Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Sendiri di Rumah

Cara membuat makanan ucing kampung- kucing kampung adalah jenis kucing yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat pada umumnya. Selain banyak ditemukan di mana mana, perawatan kucing kampung/dome juga terbilang cukup mudah. Tak terkecuali dalam masalah pemberian pakan. Berbeda dengan kucing ras seperti anggora atau persia, untuk merawatnya membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Termasuk soal makanan.

Karena kucing kampung memiliki imun tubuh yang lebih kuat. Ada yang sudah terbiasa hidup di luar dan memakan apa saja tanpa timbul kendala serius. Namun tidak semuanya seperti itu, banyak juga dari kucing kampung yang terserang penyakit akibat makanan yang buruk.

Baca ini juga: 9 Penyakit Pada Kucing Kampung dan Cara Mengobatinya

So, kucing tetaplah kucing yang bisa terserang sakit karena faktor makanan. Oleh sebab itu teman-teman yang sedang memelihara kucing kampung, jangan sampai mengabaikan soal pemberian pakan. Dan membiarkan dia kelaparan sehingga mencari makanan di luar rumah dan itu akan membahayakan dirinya.

Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman Sehat untuk Kucing Kampung

Makanan kucing kampung sendiri ada banyak macamnya. Kalian bisa membeli makanan yang dibuat oleh pabrik atau membuatnya sendiri. Jika sobat tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk beli makanan instan, maka bisa saja membuat makanan kucing kampung sendiri di rumah.

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung


Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Sendiri

Apabila teman-teman belum membaca tulisan hobinatang.com sebelumnya berjudul cara membuat makanan kucing kering  atau dry food. Silakan baca terlebih dahulu karena artikel tersebut bisa melengkapi artikel ini. Dan bila sobat benar benar sayang terhadap kucing, jadikanlah makanan kucing prioritas utama bagi anda.

Jangan sampai telat maupun salah dalam pemberian pakan. Berikanlah yang bergizi agar kucing gemuk, sehat dan tumbuh dengan baik. Berikut ini cara membuat makanan untuk kucing kampung yang benar.

1. Membuat Nasi untuk Makanan Kucing Kampung


Cara Membuat Makanan untuk Kucing Kampung

Jenis pertama adalah makanan yang bahan utamanya nasi. Nasi mengandung karbohidrat dan glukosa yang cukup tinggi. Jika diberikan pada kucing kampung secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas atau diare. Jadi, berikanlah secukupnya saja.

Cara pemberian pakan nasi pada kucing kampung ialah mencampurkan nasi dengan bahan lainnya. Taruh nasi dalam satu wadah. Lalu campurkan dengan lauk pauk yang sekiranya ia mau memakannya. Contohnya abon sapi, olahan daging ayam atau lauk pauk lainnya. Terakhir aduk sampai merata.

2. Daging Makanan Kesukaan Kucing Kampung


Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Sendiri

Kucing termasuk hewan karnivora. Jadi sudah jelas bahwa makanan favoritnya adalah daging. Daging kaya akan vitamin dan proteinnya. Semua jenis daging sangat bagus untuk pertumbuhan si kucing. Akan tetapi kami sarankan untuk sering memberi daging ikan yang banyak kandungan protein dan vitamin E nya. Cara menyajikannya bisa dengan direbus atau digoreng terlebih dahulu sampai empuk lalu dicincang hingga lembut baru diberikan pada kucing.

3. Mengolah Tempe Untuk Kucing Kampung


Cara Membuat Makanan Kucing Kampung

Sebenarnya tempe bukan makanan pokok kucing. Ia hanya alternatif makanan pengganti nasi saja. Karena tidak semua kucing doyan makan nasi. Jika begitu, berikan saja tempe yang sudah direbus lalu ditumbuk halus dan berikan pada kucing.

Simak nih: Cara Memberi Makan Kucing dengan Benar Agar Sehat dan Gemuk

Saat memberi tempe bisa anda campur dengan makanan kucing instan yang basah atau boleh juga dicampur dengan susu kucing agar kandungan gizinya lebih maksimal.

4. Sayuran dan Buah Buahan


Cara Membuat Makanan Kucing Kampung

Selain daging, tempe dan nasi. Anda juga boleh memberi pakan tambahan yakni buah dan sayuran. Itupun kalau si empus doyan. Sebab tak semua kucing doyan buah atau sayur. Jadi hanya sekedar makanan selingan saja agar kucing kesayangan anda tidak bosan. Jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu buah dan sayurnya sebelum dikasihkan kucing.

5. Minuman Untuk Kucing Kampung


Cara Membuat Makanan Kucing Kampung

Selanjutnya adalah pemberian minum untuk kucing kampung. Ini tidak sulit kog sobat, anda cukup memberikan air putih yang bersih sebagai minuman sehari hari si kucing. Sediakan selalu pada wadah minum kucing di kandangnya. Adapun minuman tambahannya, sobat bisa memberinya susu khusus kucing kampung. Ingat ya, jangan susu manusia yang mengandung banyak laktosanya.

Itulah cara membuat makanan kucing kampung secara manual atau sendiri tanpa harus beli mahal mahal di pet shop. Kesimpulannya kalian bisa membuat makanan dari nasi, tempe, daging dan lauk pauk sayuran. Meskipun begitu sobat jangan terus terusan memberi makanan yang sama setiap harinya. Harus bervariasi agar kucing tidak bosan. Baca: Jadwal Memberi Makan Kucing dalam Sehari

0 Komentar Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Sendiri di Rumah

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top