Cara Memberi Makan Kucing dengan Benar Agar Sehat dan Gemuk

Cara Memberi Makan Kucing- sebagai makhluk hidup yang diciptakan dengan keindahan warna dan kelembutan bulunya, kucing membutuhkan perawatan yang baik agar keindahan dan kelembutan tersebut tetap terjaga. Dan salah satu penjagaan yang harus kalian perhatikan adalah dari sisi kesehatan kucing.

Baca: Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Kucing dapat tumbuh dengan baik dan sehat apabila diberi asupan makanan yang sehat pula. Memiliki gizi serta nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Sehingga teman-teman yang sedang memelihara kucing kampung maupun kucing ras tidak boleh sembarangan memberikan makanan padanya.

Dalam hal memberi makan kucing, teman-teman harus bisa mengatur pola makan dan pintar memilih jenis pakan yang baik dan cocok untuknya. Kedua masalah itu harus benar benar anda perhatikan.

Jangan sampai kucing anda dibiarkan kelaparan sehingga memakan segala sesuatu yang membahayakan kesehatannya. Misalnya makan tikus atau memakannya makanan lainnya yang racun. [Lihatlah bahaya tikus buat kucing di sini: Bahaya Tikus Makan Kucing]

Lalu bagaimana cara memberi makan kucing yang benar agar dia tetap sehat dan gemuk?

Menjawab pertanyaan tersebut, hobinatang.com di sini akan berbagi informasi mengenai cara pemberian makan kucing yang baik dan benar. Tapi sebelumnya kalian harus tahu bahwa cara memberi makan kucing ditentukan oleh jenis kucing dan kondisi kucing itu sendiri.

Contohnya memberi makan pada kucing sakit, memberi pakan pada anak kucing, dan cara memberi makan pada kucing anggora serta persia. Di bawah ini kami sudah kan masing-masing poin di atas. Mari simak bersama-sama.

Cara Memberi Makan Kucing


Mengetahui tehnik atau cara dalam memberi makan kucing yang benar merupakan hal yang sangat penting. Sebab dengan cara yang benar maka kucing dapat tumbuh dengan baik, sehat dan tidak kurus.

1. Cara Memberi Makan Anak Kucing


Cara Memberi Makan Anak Kucing

Anak kucing yang baru lahir tentunya sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi supaya mendukung pertumbuhannya. Untuk anak kucing sendiri baru boleh diberi makan jika sudah berusia 3 atau 4 minggu. Nah di saat-saat seperti ini kalian harus lebih perhatian dalam hal pemberian pakan terlebih lagi buat anak kucing yang ditinggal induknya. Caranya bisa sobat liat berikut ini:

  • Sediakan wadah makanan di dalam kandang anak kucing. Letakkan makanan pada wadah tersebut setiap jam makan si anak kucing. Karena kucing yang masih kecil biasanya malas berjalan dan kondisi masih lemah. Sehingga sobat harus selalu on time menyediakan pakan di wadahnya. 
  • Lalu atur tekstur makanan anak kucing. Jangan yang keras, tapi harus sangat lembut biar tidak mengangetkan lambung atau pencernaan anak kucing.
  • Supaya lembut, makanan kucing harus direndam ke dalam air hangat sambil diaduk mirip dengan membuat bubur bayi manusia. 
  • Porsi makan anak kucing cukup 2-3 kali dalam sehari. Ingat pola ini. Jangan berlebihan. Karena mengatur pola makan anak kucing bertujuan agar anak kucing tidak berlebihan dalam makan yang berakibat kegemukan atau obesitas. 
  • Suapilah anak kucing menggunakan dot atau pipet. Atau lebih bagus lagi menggunakan jari anda. Lalu dekatkan pada mulut kucing agar dijilati olehnya. 
Itulah langkah-langkah tepat bagaimana cara memberi makan anak kucing. Yang paling penting adalah tekstur makanan harus lembut dan pola makannya harus terjaga. Buat temen-temen yang ingin mengetahui cara merawat anak kucing yang baru lahir, silahkan baca saja di situ kami ini. (klik link biru)

