran dari kami Kak

    2. unknown Avatar
      unknown

      halo kak. klo sugar glider saya kadang suka lemes, trus kadang juga kluar dari pouch nya malah rebahan di kandang nya dan gmw di kasurnya. harus di pindahin mulu baru mau tp ntar gk lama dia pindah lagi. kadang dia juga kalem bgt saya gemes sih tp agak takut dia knp² 🙁 . oh ya kak boleh minta saran madu nya merk apa gk? saya biasa nya pake madu tj.

    3. unknown Avatar
      unknown

      oh ya, gerakan nya juga kadang jadi lambat. tapi dia juga kadang aktif

  17. Unknown Avatar
    Unknown

    Kak mau tanya sg saya terkena gigitan tikus dihampir seluruh anggota tubuh nya sekarang dia tidak bisa ber'aktivitas seperti biasanya, makan dan minum pun tidak nafsu, bergerak pun tidak bisa. Bagaimana cara mengatasinya yaaa, mohon dijawab terimakasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau tidak segera diobati ya seperti itu Kak. Harusnya pertama digigit langsung bersihkan pakai alkohol. Pegang terus sugar glidernya, hingga alkoholnya kering dan hindari sugar glider menjilati alkohol.

      Jika sudah kering diberi betadin atau minyak zaitun. Untuk sementara jangan pakai pouch dulu.

      kalau sudah terlanjur seperti ini sebaiknya memakai minyak tawon karena minyak tahun ini berguna untuk pijat dan bisa menyebuhkmen bekas gigitan tikus.

  18. UnbelievableSepty_94 Avatar
    UnbelievableSepty_94

    Kak, saya punya sg yg barusan digigit kucing ekornya hamlir putus,, cara ngobatin nya gmn ya?? kasian

  19. detektif aphi Avatar
    detektif aphi

    kak, sugar gliderku tiba tiba lemas trus kek gemeteran atau kejangtkejang" nafsu makannya hilang… gimana ya kak biar cpt sembuh? tadi siang dibawa ke dokter tp yg satu wkt pulang sudah mati.. yg satu masih ada tp masih sama aja.. gmn biar cpt smbuh ya kak . kata dokter td sudah dikasih oksigen trus klobisa dihangatkan pakai lampu gitu… apakah aman ?? thanks

  20. Unknown Avatar
    Unknown

    Permisi kak mau tanya. Ini sugar glider saya bulunya kyak gundul gitu, trus dalamnya seperti daging warna pink sampai kelihatan. Tpi anaknya masih aktif dan mau makan. Itu kenapa ya kak? Soalnya seminggu ini Ndak pernah saya pegang sama sekali, cuma saya kasih makan saja. Mohon bantuannya kak, terimakasih 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  21. None Avatar
    None

    Kak mau tanya, SG saya kok pangkal giginya yg bawah berdarah kenapa ya? Dikasih obat apa?

    Mksh

  22. Unknown Avatar
    Unknown

    Kak mau tanya, SG saya kaki kananya kaku, jadi jalannya pincang. Trus bagian bawah dekat kelaminnya seperti tumbuh daging putih dan keluar darah, itu kenapa ya? Ada saran pemberian obat?

  23. Chikochiki Avatar
    Chikochiki

    Kak mau tanya SG saya bersin bersin dan agak galak.gimn pengobatan nya? Makasih

  24. Bram Avatar
    Bram

    kak mau tanya,SG betina saya kok agak kayak ada benjolan disebelah kiri ya?apa IP tapi cuman 1 anaknya,kalo nafsu makan tetep aja…
    terus cara biar SG makannya lahap sma bermacam2 gmna yaa kak?dari kecil kbiasaan bubur sun sama buah aja,jd skrng kalo dikasi ulat hongkong apa telur gtu gag mau,takut kurang protein akhirnya saya belikan snack fish sma susu protein "mau dikit"…takutnya kurang protein kak

  25. Agustine E Wardani Avatar
    Agustine E Wardani

    SG joey betina kenapa suka menjilati kelam*nnya sendiri terus2an ya?

    1. administrator Avatar
      administrator

      mungkin karena dia suka

Leave a Comment