2. Cara Memberi Makan Kucing Ras Anggora dan Persia


Cara Memberi Makan Kucing Ras Anggora dan Persia

Siapa yang tak kenal dengan kucing anggora dan persia? Kucing dengan bulu lebat ini juga banyak diminati masyarakat Indonesia. Akan tetapi dalam perawatannya cukup rumit dibandingkan kucing kampung. Baik itu dalam hal makanan maupun perawatan. Cara memberi makan kucing persia yaitu:

  • Pertama, berilah pakan yang mengandung protein cukup banyak pada kucing anggora atau persia. Sebab mereka tidak bisa memakan makanan yang mengandung karbohidrat. Alias sulit dicerna.  Baca: 10 Makanan Kucing Persia yang Bagus
  • Jangan memberi susu yang mengandung laktosa atau berasa manis pada kucing anggora dan persia. Bisa menyebabkan diare. Susu yang banyak laktosanya adalah susu manusia.
  • Berilah makanan kucing yang basah. Kandungan airnya tinggi supaya mudah dicerna. Boleh juga bila dicampur dengan makanan kering. 
  • Takaran makanan kucing sesuaikan kebutuhannya. Jangan terlalu banyak supaya tidak ada sisa. Sebaiknya sekali pemberian pakan langsung habis. Untuk porsinya 3 kali sehari agar pola makannya teratur. 
  • Cara memberinya anda bisa meletakkan makanan tersebut ke dalam wadah lalu taruh di kandangnya atau anda menyuapinya dengan dot untuk yang masih anakan. 
  • Usahakan kucing anggora dan persia minum yang cukup. Jangan sampai kurang agar tidak dehidrasi. 
Adapun dalam masalah perawatan kucing ras ini kalian bisa baca baca tulisan saya sebelumnya yaitu cara merawat kucing Persia bagi pemula.

3. Cara Memberi Makan Kucing Sakit


Cara Memberi Makan Kucing Sakit

Pada umumnya kucing yang sedang sakit akan sulit untuk makan. Ia lebih memilih untuk tidur dan berdiam diri lantaran badannya tidak fit. Sehingga mood dan nafsu makannya pun menurun drastis. Bagi pemilik kucing sudah pasti sedih melihat hal itu. Maka cobalah ikuti cara kami dalam memberi makan kucing anda yang sedang sakit.

  • Sediakan mangkok besar di dalam kandang kucing (dekat dengan kucing). 
  • Letakkan makanan basah di tengah tengah mangkok tersebut. Tunggulah sampai kucing menyentuh dan memakannya. 
  • Apabila si empus tidak mau makan, cobalah didekati perlahan lahan lalu elus kucing dan bawa ia ke pangkuan anda. 
  • Ambil sesuap makanannya dengan sendok kecil arahkan ke mulut kucing sedikit demi sedikit. 
  • Ingat, jangan memaksa kucing makan banyak hingga habis. Bila ia sudah merasa tidak ingin makan hentikan sejenak. 
  • Kucing yang sedang sakit tidak bisa makan banyak. Jadi sesuaikan porsinya dengan melihat keadaan si kucing. 
  • Jangan lupa sediakan air putih ya sob. Anda bisa membantu meminumkannya memakai dot atau pipet. 
  • Berikan makanan yang banyak gizi nya serta susu kucing non laktosa. 

Simak juga: Cara Mengatasi Kucing Sakit tidak Mau Makan

Yang pasti agar kucing Anda gemuk, kalian harus memberi makan secara teratur dan disiplin. Perhatikan gizi dan nutrisi di setiap kemasan makanan kucing.

Itulah tips dari kami bagaimana cara memberi makan kucing yang benar. Silakan anda coba dan share kepada teman teman pecinta kucing. Baiklah kami sudahi dulu sampai di sini. Terimakasih. 

0 Komentar Cara Memberi Makan Kucing dengan Benar Agar Sehat dan Gemuk

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top